Kajian BudayaManggarai

Ruteng, Kota Natal

Kanisiusdeki.com – Ruteng, kota di lereng pegunungan Mandosawu sangatlah memikat hati. Dari udara terlihat panorama yang sangat indah. Gunung gemunung yang mengitari sisi Selatan kota berdiri kokoh nan agung. Persawahan di sisi Utara dan bukit doa, Golo Curu, menampakkan keindahan. Persis bersemuka dengan Lapangan Udara Frans Sales Lega di kawasan Satar Tacik. Demikian sisi Timur dan Baratnya memukau hati. Di Timur persawahan membentang dari Langgo hingga Timung. Di Baratnya persawahan Redong, Ka, Mena, Woang dan La’o ikut memberi landmark Ruteng sebagai kota diantara pegunungan dan persawahan.

Di malam hari keindahan ini menjadi purna saat cahaya lampu berpendar. Awan gemawan memayungi kota memperkuat kesan eksotisnya. Tata perkotaan yang terencana dengan baik semenjak Belanda datang menolong[1] wilayah ini menjadi sebuah area perkotaan  metropolis. Pusat kota terdiri dari tiga komponen kekuasaan: pemerintahan, ekonomi dan agama. Kantor Bupati berada di tengah berhadapan dengan pusat perbelanjaan dan pasar lalu selajur dengannya berdiri Gereja Katedral Lama dan Masjid. Jalur jalan sudah dipikirkan semenjak Controleur Belanda, Willem Colhaas bekerja di tempat ini. Klinik kesehatan dibangun oleh dr. Max Ave Lallemant.[2] Perlahan-lahan, kota yang dibangun 1 Agustus 1909[3] ini mendandani dirinya menjadi sebuah tempat yang menciptakan rindu.

Keindahan kota ini menyihir banyak tamu untuk selalu datang kembali (repeat visiting). Di tengah derasnya arus pariwisata menjadi sebuah pilihan pembangunan dan pemberdayaan ekonomi, keindahan panorama Ruteng menjadi sebuah optio (pilihan) utama dan tentu bukan alternative apalagi subordinasi.

1 2 3Laman berikutnya

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

62 Komentar

  1. Kota yang sangat luas dan memiliki kekayaan alam yg sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia.serta kota yg penuh dengan memory yg bersejarah

  2. pola hidup masyarakat yang mencintai persaudaraan, membangun kasih, menghargai perbedaan menjadi modal bagi terciptanya kota yang lestari.
    Kota Ruteng sudah dihiasi berbagai macam lampu warna-warni dan pohon natal yang sangat indah.

  3. Ruteng,yang dikenal dengan kota dingin,
    dengan letak yang mentopolis dan memiliki kesan eksotis dan dilengkapi dengan view yang indah pasti menghipnotis para pengunjung yang datang dan siapapun pasti mengenalnya..
    Ruteng,membuat para pengunjung yang yang datang menikmati pesona alam pasti akan menciptakan rindu yang mendalam dikota ini..

  4. Di bulan Desember, kota Ruteng dihiasi indah dengan pelbagai pernak-pernik bernuansa natal. Lampu natal beraneka warna dipasang sepanjang jalan secara swadaya oleh masyarakat. Pohon-pohon natal disertai dengan patung sinterklas menjadi ajang pengayaan dan ekspresi seni kawula muda. Festival Natal membuka ruang seluas-luasnya bagi warga kota Ruteng untuk mengkespresikan diri.Ini adalah moment pemerdekaan kita. Salah satunya, kita mengekspresikan bakat, kemampuan, daya yang kita miliki untuk menjadi sebuah tindakan dan aksi yang berdaya positif.

