AgamaFilsafat

Siapa Menciptakan Tuhan?

Pertanyaan ini muncul dalam banyak diskusi ketika kelompok yang menamakan dirinya aliran atheis mempertanyakan esensi dan esistensi Tuhan. Setidaknya itu salah satu pokok yang saya jumpai dalam dikusi media sosial. Menurut diskusi yang berkembang dalam grup-grup media sosial itu, Tuhan sebenarnya sebuah realitas yang diciptakan oleh manusia sendiri. Fakta ketidakberdayaan Tuhan terhadap kekerasan massal, peperangan, wabah penyakit, kebobrokan moral menjadi bukti langsung bahwa sebenarnya pihak yang disebut Tuhan itu hanyalah sebuah ilusi dan rekayasa. Logika berpikir mereka disebut Circular Logical Fallacy: Nabi menciptakan kitab suci, kitab suci menciptakan Tuhan, Tuhan menciptakan Nabi.

Baca Juga : HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR: Upaya Distansiasi Teks dan Pembaca-Sebuah Diskursus Reflektif-Kritis
Baca Juga : Frederikus Narut Taku: Kepala Desa yang Mengubah Haluan

Oleh kelompok ini, agama di mana Tuhan memiliki rumah, menjadi nirmakna. Agama hanya menyebabkan kekacauan. Pemeluk agama kerap menjadi fanatik dan anti sosial. Lihat saja, banyak orang rela membunuh sesama demi membela agama dan Tuhannya. Rumah-rumah ibadah pihak yang beragama lain dibakar. Bom bunuh diri di rumah ibadah orang lain dianggap sebagai jalan yang suci.

Artikel ini ingin menyajikan sebuah alur gagasan pencerahan tentang eksistensi Tuhan dan agama.

1 2 3 4Laman berikutnya

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

12 Komentar

  1. Ini mesti dipelajari oleh kaum kadrun yang selalu membuat onar negeri ini

  2. Tentang siapa Tuhan, memang menjadi sebuah pembicaraan bahkan menjadi perdebatan dalam kelompok2 tertentu. Bahkan jika diberikan artikel seperti diatas, mengenai siapa yang menciptakan Tuhan mungkin masih ada yang belum memahami. Karena pada dasarnya jika kita memahami Tuhan hanya dari logika, kebanyakan dari kita kurang mempercayainya. Tetapi kita bisa memahami darimana asal mula Tuhan melalui kacamata iman yang kita bina melalui ajaran agama yang kita anut.
    Bagi saya sendiri, darimana asal mula Tuhan bukan menjadi permasalahan pokok. Yang terpenting adalah bagaimana kita mengakui keberadaan-Nya.

  3. Menurut saya, Tuhan sang pencipta tidak diciptakan dan keberadaannya tidak disebabkan oleh apapun juga Tuhan itu ada tidak pernah tidak ada. Tuhan itu ada dari dulu, sekarang, nanti dan sampai kapanpun. Tuhan itu adalah sang ada yang sudah ada dan yang akan datang. Tuhan itu kekal dan tidak fana. Kekal artinya dia sama, tidak berubah, dari dulu, sekarangdan selamanya.

  4. Siapa itu Tuhan?
    Memang sekarang jaman sekarang banyak orang/kelompok yang memperdebatkan tentang siapa ituTuhan.
    Supaya kita ketahui tentang Tuhan, kita harus belajar melalui agama yang kita anut.Karna setiap agama pasti ada ajaran tentang Tuhan.
    Setalah itu kita pasti tau tentang Tuhan dan keberadaan-Nya.

  5. Menurut saya
    Tuhan adalah mahakuasa dan maha pencipta.keberadaanya tdk disebabkqn apa pun juga ,Tuhan selalu ada disisi kita dimana pun kita berada.Supaya kita bisa mengetahui secara luas tentang Tuhan ,kita harus belajar melalui agama yg kita anut dan mata pelajaran agama yg kita tempuh di pendidikan karena di agama pqsti ada ajaran tentang Tuhan.Setelah itu kita tahu keberadaan Tuhan

  6. Menurut saya
    Tuhan adalah sang pencipta. Keberadaannya tidak disebabkan oleh apapun juga Tuhan itu ada tidak pernah tidak ada. Karena pada dasarnya jika kita memahami tuhan dengan logika kebanyakan sekarang ini tidak mempercayainya. Dan supaya kita tahu Tuhan kita harus belajar melalui agama yang kita anut.Dan kita akan tahu bahwa Tuhan itu ada dan keberadaannya.

  7. Tentang siapa Tuhan
    Memang sekarang ini dari beberapa dari kalangan banyak sekali berbicara tentang Tuhan,kalau dibaca dalam artikel yang dimuat di atas,yang memperdebatkan siapa tuhan, itu karena pada dasarnya tuhan hanya ada dlm pikiran dan logika manusia kurang memahaminya dan kurang mempercayainya ,sehingga manusia sekarang hanya memperadamn yai tuhan menurut keimanan masing masing
    Tapi menurut saya pribadi Tuhan itu ada disaat kita membutuhkannya dan memudahkan segala rencana dan niat kita

  8. Allah menciptakan segala sesuatu didunia selalu menggunakan pola dengan tujuan yang telah disebutkan.umat manusia diciptakan menurut gambar dan rupa dan berih kuasa atas seluruh ciptaan.

  9. Tuhan adalah sebagai roh mahakuasa dan asas dari suatu kepercayaan sehingga ada berbagai konsep ketuhanan meliputi teisme, deisme, Panteisme dan kita juga harus belajar menurut agama yg kita anuti๐Ÿ™๐Ÿ™

  10. Tentang siapa Tuhan memang patut dipertanyakan karena kemungkinan belum ada orang yang pernah melihatnya. Jadi untuk mengetahui siapa Tuhan orang menganut agamanya masing2 dan di dalam agama itulah orang akan tahu siapa Tuhan dan Keberadaa-Nya.

  11. Siapa yang Menciptakan Tuhan? Suatu pertanyaan yang singkat namun membutuhkan jawaban yang begitu panjang dan bisa diterima oleh akal Sehat. Kita sebagai manusia diciptakan Oleh Tuhan atau biasa dikatakan sebagai CiptaanNya, Lalu Dia(Tuhan Siapakah MenciptakanNya)? Bagi saya, Tuhan itu Sang Pencipta, karena jika Tuhan diCiptakan, maka dia Bukanlah Tuhan tetapi sosok Seperti Manusia, Tuhan itu Maha Pencipta dan Tuhan itu tidak diCiptakan. Tuhan itu Abadi dan pemilik segala isi Alam Raya ini. Dialah Pencipta seluruh alam Semesta ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button