Buku

Terus Menjadi Cahaya yang Berpendar

KanisiusDeki.com Bangsa Indonesia memandang Pendidikan sebagai hal yang sangat penting dan strategis. UUD 1945 termasuk Amandemennya mencatat hal itu pada Pasal 31. Dalam Pasal 31 ini terdapat beberapa poin kunci, antara lain: 1) warga negara berhak mendapat pendidikan; 2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.; 3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.; 4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional; 5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia. Ayat-ayat pasal 31 UUD 1945 setelah amandemen keempat melengkapi ayat-ayat sebelum amandemen tentang pendidikan.

Dari 5 (lima) point isi Pasal 33 UUD 1945 dan Amandemennya, terdapat 5 (lima) isu kunci yang bisa direfleksikan. Pertama nian, isu tentang Pendidikan sebagai hak dasar. Isu kedua, hak dasar itu menjadi tanggung jawab bersama baik warga negara maupun negara dalam pembiayaan Pendidikan. Isu ketiga, negara berkewajiban memastikan bahwa tujuan Pendidikan nasional mencakup meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Isu keempat, negara menegaskan pentingnya Pendidikan melalui ploting anggaran sebesar 20% dari seluruh APBN. Betapa pentingnya Pendidikan menjadi salah satu prioritas sehingga bagi negara peningkatan SDM menjadi kata kunci bagi pembangunan dan kesejahteraan warga negara. Isu kelima, negara berusaha memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

Lima isu penting ini menjadi dasar yang tak terbantahkan bagi warga negara untuk membangun kehidupan bermutu berbasis penguatan SDM yang mumpuni. Sebagaimana Tilaar merumuskan bahwa hakikat pendidikan adalah memanusiakan manusia. Memanusikan manusia atau proses humanisasi melihat manusia sebagai suatu keseluruhan di dalam eksistensinya.[1]

Sejak awal, para fundator Yayasan Pendidikan Nucalale menyadari bahwa pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting untuk membangun pendidikan di Indonesia. Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha dasar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan atau keahlian dalam kesatuan organis-harmonis-dinamis, di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan adalah usaha yang terencana dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi diri untuk dirinya sendiri dan lingkungannya/ masyarakat. Pendidikan sebagai bagian dari Ilmu Humaniora memperlihatkan proses yang terus menerus mengarah pada kesempurnaan, yang semakin manusiawi.

Kesadaran ini terus dipupuk dan dilestarikan sebab pendidikan pada dasarnya ialah pemanusiaan, dan ini memuat hominisasi dan humanisasi. Hominisasi merupakan proses pemanusiaan secara umum, yakni memasukan manusia dalam lingkup manusiawi secara minimal. Humanisasi adalah proses yang lebih jauh, kelanjutan hominisasi. Dalam proses ini, manusia bisa meraih perkembangan yang lebih tinggi, seperti nampak dalam kemajuan-kemajuan budaya dan ilmu pengetahuan. Salah satu agenda penting dalam upaya mengatasi krisis dalam kehidupan bangsa kita adalah melalui pendidikan karakter, pendidikan nilai, pendidikan moral, pendidikan akhlak, pendidikan budi pekerti. Pendidik (guru) yang baik adalah vital bagi kemajuan dan juga keselamatan bangsa.

Dalam perjalanan proses Pendidikan, sungguh ditekankan bahwa guru tidak hanya menyampaikan idea-idea, tetapi hendaknya menjadi suatu wakil dari suatu cara hidup yang kreatif, suatu simbol kedamaian dan ketenangan dalam suatu dunia yang penuh ancaman. Pendidikan adalah tangga untuk mobilitas kelas, bersama dengan pendidikan seseorang merubah nasibnya. Pendidikan juga telah melatih kemampuan solidaritas dan kepekaan. Karena dampak sosial yang besar itulah, pendidikan memiliki peran penting. Berbagai kasus suram menimpa pendidikan memberi petunjuk negatif. Tingginya angka putus sekolah membuat pendidikan jauh dari akses mereka. Sebaiknya pemerintah turun langsung menangani pendidikan di Indonesia dengan cara memberlakukan dana BOS secara adil dan merata diseluruh Indonesia. Dengan demikian masyarakat mendapatkan hak pendidikan yang harusnya mereka dapatkan sesuai amanat Undang-undang.

