Kajian Budaya

Peran Cendekia Dalam Pendampingan Lembaga Adat Di Manggarai

Kanisius Teobaldus Deki

Sebuah Tuturan Dari Pengalaman Mendampingi Masyarakat Adat Gendang Tenda

Bagian 4

All men are intellectuals, one could therefore say:

but not all men have in society the function of intellectuals

Gramsci-The Prison Notebooks)

4. Pelaksanaan Kegiatan

4.4.1 Pembongkaran Rumah Adat Lama

Setelah disepakati akan membangun rumah adat yang baru, rumah adat yang lama dibongkar pada 26 Mei 2014. Persis ketika kami sedang berada di Medan untuk sebuah urusan yang lain saat itu. Pembongkaran berjalan mulus yang dimulai dengan upacara adat. Maksud dari upacara ini adalah memberitahukan kepada roh leluhur bahwa rumah ini akan dibongkar dan akan dibangun yang baru. Mohon restu para leluhur untuk terlibat dalam seluruh acara pembongkaran agar tidak ada yang cidera atau mengalami petaka. Pengerjaan pembongkaran dipimpin langsung oleh Tu’a Golo Tenda.

4.4.2 Upacara Têsi Penggalian Fundasi dan Upacara Sabda

Sesudah rumah adat lama selesai dibongkar, usaha selanjutnya adalah mengumpulkan uang untuk proses selanjutnya. Bendahara setiap klan (panga) giat mengumpulkan uang. Uang kemudian diserahkan ke bank lalu laporannya kepada bendahara penerimaan. Pada tanggal 16 Juni 2014 diadakan upacara adat Tèsi pada pagi hari. Upacara adat ini dimaksudkan untuk memohon restu leluhur agar pembangunan ini berjalan dengan baik. Pada sore harinya dilangsungkan upacara Sabda menurut tata cara Gereja Katolik yang dipimpin oleh pastor Blasius Harmin Pr.

Usai upacara Tèsi, tukang di bawah pimpinan Bpk. Lodovikus Emba mulai mengukur dan bersama masyarakat menggali tanah yang sudah dipatok. Hingga sore hari, tanah galian sudah siap untuk selanjutnya diadakan ritus peletakkan batu pertama. Pada kesempatan itu, setelah batu, pasir dan semen dicampur lalu diberkati oleh pastor Blasius, masing-masing utusan meletakan coran di tanah yang sudah digali dan disusun batu-batu fundasi. Menariknya, pekerjaan menggali tanah ini melibatkan kelompok-kelompok secara bergiliran hingga selesai tanpa dibayar sepeserpun. Panitia pelaksana hanya menyiapkan minuman kopi dan makan siang bersama.

1 2 3Laman berikutnya

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

51 Komentar

  1. Untuk Rumah adat,terimakasih bapak sudah memberitahu kami.Maka dari itu juga kami bisa mengetahui penting dan peranNya Rumah Adat

  2. Dari sini kita haruh belajar acara apa saja yang harus kita lakukan ketika membongkar rumah adat dan acara apa saja yg kita lakukan ketika memulai membuat rumah adat. Lalu acara selesai membuat rumah adat.Semua jalur acara adat dari mulai membongkar sampai selesai membuat rumah adat.karna kedepannya kita yg sebagai generasi penerus yg haru menjalankan acara ini.

  3. Saya memahami artikel diatas karena setiap orang harus Bekerja
    Dalam membangun rumah adat

  4. Dari sini kita bisa mengetahui betapa pentingnya rumah adat untuk kita manggarai, saya sangat salut kepada sesama kita manusia terlebih khusus kepada orang Manggarai yang sudah bersedia membantu berdirinya rumah adat sebagaimana mestinya usaha dan jerih payah dari nenek moyang kita dulu.untuk melanjutkan dan membawa generasi adat istiadat sampe sekarang ini bahkan untuk kedepannya lagi.