  5. Dari artikel diatas dapat kita bahwa kota Ruteng merupakan salah satu Kota yang berada di Manggarai dengan panorama yang sangat indah yang dimana kota Ruteng berada di lereng pegunungan Mandosawu. Ruteng juga sebagai kota diantara pegunungan dan persawahan. Tata perkotaan yang terencana juga membuat wilayah ini menjadi sebuah area perkotaan yang metropolis berkat bantuan Belanda pada zaman dulu. Keindahan kota Ruteng membuat banyak para tamu yang sangat ingin datang berkunjung. Di kota Ruteng juga nuansa budaya dan religius masih sangat kental. Biasanya dilakukannya pementasan pementasan seni seperti tarian sae kolosal, tarian caci dan kegiatan adat lainnya. Pada bulan desember biasanya kota ini selalu dihiasi dengan berbagai pernak pernik yang bernuansa natal. Ada lampu natal di sepanjang jalan dan ada pohon natal yang disertai patung sinterklas. Ruteng dikatakan sebagai kota natal karena pada saat natal tiba ada banyak sekalj kegiatan yang dilakukan termasuk festival natal. Dan festival natal ini selalu menjadi event tahunan yang biasa dilakukan masyarakat di kota Ruteng.

  6. Kota Ruteng menjadi kota yang sangat indah setelah didandani. Berada diantara tempat yang estetik. Keindahan alam dan beragam suku dan budaya menjadi ciri khas dari kota Ruteng. Memiliki Gereja, dan 36 rumah adat yang menghiasi kota ini.
    Suasana Natal yang sudah dekat,, merindukan sejuta kenangan dan sejarah kelahiran Sang Juru Selamat. Masyarakat akan ikut serta dalam menghiasi kota ini apalagi disaat menjelang natal. Lampu berwarna-warni menjadi penerang dan pelangi di malam hari. Menyejukkan suasana hati dan membawa kedamaian.

  7. Dari artikel diatas kita bisa mengetahui dan mengenal lebih dalam tentang keberadaan dikota Ruteng ini.
    Seperti yang dicantumkan dalam artikel diatas bahwa kota Ruteng adalah kota yg terletak di lereng pegunungan mandosawu sangatlah memikat hati.
    Dari udara terlihat panorama yang sangat indah. Gunung gemunung yang mengitari sisi Selatan kota berdiri kokoh nan agung. Persawahan di sisi Utara dan bukit doa, Golo Curu, menampakkan keindahan. Persis bersemuka dengan Lapangan Udara Frans Sales Lega di kawasan Satar Tacik. Demikian sisi Timur dan Baratnya memukau hati.
    Di Timur persawahan membentang dari Langgo hingga Timung. Di Baratnya persawahan Redong, Ka, Mena, Woang dan La’o ikut memberi landmark Ruteng sebagai kota diantara pegunungan dan persawahan.

  8. Dari artikel dapat kita ketahui bahwa Ruteng adalah kota yang sangat memikat hati dimana dari udara terlihat panorama yang indah.
    Keindahan kota ini membuat banyak tamu untuk selalu datang, dimana juga derasnya arus pariwisata menjadi sebuah pilihan pembangunan dan pemberdayaan ekonomi.

    Dari hal ini kita diajak supaya kita tetap melestarikan ciptaan tuhan, agar tetap terjaga.

  9. Kota ruteng adalah kota yang memiliki sejutah rasa keindahan,kita patut bersyukur kepada Tuhan atas kenikmatan yang telah ia berikan kepada kita.Begitu banyak peninggalan Belanda yang masih tersisa di kota Ruteng dan membuat kota Ruteng menjadi kota yang indah skaligus menjadi sorotan banyak orang karna begitu banyak keindahan yang dimilikinya,kota ruteng kota sejuk dan mempunyai daya pemikat bagi orang yang berkunjung ditempat ini

  10. Kota ruteng di kenal sebagai kota yang begitu indah karena dikelilingi oleh pegunungan dan persawahan yang begitu indah.Dan semogga kota ruteng kedepannya tetap menjadi kota yang indah dan selalu bnyak dikunjungi oleh parawisatawan.

