Politik

Siapa Layak Memimpin Manggarai?

Catatan Pilkada ke-9

Kanisius Teobaldus Deki

Beberapa hari sebelum Acara Debat Kandidat ada berita menarik. Penjabat Bupati Manggarai ingin melakukan peminjaman uang sebesar Rp. 250M untuk pembenahan infrastruktur jalan dan bandara di kabupaten Manggarai. Langkah ini cukup mengejutkan! Seorang penjabat yang hanya bekerja dalam tempo 3 bulan berani berpikir besar untuk kesejahteraan rakyat Manggarai.

Mengapa disebut berani? Jawabannya sederhana: kita tidak menunggu aliran dana regular sebagai pemberian pusat. Sony Libing selaku Penjabat Bupati Manggarai dalam konteks ini adalah seorang pemimpin yang melihat kebutuhan masyarakat Manggarai dan memberikan solusi bagi pemecahan masalah infrastruktur. Jika menunggu APBD, kapan tempo? Selebihnya, bisa jadi tindakan ingin meminjam uang bagi pembangunan daerah ini adalah koreksi atas pola kepemimpinan Deno-Madur (DM) yang selama ini cenderung dinilai “menunggu saja”kebaikan Pemerintah Pusat (Pempus) tanpa usaha alternative.

Baca Juga Incumbent Itu Akhirnya Kalah

1 2 3 4 5Laman berikutnya

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

20 Komentar

  1. Mantap ulasannya. Memang, ini yang ditunggu dari setiap calon kepala daerah. harus ada Inovasi untuk mendukung pembangunan daerah. permendagri 90 tahun 2020, tuntutan inovasi menjadi hal yang wajib dilaksanakan. terjadinya perubahan RPJMD NTT saat ini, merupakan hal yang segera dan saat ini sudah dilakukan melalui Bappelitbangda NTT. sejalan dengan perkembangan Global, Inovasi menjadi tuntutan mutlak. Salam.

  2. Jika penjabat bupati manggarai punya inisiatif memiliki perencanaan untuk meminjam uang sebesar Rp 250M untuk pembenahan infrsastruktur jalan dan bandara kita harus mendukung dan berdyukur terhadap apa yg telah dilakukan oleh bliau.
    Kalau kita menunggu dana yg dikeluarkan oleh APBD itu akan menunggu waktu yg sangat lama.
    Melihat dari segi perhatian dan kerja keras yg dimiliki ole penjabat bupati Deno-Madur kita harus mendukung dan bersyukur.

    Petrus sokar

  3. ulasan yang panjang namun ringan dan sangat mudah dipahami. Riil dan bukan sebuah karya imajinatif.
    membangun sebuah wilayah atau daerah tidak cukup dengan sebuah konsep besar (grand design). Manggarai adalah daerah yang kaya akan susu dan madu, namun apakah masyarakat Manggarai menikmati kekayaan tersebut? sejauh ini belum. masyarakat Manggarai hanya menikmati sebuah janji yang tak kunjung terealisasi .
    saat Kita menilai mana yang terbaik. memilih pemimpin yang akan konsep dan mampu merealisasikan konsep. pemimpin mampu berjalan majuga, bukan jalan ditempat. Manggarai kaya, karena itu layak untuk maju dan berkembang. itu semua tergantung siapa nahkodanya.

    terima kasih untuk ulasan yang sangat menarik ini. salam.

  4. Banyak potensi unggulan Kabupaten Manggarai yang belum dioptimalkan misalkan untuk daerah parawisata Unggulan ,Pulau Mules yang belum ada di design sebagai aset menambah PAD Manggarai

  5. Manggarai belum mampu mengoptimalkan potensi daerah yg dimiliki khususnya dibidang pariwisata. pantai selatan kabupaten Manggarai sebetulnya sangatlah menjanjikan misalnya pasir putih di desa koak Satar Mese. berharap jika H2N terpilih, bisa mengembangkan objek wisata pantai, khususnya pantai selatan yg selama ini masih ditelantarkan…

  6. Dalam konteks kepemerintahan (pembangunan) itulah yang di tunggu masyarakat khususnya masyarakat manggarai, yang sebentar lagi akan tiba di ambang pilkada.
    dilihat secara kasat mata pembangunan di manggarai selama empat tahun yang lalu kemana khususnya infrastruktur.
    pada tahun yang ke lima ini di akhir-akhir kepemimpinan banyak perubahan, secara mambangun di akhir” ini bisa juga dikatakan unggul untuk ibukota kabupaten manggarai karena banyak inofasi infrastruktur yang membuat manggarai ada perubahan di tahun 2020.