  5. Dari sini kami tau bahwa Rumah adat itu merupakan Rumah yang sangat memiliki makna yang sangat sakral bagi masyarakat Manggarai, artikekl ini sangat membantu bukan hanya informasi melainkan pemahaman kami tentang budaya adat Manggarai,artikel ini juga memberikan pemahaman yang lebih luas tentang ritual-ritual dan tradisi-tradisi orang manggari untuk membangun rumah adat .

  6. Dari artikel diatas kita dapat mengambil nilai bahwa pentingnya dalam membangun rumah adat dan juga ritual-ritual yang terlibat dalam proses pembangunannya supaya dalam lingkungan adat tidak terjadi masalah- masalah yang yang berkaitan dengan adat,dan juga betapa hebatnya orang Manggarai yang sudah berpartisipasi dalam membangun rumah adat terlebih khusus sebagai pemangku adat yang sudah mengatur semua proses pembangunan rumah adat.
    Dan semoga kedepannya selalu berpartisipasi dalam membangun adat Manggarai yang lebih baik lagi

  7. Dari sini kita belajar setiap orang atau masyarakat dalam bekerja membuat rumah atau bekerja yang lainya harus diawal dengan berdoa dan membuat ritual meminta ijin kepada para leluhur adat. Supaya pekerjaan kita berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan.

  8. kita dapat mengambil nilai bahwa pentingnya dalam membangun rumah adat dan juga ritual-ritual yang terlibat dalam proses pembangunannya supaya dalam lingkungan adat tidak terjadi masalah- masalah yang yang berkaitan dengan adat,dan juga betapa hebatnya orang Manggarai yang sudah berpartisipasi dalam membangun rumah adat terlebih khusus sebagai pemangku adat yang sudah mengatur semua proses pembangunan rumah adat.
    Dan semoga kedepannya selalu berpartisipasi dalam membangun adat Manggarai yang lebih baik lagi

  9. Artikel diatas menunjukkan kepada kaum pemuda, untuk memahami cara pembuatan atau cara membangun rumah adat dengan benar, jika didefinisikan adalah menggambarkan, bagaimana masyarakat muda untuk memahami cara melakukan ritual pembangunan rumah adat yang baik, supaya tidak ada kendala dalam proses pembangunan rumah adat

  10. Artikel diatas menunjukan kepada kita cara membangun rumah adat manggarai dengan benar. Dan juga memberikan petunjuk kepada generasi mudah atau penerus untuk memahami ritual atau adat saat membangun rumah adat manggarai.

  11. Artikel diatas menunjukan susunan acara dalam membangun sebuah rumah adat Manggarai. Di setiap acara tersebut, tokoh adat dan masyarakat meminta ijin kepada roh leluhur agar dipermudahkan membangun rumah adat yang baru. Budaya ini sangat unik dan harus dilestarikan.

  12. Dari banyaknya cerita mengenai acara adat masyarakat manggarai itu sangatlah bermakna, oleh karena itu salah satu hal yang paling utama adalah melakukan acara adat pada setiap tata dan cara Dalam Rumah adat,Yang telah ditentukan.

  13. Dari artikel itu kita mengetahui bahwa begitu banyak ritual yang dilakukan saat pembongkaran rumah adat.
    Dan pembongkaran ini juga melibatkan leluhur

  14. Dari artikel diatas kita bisa mengetahui arti dari rumah adat.
    Kita sebagai orang Manggarai setiap kampung harus mempunyai rumah adat.semua acara adat kita tidak bisa laksana kalau tidak punya rumah adat.
    Karna semua acara adat harus dilakukan didalam rumah adat.

  15. Setelah membaca artikel di atas kita mengetahui ritual atau susunan acara adat dalam rangka pembongkaran rumah adat lama dan mau di bangun yang baru. Agar tidak ada masalah-masalah yang berkaitan dengan adat harus di dahului dengan ritual adat dan berterimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan rumah adat tersebut.