  11. Keindahan kota dimalam hari menjadi purna saat cahaya lampu berpendar dan bermanfaat bagi bagi kehidupan manusia,serta memiliki rasa mencintai persaudaraan,menghargai perbedaan menjadi modal bagi terciptanya kota yang lestari.

  12. kota ruteng adalah kota yang dikenal sebagai kota dingin, namun memiliki panorama yang sangat indah, seperti yang dicantumkan dalam artikel diatas, bahwa kota ruteng ini terletak dilereng pegunungan mandosawu Yang sangat memikat hati karena keindahannya sehingga membuat banyak tamu untuk selalu berkunjung karena indahnya pariwisata Menjadi sebuah pembangunan dan pembangunan ekonomi.

  13. Artikel ini sangat bermanfaat bagi kita untuk membaca dan mengetahui .
    pada awal semenjak Belanda datang menolong wilayah kota ruteng menjadi sebuah area pekotaan metropolis dan juga mahjid ,kantor bupati manggarai sebagai perkotaan yang Terindah,kita semua terus untuk memajukan ,berkembang membangun yang dapat kita sekarang ini
    Dalam artikel ini sangatlah luar biasa untuk memperluaskan bagi kita semua,artikel ini juga sangat bersejarah untuk kita.

  14. Ruteng adalah kota yang memiliki sejuta kenangan.Kota yang dingin,yang meghipnotis mata karena pesonanya yang begitu indah.Dibulan Desember Kota Ruteng memiliki cara tersendiri untuk menyambut Bulan yang penuh kebahagiaan,bulan yang sakral yang mewarnai akhir tahun.Masayarakat juga sangat kompak untuk menyambut Natal.

  15. Ruteng dikenal sbg kota yg sangat dingin, kota ruteng juga terletak dilereng pengunungan dan indahnya membuat orang tertarik

  16. Menurut pemahaman saya artikel di atas Memberi dukungan kota ruteng karena kota ruteng adalh kota yang dingin dan kota yang penuh keramaian.Keindahan kota ini menyihir banyak tamu untuk selalu datang kembali

  17. Dari artikel diatas kita dapat mengetahui bahwa kota Ruteng merupakan kota yang berada di lereng penggunungan mandosawu
    Yang memiliki keindahan Alam dan sangatlah memikat hati bagi masyarakat Yang berada di Ruteng dan sekitarnya.
    Keindahan kota ini menyihir banyak tamu
    Untuk selalu datang kembali dan tempat pariwisata menjadi sebuah pilihan pembangunan dan pemberdayaan Ekonomi,
    Keindahan panorama yg ada dikota Ruteng menjadi sebuah pilihan utama dan tentu bukan alternatif apalagi subordinasi.

  18. Dari artikel diatas kita dapat mengetahui bahwa kota Ruteng merupakan kota yang berada di lereng penggunungan mandosawu
    Yang memiliki keindahan Alam dan sangatlah memikat hati bagi masyarakat Yang berada di Ruteng dan sekitarnya.
    Keindahan kota ini menyihir banyak tamu
    Untuk selalu datang kembali dan tempat pariwisata menjadi sebuah pilihan pembangunan dan pemberdayaan Ekonomi.

  19. Dari artikel diatas dapat mengetahui bahwa kota Ruteng merupakan kota yang berada di lereng penggunungan mandosawu.
    Yang memiliki keindahan Alam dan sangatlah memikat hati bagi masyarakat Yang berada di Ruteng dan sekitarnya.
    Keindahan kota ini menyihir banyak tamu
    Untuk selalu datang kembali dan tempat pariwisata menjadi sebuah pilihan pembangunan dan pemberdayaan Ekonomi.

