Sosok

Paulus Opot: Pegawai Teladan yang Mencintai Pendidikan

Kelahiran Yayasan Nucalale tidak terlepas dari kebiasaan berkumpul dalam keluarga dan masyarakat. Tahun 1960an, Ruteng hanyalah sebuah kampung. Semua orang saling mengenal satu sama lain. Ikatan kekerabatan sangatlah kental. Hampir semua urusan dilakukan bersama. Tak terkecuali, urusan keuangan, pendidikan dan pembentukkan karakter.

“Ada kebiasaan untuk mengumpulkan sejumlah uang secara bersama untuk membiayai pendidikan anak-anak. Semuanya dikumpulkan secara suka rela dan senang hati. Saat itu, jumlah lembaga pendidikan juga masih sedikit. Sehingga ketika ada orang atau pihak yang merencanakan pembentukkan sekolah, niat semacam itu mudah diterima”, kisah Bapa Paulus sebagaimana diungkapkan kepada Stafenus Keboro salah satu puteranya.

Baca Juga : Markus Malar Taku: Bangun Kembali Menjadi Sekolah Favorit!
Baca Juga : Paulus Do : Non Scholae, sed vitae discimus!

Pada saat Bapak Walter Wisang dan kawan-kawan berniat membangun yayasan, Bapa Paulus Opot juga ikut terlibat dalam diskusi-diskusi itu. “Ada kesepakatan untuk mewujudnyatakan rencana itu secara bersama. Setelah Bapa dan kawan-kawannya mendirikan SMP Dharma Bakti, mereka mulai merencanakan membangun SMA. Kala itu, hanya ada satu SMA di Manggarai yakni SMA Swadaya. Banyak murid yang tidak tertampung di sekolah itu. Pilihannya, jika tidak ke Ende di SMA Syuradikara, ke Makasar”, lanjut Stefanus.

Niat itu kemudian menjadi kenyataan. Yayasan Nucalale dibentuk pada tahun 1970. Bapa Paulus ikut menjadi salah satu pendiri yayasan. Pria yang lahir di Watu, 1 Januari 1933 ini adalah seorang pensiunan pegawai negeri sipil pada Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai. Pendidikan terakhirnya diselesaikan di Sekolah Kesehatan Lela jurusan Pengamat Kesehatan (PKC).

1 2 3Laman berikutnya

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

19 Komentar

  1. Bapak paulus opot seseorang yang sering berkumpul dengan keluarga dan masyarakat.dan dia tidak pernah memandang fisik orang lain.pada saat Bapak walter wisang dan kawan- kawannya berniat membangun yayasan, Bapak paulus opot juga ingin ikut terlibat diskusi itu. Setelah Bapak dan kawan- kawannya mendirikan SMP Dharma bakti, mereka mulai merencanakan membangun SMA dan sekarang Bapa paulus ikut menjadi salah satu pendiri yayasan.dan Bapak paulus opot dia tidak memandang fisik orang lain.

  2. Artikel tersebut memberi kita motivasi dan terus belajar untuk mencapai sebuah tujuan dan kita harus mengikuti dari perilaku-perilaku yang baik dari bapak,Paulus Obot yang memberi kita sebagai motivasi dan arahan untuk mencapai sebuah tujuan yang kita kerjakan.

  3. Patut kita bersyukur dan berterima kasih kepada bapak Paulus Opot seorang pencinta pendidikan yang dengan penuh semangat telah memperjuangkan akan adanya lembaga pendidikan di tanah Nucalale ini demi perkembangan masa depan masyarakat setempat.

  4. Sebagai generasi penerus, kita patut mengikuti jejak Bapak Paulus untuk menjadikan sekolah sebagai tempat pembinaan manusia dalam seluruh aspek, khususnya pembentukkan karakter. Sekolah bukan saja sebagai tempat menuntun ilmu tetapi sekolah juga merupakan tempat untuk menghasilkan manusia yang berprestasi dan cerdas merupakan salah satu tujuan pendidikan. Tetapi, disamping itu tujuan sekolah juga adalah untuk menciptakan karakter yang bermutu & berbudi pekerti luhur. Bapak Paulus merupakan salah satu tokoh yang patut kita teladani..