1 2 3Laman berikutnya

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

27 Komentar

  1. Trima kasih untuk pemerihan Indonesia yang begitu besar tanggung jawab kepada masyarakat terutama dalam lingkungan sekolah,seperti yang diisi dalam buku tadi pemerintah rakyat Indonesia turun langsung menangani pendidikan Indonesia dengan cara memperlakukan dana bos

  2. Terimakasih karena pemerintah Indonesia yang telah bertanggung jawab dalam kehidupan masyrakat dimana telah Menegaskan pentingnya pendidikan dan melalui ploting anggaran sebesar 20%dari seluruh APBN.

  3. Terima kasih kepada pemerintah Indonesia yg begitu besar rasa tanggung jawabnya kepada masyarakat indonesia dimana pemerintah Indonesia mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkat keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulai dalam rangka serta mencerdaskan kehidupan masyarakat Indonesia.

  4. Dengan senang hati….berterimakasiwh pada pemerintah….karena begitu besar baiknya atau tanggung jawab terhap masyarakat dan mengusahakan penyelenggarakan pendidikan nasional terhadap persatuan bangsa indonesia

  5. Ucapan terima kasih kepada pemerintah karena telah menyediakan yang terbaik kepada masyarakatnya yaitu adanya pendidikan yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

  6. Terimakasih bayak kepada pemerintah Indonesia yg begitu besar rasa tanggung jawabnya kepada masyarakat indonesia slalu membuat berpendidikan yg sangat baik, adil kepada masyarakat indonesia

  7. Ucapan terima kasih banyak kepada pemerintah yang Telah bertanggung jawab Atas masyarakat indonesia,Karena telah menujukan yang terbaik Kepada masyarakat Yang telah menyelenggarakan pendidikan nasional, yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan dan memperoleh masa depan yang cerah.

  8. Terimakasih banyak kepada pemerintah Indonesia karena telah menyediakan berbagai banyak hal untuk masyarakat indonesia dan menunjukkan pendidikan yang sangat baik serta bertanggung jawab dalam berpendidikan nasional dan menjujung tinggi martabat bangsa indonesia.

  9. Terimakasih kepada perintah karena sudah membantu dalam membangu pendidikan di Indonesia seperti bantuan dana bos

  10. Terimakasih kepada pemerintah karna sudah membantu dalam membangun pendidikan di Indonesia, seperti bantuan dana bos

  11. Pendidikan adalah suatu proses untuk merubah prilaku dan nasib seseorang menuju ke hal yang baik,maka dari itu ucapan syukur dan trimakasih kepada para guru dan para dosen sbagai fasilitatornya sekaligus tulang punggung dalam dunia pendidikan.dan tidak kalah pentingnya peran pemerintah dalam hal ini yang dengan cara mengalokasikan sebesar 20 % dari sejumlah APBN untuk keperluan pendidikan,maka dari itu wajib kita apresiasikan kepada pemerintah atas budi baiknya walaupun ada sedikit kekurangan yaitu banyaknya kasus penyalagunaan program pemerintah oleh pengguna bantuan sperti KIP dan jenis bantuan lainnya atau bisa dikatakan penyaluran KIP itu kurang tepat sasaran.
    Terahir harapan dari saya terkait kulitas para guru itu lebih diperhatikan oleh pihak yang berwenang agar kualitas pendidikan di indonesia bisa menghasilkan tamatan yang beraklhak dan bermartabat luhur yang dapat mengharumkan nama baik bangsa dan negara indonesia..trimakasih

  12. Trimakasih kepada pemerintah karna berkat mereka masyarakat Indonesia telah mengenal sebuah pendidikan. Dimana Pendidikan itu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, agar mampu menciptakan kehidupan yang bermutu berbasis penguatan SDM yang mumpuni.
    Dari sini mengajak kita masyarakat Indonesia supaya memiliki kesadaran Akan pentingnya Pendidikan bagi kehidupan dan masa depan kita

  13. Dari hal ini,kita patut sangat berterima kasih kepada pemerintah bangsa Indonesia yang selalu berupaya untuk meningkatkan daya pikir warganya,dalam wujud adanya dunia pendidikan,dan yang telah tertuang dalam pembukaan UUD 1945,yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa warga negara.