  20. dari artikel diatas memberikan apresiasi terhadap kota ruteng dan masa2 bahagia di waktu yang Natal…Berada di ketinggian 1188 mdpl membuat kota yang berada di dalam pangkuan Pegunungan Mandusawu ini selalu dibalut dengan udara dingin yang menyejukkan. Matahari sepertinya enggan bermain bersama Ruteng di kala nuansa natal begini. Hujan saat natal dan penghujung tahun dengan awan kelabu sudah menjadi hal biasa. Wajar jika Ruteng lantas mendapat predikat sebagai salah satu dari 10 kota terdingin di Indonesia.

    Memasuki kota Ruteng, seakan menapaki gerbang sejarah. Inilah kota induk kawasan Manggarai pada mulanya, sebelum kemudian berkembang menjadi 3 kabupaten. Manggarai Barat dengan Labuan Bajo nya, Manggarai Timur dengan Borong, dan Manggarai tentu saja dengan Ruteng. Selain itu, Ruteng juga merupakan pintu masuk bagi persebaran agama Katholik di Flores bagian barat. Banyak jejak peninggalan misionaris eropa yang masih bertahan di kota Ruteng, baik gereja, biara, maupun peninggalan lainnya. Banyak gereja bertebaran di kota Ruteng, kebanyakan telah berumur dengan ceritanya masing-masing. Maka tak salah jika kota ini kemudian dijuluki dengan Kota 1000 gereja.

    Ruteng, Nuansa Natal Eropa

    Jika natal terbaik biasanya dihabiskan bersama keluarga, mungkin hal seperti ini bisa didapatkan di Ruteng. Mengunjungi Ruteng di saat masa natal selalu seumpama anak negeri yang kembali pulang dari perantauan, bukan sebagai musafir yang sekadar singgah. Seiring flamboyan bermekaran, Ruteng selalu memanggil pulang anak-anaknya di kala natal.

    “Hanya natal di ruteng saja yang buat saya bahagia, ingin kulompati September, Oktober, dan November,” mengutip penggalan lagu milik Lipooz, penyanyi lokal Ruteng beraliran hip hop.

    Tiap rumah akan mulai disibukkan dengan bunyi mixer pengaduk adonan kue, pun gemulai jari mama-mama kota Ruteng meliuk membentuk adonan kue kering.
    Selagi para ibu menyiapkan kue, para bapak bersama anak-anak akan disibukkan dengan membuat hiasan pohon natal, hiasan lampu kerlap kerlip, ataupun membuat kandang natal.

    Di masa natal seperti ini, saat memasuki Ruteng di malam hari akan terasa lebih bercahaya dibanding siang hari. Hawa dingin bukanlah penghalang berarti kreatifitas dan semangat masyarakat menyongsong natal. Kerlip lampu hiasan sepanjang lorong panjang menjadi pemandangan yang lumrah. Jika saat bersamaan eropa dilanda musim dingin dengan salju nya, udara dingin ditemani hujan rintik, bersama lagu natal seakan menjadi bumbu penambah lekat suasana natal ala eropa di kota Ruteng.

    Karena Ruteng di kala Natal adalah penggalan keindahan toleransi. Natal bukan sekadar hajatan keagamaan, natal adalah wujud nyata toleransi dan kekeluargaan. Di mana ungkapan “rumahku adalah rumahmu juga, dan mamaku adalah mamamu juga” menjadi nyata. Saat natal, semua rumah sedia menerima tiap tamu yang datang seperti anggota keluarga, pun kebiasaan bertukar kunjung dari rumah ke rumah, saling berbagi keceriaan dan harapan menyongsong awal tahun. Natal bukanlah tradisi keagamaan, natal adalah warisan kisah tentang berbagi keceriaan dan semangat, berbagi cinta dan rasa persaudaraan.