  7. Saya setuju dengan apa yang direncanakan oleh bapa Bupati manggarai untuk meminjamkan uang dalam rangka untuk pembenahan infrastruktur jalan bandara, akan tetapi harus memikirkan juga bagaimana kesejahteraan masyarakat manggarai. 🙏 (Laurensia Jelu)

  8. Manggarai merupakan salah satu kabupaten yang paling unik.jika suatu pembangunan hanya mengharapkan dana APBD mungki saja kabupaten Manggarai tidak akan maju karena itu sesuatu yang prosesnya paling lama.semua harapan akan terjawab ketika pemerintah mempunyai inisiatif sendiri.🙏

  9. Ulasanya: setiap calon kepala daerah harus ada inovasi untuk mendukung pembangunan daerah.Tuntutan inovasi ini mnjadi hal yang wajib dilaksanakan trjadinya perubahan RPJMD NTT saat ini,merupakan hal yg segera dan saat ini sdh dilakukan melalui Bappelitbangda NTT…

  10. Dimana seorang Bupati Manggarai begitu berani untuk melakukan pinjaman uang Rp.250 m untuk pembenahan infrastruktur jalan di bandara Kabupaten Manggarai.sebagai masyarakat harus mendukung atas keberanian dari seorang Bupati Manggarai.

  11. Dimana seorang bupati manggarai begitu berani melakukan peminjaman uang Rp.250 m untuk pembenahan infrastruktur jalan dibandara dikabupaten manggarai dalam tempo kerja 3 bulan.dan beliau juga berani berpikir untuk kesejahtraan masyarakat manggarai.

  12. Jos memang selalu menunjukan kualitas dirinya, saat diberi tugas untuk mengembalikan ekonomi masyarakat amerika yang terpuruk akibat krisis ekonomi. Kekuatan Jos sebenarnya, ada pada hid personality (kepribadiannya) karena dimasa pandemi 19 jos berusaha menghantar masyarakt AS agar angka pengangguran didioerkec dengan inovasi-inovasi pemvangunan yang memungkinkan. Kepribadian jos juga yang rendah hati dan menjadi pendengar rakyat kecil, membangun budaya adil dengan menolong klompok miskin.

  13. Ulasannya sangat bagus.untuk membangun sebuah wilaya daerah tidak hanya dengan sebuah konsep yang sangat besar,kepemimpinan harus mampu berjalan maju dan harus ada inovasi untuk mendukung pembangunan dalam sebuah wilaya daerah.

  14. Saya merasa tertarik dengan artikel ini, artikel ini menceritakan seorang tokoh yang bernama Sony Libing selaku pejabat Manggarai dalam konteks ini adalah seorang pemimpin yang melihat kebutuhan masyarakat Manggarai yang memberikan solusi bagi pemecahan masalah infrastruktur. ( Indriana kala)

  15. Ulasan ini sangat manarik perhatian bagi para pembaca apalagi konsepnya siapa yang layak jadi pemimpin manggarai dan pilkada sudah di depan pintu.
    Berbicara tentang siapa yang layak menurut saya semuanya layak untuk jadi pemimpin tetapi kalau di lihat dari 4 tahun lebih yang sudah di duduki paslon DM banyak sekali hal hal yang yang mereka janjikan belum terealisasi contoh kongkritnya kota ruteng menjadi kota paling kotor. Menurut saya kita butuh pempimpim yang inovasi dan kreatif untuk menciptakan perubahan di manggarai.(Marselina Ndahul )

  16. Ulasan ini sangat penting bagi para pembaca, dimana seoarang pejabat bupati yang berani mengambil risiko demi untuk membangun kesejahteraan rakyat dalam pembenahan infrastruktur jalan,dan seorang pejabat yang benar_ benar memperhatikan kebutuhan masyarakat yang tidak hanya dengan sebuah janji dan konsep yang besar tetapi memberikan bukti kepada masyarakat.(Maria viani nau)

  17. Saya terinspirasi dengan kata Joe yang berbunyi: joe memiliki program ekonomi kraetif yang siap menyongsong masa depan.
    Tetapi program program ekonomi baru yang diupayakanya untuk menumbuhkan lapangan kerja,menciptakan energi terbaruhnya,sehingga pertumbuhan As membaik

  18. Mantap pak ,ulasan yang sangat singkat ,bamun ringan sekali sangat mudah di pahami . Rill atau nyata bukan sebuah khayalan pemimpin pak.mmembangun sebuah wilayah itu tidak cukup dengan sebuah konsep besar (grand desing).manggarai adalah daerah yang kaya raya dan manggarai tidak meminta minta.namun pertanyaanya apakah masyarakat manggarai menikmati kekayaan tersebut? Belum tentu .saat kita menilai mana yang terbaik memilih pemimpin yang akan konsep dsn bisa merealisasikan konsep.manggarai kaya ,karena itulayak untuk maju dsn berkembang .itu semua tergantung siapa calon pemimpinya.

    (YULIANA DEVINA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button