  16. Dalam acara adat manggarai degan adanya pembongkaran sebuah Rumah gendang itu harus dilaksanakan dengan acara adat agar para leluhur jga dapat melibatkan dalam hal tersebut, supaya peroses pembongkarannya dapat berjalan dengan lancar dan tidak adanya hambatan.

  17. Berdasarkan artikel diatas menunjukan bahwa sebuah kegiatan akan dibutuhkan perencanaan yang matang sbelumnya untuk mencapai hasil yang maksimal.yang dilakukan oleh masyarakat tenda akan menjadi bekal untuk kami sbagai generasi diluar masyarakat tenda.sempat berbincang dengan salah satu masyarakat tenda,dia mengatakan bahwa pembangunan rumah adat tenda merupakan hasil dari kerja keras tu’ a golo dan panitianya serta seluruh masyarakat tenda dan juga pemerintah….terimakasih

  18. Dari artikel diatas kita dapat mengetahui betapa pentingnya rumah adat/rumah gendang, dalam proses pembuatan rumah ada tidak sama dengan pembuatan rumah pribadi kita masing masing, yakni pada saat pembangunan rumah adat kita harus mengikuti ritual yang sudah turun temurun dari nenek moyang kita.

  19. Pemahaman artikel diatas terhadap diri saya adalah pentingnnya meminta restu kepada nenek moyang agar tidak terjadinya hambatan dalam melakukan sesuatu,dari contoh membuat rumah adat juga bisa disimpulkan bahwa segala sesuatu yang kita lakukan didunia ini tak luput dari bantuan orang lain,mari kita bangun kekluargaan dengan bergotong royong menciptakan hal hal yang positif

  20. Dari artikel diatas. Didalam rumah adat terdapat siribongkok dan ditengahnya terdapat tiang tengah, dan lambang dari siribongkok itu adalah sebagai nilai keindahan dalam satu kampung. Siribongkok itu terlihat sangat bagus dan luar biasa

  21. Melihat Keindahah siribongkok ini sangat luar biasa , memiliki nilai sangat indah. Dalam pembanggunan rumah gendang , karena makna dari siri bongkok tersebut makna yang mendalam dalam kehidupan orang manggarai

  22. Dari artikel yang keempat kita diajak untuk harus mengetahui tata urutan sebelum dibongkarnya rumah gendang yang lama.
    Dalam hal ini dilakukan adat ritual yang biasa disebut ‘Tesi’ yang dipimpin oleh salah satu tua adat dalam hal ini kita sudah mununjukan kehormatan kita kepada roh nenek moyang dan tujuannya agar tidak terjadi resiko dalam membongkar rumah gendang yang lama.

  23. Dari artikel ke-4 menjelaskan bahwa betapa pentingnya rumah adat dalam budaya manggarai. Didalam rumah adat terdapat “Siri Bongkok”yang memiliki nilai dan makna tersendiri.dan tentunya makna dari siri bongkok adalah suatu kehormatan kepada roh nenek moyang kita.

  24. Dari artikel ke-4 menjelaskan bahwa betapa pentingnya rumah adat dalam budaya manggarai. Didalam rumah adat terdapat “Siri Bongkok”yang memiliki nilai dan makna tersendiri.dan tentunya makna dari siri bongkok adalah suatu kehormatan kepada roh nenek moyang kita.

  25. veronikaggaus@stiekarya.ac.id
    Dalam artikel di atas, kami dapat mengetahui dalam pembongkaran rumah adat itu harus di mulai dengan upacara adat agar proses pembongkaran berjalan dengan lancar dan kita harus gotong royong dalam pembangunan rumah adat tersebut.