  21. Dari artikel di atas yang memceritakan tentang Ruteng, kota natal. Dimana kota Ruteng ini kota yang sangat luas Dan mempunyai banyak kekeyaan alam yang sangat bermanfaat, serta kota yang penuh dengan sejarah, tata kota ini semenjak belanda datang menolong wilayah ini dan menjadi sebuah kota metropolis. Suasana natal pun Sudah dekat,Masyarakatkkta ruteng pun mempunyai cara tersendiri untuk menyambut kelahiran sang juru selamat, Dan lampu natal pun berwaran warni menjadi penerang di malam hari yang menyejukkan hati Dan membawa penuh kedamaian.

  22. Kebersamaan masyarakat dalam menyambut hari Natal (hari kelahiran sang Mesias ) sangatlaah penting untuk diwujudkan secara nyata dan dilaksanakan sebaik mungkin dengan segenap hati yang tulus. Bersatu untuk menyambut keatangannya sangatlah diapresiasi sperti kegiatan pengadan lampu natal dijalanan dan juga kegiatan lainnnya.

  23. Kebersamaan masyarakat dalam menyambut hari Natal (hari kelahiran sang Mesias ) sangatlaah penting untuk diwujudkan secara nyata dan dilaksanakan sebaik mungkin dengan segenap hati yang tulus.

  24. Kota Ruteng merupakan cukup terkenal dengan keindahan alam didalamnya.Ruteng kota yang terletak di lereng pegunungan Mandosawu yang sangat membuat suasana hati dan pikiran orang-orang atau masyarakatnya nyaman dan terpikat karena keindahan alam itu.Didukung oleh udara yang terlihat panorama yang sangat indah dan sejuk dirasakan.Ruteng juga sebagai kota yang di kelilingi oleh persawahan baik dari sisi Timur,Barat, maupun Utara dan Ruteng merupakan kota yang berada diantara pegunungan dan persawahan.Tata perkotaan yang terencana dengan baik semenjak Belanda datang menolong dan wilayah ini menjadi sebuah area perkotaan metropolis.Pusat kota terdiri tiga komponen kekuasaan, pemerintah, ekonomi dan agama.Kota Ruteng ini mendandani dirinya menjadi sebuah. Tempat yang menciptakan rindu.Keindahan kota ini menyihir banyak orang atau tamu untuk selalu datang kembali.Di tengah arus pariwisata menjadi sebuah pilihan pembangunan dan pemberdayaan ekonomi.Keindahan panorama kota Ruteng menjadi sebuah optio atau pilihan utama dan tentu bukan alternatif apalagi subordinasi.
    Kota Ruteng pada kenyataannya, kentalnya nuansa budaya dan religius yang dilihat dari pementasan-pementasan seni budaya yang artistik, dengan berbusana daerah yang tidak membosankan seperti kain songke dan sejenisnya yang terlihat tanpa ingin berpaling dengan pancaran keindahan nilai busana daerah dengan diikutsertakan tarian budaya yang terdengar menarik ditelinga bahkan mampu membuat hati setiap orang-orang tersentuh dengan bunyian Aluna alat musik tradisional di kota Ruteng.Kota Ruteng tak hanya bernuansa budaya, akan tetapi bernuansa agama,dimana dalam kota ini bukan hanya beragama Kristen yang ada didalam, tetapi umat beragama Islam juga terdapat didalamnya.
    Pada festival Natal ,pada bulan Desember ini,kota ini dihiasi dengan indahnya Pelbagai per nak-pernik bernuansa Natal, seperti lampu Natal dipasang disepanjang jalan,pohon natal,dan lain sebagainya,kota Ruteng adalah kota Natal.Kota ini didandani dengan secantik mungkin dalam ornament-ornament natal.

  25. Kota Ruteng adalah tempat yg banyak suka oleh orang orang,karena tempat nya sangat bagus dan tertata rapi didalamnya
    Kota Ruteng mimiliki masyarakat ramah tama,rumah adat yg unik dan masih membudidayakan nilai kebudayan serta masih menjalankan dan memahati teradisi Nene moyang .