  5. Suatu perbuatan yg sangat mulia dari bapak Paulus opot yg patut kita semua teladani.dengan susah payah bapak ini berjuang agar ditanah kita ini harus ada lembaga pendidikan yg nantinya moral masyarakat akan dibina

  6. Bapak paulus obot pengawai yang patut kita ikut.
    karna bapak paulus obot juga memberikan penerus bagi anak anak bangsa dan juga bagi negara,
    dan untuk masyarakat .

  7. Kita sebagai pelajar atapun mahasiswa patut bersyukur dan berterimahkasih kepada Bapak Paulus Obot yang memiliki semangat yang tinggi untuk mendirikan yayasan agar kita sebagai generasi penerus bangsa memiliki tujuan dalam hidup melalui pendidikan.

  8. Bapak Paulus Opot patut kita teladani, karena Dia berjuang untuk kita sebagai generasi penerus denganNya kita bisa mendapatkan pendidikan.

  9. adanya kerja sama dalam masyarakat,akan mengembangkan kehidupan ya aman dan tentram dlm kehidupan sehari- hari.

  10. Kita sebagai generasi penerus bangsa memberikan apresiasi kepada bapak paulus obot yang memiliki nilai perjuangan akan adanya lembaga pendidikan.dan kita harus mengikuti jejak bapak paulus obot karena tanpa beliau mungkin karakter dari genarasi tidak akan terbentuk karena tidak ada pendidikan.

  11. Dari artikel diatas kita sebagai generasi penerus bersyukur dan berterima kasih kepada bapak Paulus Opot seorang pencinta pendidikan yang dengan penuh semangat telah memperjuangkan akan adanya lembaga pendidikan di tanah Nucalale ini demi perkembangan masa depan masyarakat setempat.
    Dan bapak Paulus Opot juga memotivasi agar kita yg masih dalam perjuangan atau masih belajar, supaya apa yang kita harapkan akan tercapai.
    Agar kita bisa menciptakan sebuah lapangan kerja sendiri.

  12. Artikel ini memberi kita motivasi dan terus belajar untuk mencapai sebuah tujuan. Kita harus patut berterima kasih kapada bapak paulus opot seorang pecinta pendidikan yang dengan penuh semangat telah memperjuangkan akan adanya lembaga pendidikan di tanah nucalale demi perkembangan masa depan masyarakat.

  13. Banyak nilai yang bisa kita petik dari artikel tersebut diatas. Niat yang begitu mulia serta kegigihan bpk. Paulus Opot memberikan hasil yang sekarang kita nikmati dalam dunia pendidikan.
    Kegigihan dan niat mulia beliau patut kita teladani sebagai bekal kita dalam berjuang untuk masa depan wilayah Manggarai. Tetap semangat berjuang, apapun permasalahannya pasti ada jalan keluar.

  14. Niat yang sangat mulia dari Bapak Walter wisang serta teman-temannya,karena semangat dan perjuangan mereka bisa membangun yayasan di Manggarai untuk menambah pendidikan

  15. Bapak Paulus Opor adalah seorang yang berjuang untuk mendirikan lembaga pendidikan ditanah Nucalale oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa kita patut bersyukur dan berterimakasih karena Bapak Paulus Opor,karena beliau sudah bekerja keras demi perkembangan masa depan masyarakatnya.

  16. Dari artikel ini menceritakan perjuangan bapak Paulus opot bahwa beliau adalah orang yg patut kita banggakan karena atas perjuangan beliau membangun Sekolah yaitu SMP Dharma Bakti dan SMA Swadaya dapat membantu generasi mudah terutama generasi muda manggarai dalam mengenyam pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button