  26. Dalam artikel diatas menjelaskan tentang pembongkaran rumah adat.setelah saya membaca artikel di atas akhirnya saya tau lebih jelas bagaimana cara ritual dalam pembangunan rumah adat. Kita sebagai kaum muda harus benar-benar mempelajari ritual dalam pembuatan rumah adat tersebut,agar kedepannya kita sendiri juga tau cara membuat ritual dalam pembangunan rumah adat dan apa yang di bangun oleh parah orang tua kita sebagai kaum muda harus menjaga dan melestarikan rumah adat tersebut agar tetap kokoh dari generasi ke generasi

  27. Dari artikel tersebut memberitahukan kepada kita pentingnya menghargai roh leluhur pada saat pembongkaran rumah adat,supaya setiap pekerjaan bisa berjalan dengan baik dan lancar,dan dari artikel tersebut memberitahukan kepada kita tata urutan sebelum membongkar rumah adat.

  28. Menurut saya dari artikel yang keempat adalah kita sebagai generasi penerus bangsa hendaklah kita mengembangkan nilai dan moral dlam kebudayaan serta menjujung tinggi martabat dalam adat istiadat supaya kebudayaan kita tetap terinspirasi.

  29. Dari artikel diatas, menunjukkan bahwa sebuah kegiatan akan di butuhkan perencanaan yang matang sebelumnya untuk mencapai hasil yang maksimal, oleh karena itu pentingnya dalam membangun rumah adat dan juga ritual-ritual yang terlibat dalam proses pembangunan rumah adat, supaya tidak terjadi resiko dalam membongkar rumah adat lama

  30. Dari artikel diatas menjelaskan pentingnya meminta restu kepada nenek moyang agar tidak terjadinya hambatan dalam melakukan sesuatu sehingga proses pembongkaran dapat berjalan dengan lancar.

  31. Dari artikel ini, mengandung makna bahwa pentingnya jika dalam melakukan sebuah acara adat perlu meminta restu dari para leluhur sebagai tanda penghormatan kita Kepada mereka agar acara adat tersebut berjalan dengan lancar dan tidal terjadi masalah atau petaka.

  32. Menurut saya dari artikel diatas menjelaskan cara membongkar dan membuat rumah adat manggarai serta dengan acara adatnya.untuk kita para generasi mudah supaya bisa melestarikan budaya tersebut.

  33. Dari artikel ini, mengandung makna bahawa pentingnya jika melakukan sebuah acara pentingnya minta doa dan dukungan restu dari leluhur ,nenek moyang kita.

  34. Menurut saya dari artikel diatas Kita sebagai masyarakat Manggarai harus melestarikan adat dan rumah adat serta mengembangkan nilai moral dan nilai adat istiadat yang ada di manggarai dan harus menjalankan upacara adat dengan baik agar terhindar dari malapetaka

  35. Dari artikel diatas, saya mengomentari tentang: menunjukan kepada kita cara membangun rumah adat manggarai dengan benar dan memberikan petunjuk kepada generasi penerus untuk memahami ritual membangun rumah adat manggarai

  36. Kegiatan tersebut merupakan sebuah penghormatan terhadap budaya kita. Karena kita tidak melupakan apa yang menjadi warisan leluhur kita.

  37. Sangat bermanfaat, kita diajarkan tentang bagaimana hidup dalam suatu kampung jika ada acara adat besar yang bisa melibatkan warga kampung dalam kaitannya memberi sumbangan sebagai dana tambahan untuk memenuhi semua yang dibutuhkan pada saat acara itu. Terimakasih

  38. Kegiatan yang melambangkan tanda persatuan dan kepedulian serta cinta terhadap adat kita.

  39. Dari sini sya bisa belajar dalam membuat Rumah adat Manggarai sangat menarik bagi saya,dimana di kerjakan dengan hati nurani yg baik dlm mementingkan Adat istiadat kita Manggarai.

  40. Dari artikel ini diketahui bahwa membangun rumah adat baru tidaklah gampang karena kita harus menjalani berbagai ritual adat serta membutuhkan dana yang cukup besar. Keterlibatan aktif seluruh masyarakat sangatlah penting dalam hal ini

  41. Melihat Keindahah siribongkok ini sangat luar biasa , memiliki nilai sangat indah. Dalam pembanggunan rumah gendang , karena makna dari siri bongkok tersebut makna yang mendalam dalam kehidupan orang manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button