  26. Kota Ruteng sudah dihiasi berbagai macam lampu warna-warni dan pohon natal yang sangat indah, kota Ruteng yang terletak di lereng pegunungan Mandosawu yang sangat membuat suasana hati dan pikiran orang-orang atau masyarakatnya nyaman dan terpikat karena keindahan alam itu.

  27. Dala artikel ini menceritakan tentang keindahan kota Ruteng
    Serta pola kehidupan masyarakat yang selalu kompak dalam menyambut hari natal yang akan datang

  28. Kebersamaan masyarakat dalam meyambut hari natal di Kota ruteng.Dimna Kota rteng ini
    Kota yang sangat luas dan mempunyai kekayaan alam yang sangat bermanfa,at ,serta kota yang penuh sejarah, tata Kota ini semenjak belada menolomg wilayah ini dan dan manjadi sebuah Kota metropolis.suasana natalpunsudah dekat ,masyarakat rteng pun cara tersendiri untuk menyambut sang juru selamat dan lampu natal pun warna warni manjadi penerang dimlam hari yang menyejukan hati dan membawa penghibur kedamaian.

  29. Kota Ruteng adalah kota yang dikenal dengan cuacanya yang sangat dingin. masyarakatnya begitu mencinntai busana adat yg begitu kaya, dan pemandangan alam yang sangat indah diantara tempat-tempat didalamnya. Kota yang menyimpan banyak sejarah tentang manggarai

  30. Kota Ruteng adalah Tempat di mana orang-orang,berkunjung karena temapt di kota Ruteng memiliki keindahan yg begitu bagus dan keunikan.

    Kota Ruteng dikenal dengan sebuaha julukan yakni”kota yg memiliki seribu biara/seribu gereja dan untuk melihat keunikan budaya ruteng sangat bagus
    Di mana orang orang banyak memiliki ras,budaya masing masing yg unik

    Iklim sejuk dan basah yang memiliki kota ruteng karena letak ruteng yang berada di dataran tinggi di atas permukahan laut,tempatnya di kaki gunung anak Ranaka

  31. Dari artikel di atas menunjukkan keindahan kota Ruteng yang terletak di lereng mandosawu yang membuat orang nyaman dan trpikat dengan keindahan bentuk kotanya apalagi menjelang natal kota ini di hiasi lampu Natal yang membuat semakin indah da elok.

  32. Kota ruteng adalah kota dingin dengan letak yang mentopolis,dan pariwisata menjadi sebuah pilihan pembangunan dan pemberdayaan ekonomi, keindahan panorama Ruteng

  33. Dari artikel diatas diajarkan untuk bersih dan melihat kota Ruteng yang sangat bersih dan terletak diatas ketinggian laut dan kota Ruteng yang sangat indah dipenuhi rindangnya pohon yang sangat luas di daerah pegunungan.
    Kota Ruteng yang sangat dingin membuat semua orang nyaman dan keindahan bentuk kotanya disa.at mejelang natal sekarang dihiasi lampu Natal yang ber warna warni.

  34. Ruteng kota natal, ya istilah itu begitu sesuai dengan isi kotanya. Setiap Desember kota ini dihiasi dengan berbagai pernik-pernik natal. Kota yang dingin suhunya tetapi begitu hangat karena isinya dan lingkungan yang selalu mendukung untuk terus bersikap positif.
    Kota yang bisa memberi cerita dan kenangan tersendiri kepada setiap insan yang pernah hadir maupun yang menetap didalamnya.

  35. Kebersamaan masyarakat dalam menyambut hari natal (hari kelahiran mesias)sangatalah penting untuk diwujutkan secara nyata dan dilaksanakan sebaik mungkin dengan segenap hati yang tulus. Bersatu untuk menyambut kedatangan sangatlah di apresiasi seperti kegiatan pengadaan lampu natal dijalanan dan juga kegiatan lainya.

  36. Kebersamaan masyarakat sangatlah penting untuk menyambut kedatangan sang juru selam , dan penting juga mempersiapkan lampu natal dan kandang natal di depan rumah . dan membuatnnya dengan tulus hati dan iklas.