  14. Terimakasih pemerintah karena sala satu upaya pendidikan itu merupakan salah satu aspek yang penting untuk membangun pendidikan di Indonesia. Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha dasar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan atau keahlian dalam kesatuan organis-harmonis-dinamis, di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.

  15. pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting untuk membangun pendidikan di Indonesia, oleh karena itu mengapa kita sangat membutuhkan pendidikan, kita juga patut berterimakasih kepada pahlawan yg telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
    Tanpa adaNya pejuang Indonesia tidak akan maju.

  16. Terimakasih kepada pemerintah yang slalu memperhatikan pendidikan,sehingga anak indonesia pemikiran sangat berkembang

  17. Pendidikan adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam kehidupan,tanpa adanya Pendidikan seseorang tidak akan mengerti,memahami serta berpikir kritis. Dalam hal ini Pemerintah bertanggung jawab atas hal tersebut dengan mendirikan sekolah sekolah-sekolah yang didalamnya terdapat guru-guru yang akan menuangkan ilmu untuk murid-muridnya,sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan yaitu memanusiakan manusia dapat tercapai..
    Terima kasih kepada pemerintah NKRI yang telah mengupayakan semaksimal mungkin mencerdikkiawankan bangsanya lewat dunia pendidikan..
    Terima kasih pula kepada bapak pendidikan Nasional Indonesia Ki Hajar Dewantara yang telah mendirikan pendidikan di Indonesia dengan tujuan memanusiakan manusia..

  18. Trimakasi kepada pemerintah indonesia telah memberika segenap kebahagian terhadap masyarakat dan juga memberikan vasilitas pendidikan untuk membantu jenjang kesuksesan masyarakatnya

  19. Benar bahwa pendidikan adalah sebagai hal yang sangat penting bagi kalangan putra dan putri Indonesia karena tanpa pendidikan yang jelas kita sebagai kaum muda tidak akan mencapai apa yang kita cita-citakan.sebagai pemerintah mereka harus wajib mengusahakan dalam sistem pendidikan.
    Kami berterimakasih kepada atas pemerintah karena tanggung jawab serta keras mereka kita sebagai kaum muda merasakan bagaimana dunia pendidikan itu berjalan dalam suatu lembaga.

  20. Terimakasih kepada pemerintah Indonesia atas segala arahan mengenai pendidikan maka dari itu kita sebagai putra putri yang berpendidikan dan mau menggapai cita-citanya teruslah berjuang. Pemerintah juga telah menyiapkan sistem pendidikan dan vasilitas yang lengkap di suatu lembaga pendidikan dengan baik.

  21. Pendidikan adalah suatu proses untuk merubah perilaku dan nasib seseorang menuju ke hal yang positif/hal yang baik, oleh karena itu kita sebagai orang pelajar/orang yg berpendidikan mengucap syukur dan terimakasih kepada bapa dan ibu guru,dosen karena telah membimbing kita dalam dunia pendidikan . tidak lupa juga Terimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan fasilitas pendidikan sehingga kita sebagai kaum pelajar merasakan bagaimana dunia pendidikan itu berjalan dalam suatu lembaga,kita juga patut berterima kasih kepada pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia 🙏

  22. Pendidikan merupakan salah satu hak asasi yang mendasar bagi semua manusia. Pendidikan sangatlah penting karena dapat merubah kehidupan seseorang dengan memberikannya kesempatan yang sama untuk mengangkat diri serta keluar dari kemiskinan.
    Oleh karena itu kita sebagai pelajar mengucap syukur dan terimakasih kepada bapak dan ibu guru,dosen karena telah membimbing kita dalam dunia pendidikan

  23. Pendidikan merupakan salah satu hak asasi yang mendasar bagi semua manusia.pendidikan sangatlah penting karena dapat merubah kehidupan seseorang dengan memberikannya kesempatan yang sama untuk mengangkat diri serta keluar dari kemiskinan.oleh karena itu kita sebagai pelajar mengucap syukur dan terimakasih kepada bapak dan ibu guru, dosen karena telah membimbing kita dalam dunia pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button