  37. Dari artikel diatas kita dari situ kita mulai bawah masyarakat begitunya penting untuk menyambut natal yang kita tunggu selama ini.karena hari natal itu bulan yang kelahiran tuhan juruselamat .

  38. Antusias dari warga ruteng entah dari kalangan tua maupun muda patut kita teladani, sebab kebersamaan Natal tidak hanya dinikmati dengan hati melainkan diwujudkan secara nyata dengan melakukan kegiatan2 yg berhubungan dengan hari raya natal

  39. Dari artikel diatas kita diajarkan untuk bisa menjaga kebersihan dan melihat keindahan kota ruteng,
    Keindahan kota ruteng menyihir banyak tamu untuk selalu mendatang kembali,
    Keindahan kota ruteng sebagai sebuah pilihan utama

  40. Kota ruteng adalah kota dingin,dimana orang suka dgn keindahan tempat rekreasinya dan juga kota ruteng adalah memiliki tempat yg bersejarah.

  41. Kebersamaan masyarakat dalam menyambut hari natal itu sangatalah perfect untuk dilakukan dan di meriahkan secara nyata.apalagi sekarang ini banyak masyarakat yang sudah memulai menghiasi jalan dengan lampu lampu Natal yang sangat spektakuler, sehingga kelihatannya kota Ruteng itu penuh dengan keramaian dan keindahan, apalagi dengan keindahan alam disekitarnya

  42. Dari artikel di atas kita dapat mengetahui kebersamaan masyarakat dalam menyambut hari natal sangatlah penuh dengan rasa gembira.Kota Ruteng sangatlah dikenal dengan kota indah,karna sudah dihiasi oleh lampu natal..

  43. Dalam artikel diatas menunjukkan betapa indahnya kota Ruteng akan membuat suasana hati dan pikiran menjadi tenang dan memiliki kekayaan alam yang berlimpah bagi masyarakat.

  44. dalam.artikel ini kita bisa mengetahui betapa indahnya suasan di kota kecamatan kita kota ruteng,yang penuh dengan gedung yang tersusun rapi,dan persawahan yang indah serta lingkungan yang bersih,yang membuat banyak orang ingin mendatangi kota ruteng.

  45. Kota Ruteng, di bulan Desember, kota ini selalu dihiasi indah dengan pelbagai pernak-pernik bernuansa natal. Saya berharap kota Ruteng jadi Panutan untuk tempat – tempat lain selain Kota Ruteng,, Untuk bisa menghadirkan keindahan, apa lagi sekarang menjelang Natal, mungkin alangkah baiknya para muda-mudi sebisa mungkin untuk menciptakan nuasa Natal di tempat masing-masing, seperti dengan memasang hiasan lampu Natal disepanjang Jalan ataupun Pernak-pernik hiasan Natal Lainnya,,

  46. Kota Ruteng adalah kota yang sangat dingin dan kotah yang sangat indah dan bersih membuat orang betah tinggal kota diruteng dan membuat orang ingin mendatangi kekota kerteng..

  47. Artikel yang menceritakan tentang kebersamaan masyarakat untuk menyambut hari raya natal yang bagaimana kebersamaan mereka untuk memasang hiasan lampu Natal disepanjang jalan yang menciptakan keindahan kota Ruteng.

  48. Semoga kita warga Ruteng dan sekitarnya selalu merawat kota ini agar selalu menjadi kota yang di senangi banyak org dari luar maupun warga masyarakat Ruteng.

  49. Artikel diatas menceritakan tentang keindahan kota ruteng
    Kota yg penuh damai
    Keindahan kota ruteng sebenarnya tidak bisa didefinisikan oleh apa pun
    Kota yang masih sangat natural
    Keindahan alam yg masih sangat awet
    Keramahan orang didalamnya membuat pendatang sangat ennggan untuk pulang
    Ruteng kota yang penuh damai

  50. Dari artikel diatas menceritakan tentang keindahan kota ruteng, kota yang damai dan kota yang dingin. Dan antusias dari masyarakat Ruteng dari kalangan orang tua maupun kalangan anak muda patut kita contoh karena masyarat ruteng membuat suasana hati dan pikiran tenang dan memiliki kekayaan yg berlimpah bagi masyarakat

  51. Kota Ruteng adalah Tempat di mana orang-orang,berkunjung karena temapt di kota Ruteng memiliki keindahan yg begitu bagus dan keunikan.

    Kota Ruteng dikenal dengan sebuaha julukan yakni”kota yg memiliki seribu biara/seribu gereja dan untuk melihat keunikan budaya ruteng sangat bagus
    Di mana orang orang banyak memiliki ras,budaya masing masing yg unik

  52. Artikel menceritakan tentang keindahan tempat dimana kota Ruteng,kota yang sangat indah,kota yang mempunyai keunikan tersendiri.kota Ruteng yang sangat dingin membuat semua orang nyaman dan keindahan bentuk kotanya disaat menjelang natal sekarang dihiasi lampu Natal yang berwarna warni.

  53. Artikel di atas menceritakan keindahan kota ruteng.
    Dimana kota ruteng yang sangat indah,kota yang banyak mempuyai keunikan.

  54. Ruteng kota dingin yang selalu membuat masyarakat didalamnya nyaman, dengan segala keindahannya serta masyarakat yang begitu ramah.

  55. Ruteng, kota di lereng pegunungan Mandosawu sangatlah memikat hati.Dengan berbagai keindahanya yang membuat kita menjadi senang dan nyaman. Dimalam hari keindahan kota Ruteng menjadi purna saat cahaya lampu berpendar. Patutnya kita juga bertrimakasih kepada orang-orang Belanda karena berkat kedatangan mereka wilayah kota Ruteng ini menjadi sebuah area perkotaan metropolis. Kota yang dibangun 1 Agustus 1909(kota Ruteng) ini menjadi sebuah tempat yang selalu memberi kenyamanan dan selalu membawa kerinduan.

  56. Kota Ruteng sangat indah dan nyaman serta memiliki udara yang baik bagi tubuh,dan kota Ruteng selalu memberikan kenyamanan.

  57. Ruteng merupakan kota dengan nuansa budaya dan religius masih sangat kental. Artikel ini membahas tentang Ruteng kota Natal. Dikatakan demikian karena saat Festival Natal dimulai, disitulah ruang seluas-luasnya bagi warga kota ini untuk mengkespresikan diri. Hakikat perayaan Natal adalah Inkarnasi, Allah menjadi manusia. Ini adalah moment pemerdekaan kita. Salah satunya, kita mengekspresikan bakat, kemampuan, daya yang kita miliki untuk menjadi sebuah tindakan dan aksi yang berdaya positif. Ruteng selalu menampilkan hal-hal unik saat perayaan natal. Gemerlap lampu-lampu natal menghiasi kiri kanan jalan di seluruh kota ruteng. Jikalau ini terus dilakukan menjadi sebuah mainstream action di kota ini, tak dapat dinafihkan, suatu saat kota Ruteng menjadi destinasi peziarah natal dari seluruh dunia.

  58. Suasana Kota Ruteng yang begitu indah dan ceria karena banyaknya berbagai faktor yang memberi arti akan Bulan Desember atau Bulan yang dinantikan oleh umat Kristen Katolik sebagai bulan kelahiran akan juruselamat yaitu Mesias…. Kebersamaan yang terkandung cukup memberikan makna akan semangat manusia sebagai mahluk sosial dan memiliki cinta akan Tuhan. Jalan raya dikelilingi oleh banyaknya lampu Natal berkat kerja sama dan sosial masyarakat, Kebersamaan itu bukti cinta dan kasih kepada Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button