Sosok

Paulus Do : Non Scholae, sed vitae discimus!

Paulus Do adalah putera kampong Watu, lahir pada 1 Maret 1936. Dia kiranya menjadi murid Sekolah Rakyat di Ruteng lalu masuk SMP Tubi dan melanjutkannya ke SMA Syuradikara. Usai menyelesaikan pendidikan di Syuradikara, dia mengikuti pendidikan KDC di Kupang lalu memasuki APDN Kupang dan kemudian Satwalaya Depdagri di Malang.

Usai menjalankan masa pendidikan, Paulus mengabdikan dirinya sebagai guru di SMP Dharma Bakti dari tahun 1960 hingga 1962. Kemudian dia diangkat menjadi PNS tahun 1963. Pada tahun berikutnya dia ditugaskan menjadi Wakil Kepala Bagian Pemerintahan Umum Kabupaten Manggarai. Tahun 1965-1967 Paulus diangkat menjadi Kepala Bagian UDPD Kabupaten Manggarai. Tahun 1970-1974 ditugaskan menjadi Kepala Bagian Tata Hukum/Perundang-undangan merangkap Kepala Bagian Sekretariat DPRD II Kabupaten Manggarai. Pada tahun 1975 Paulus menjadi PJS Sekretaris DPRD II Kabupaten Manggarai. Tahun 1976-1977 menjadi Sekretaris Pribadi Bupati Manggarai.

Baca Juga : Kami Optimis Untuk Ke Depan:
Baca Juga : Markus Paus: Fortiter in re et suaviter in modo

Selain begitu banyak jabatan yang dimilikinya, Bapa Paulus malang melintang dalam dunia organisasi dan partai politik. Pada tahun 1963-1967 ia menjadi Wakil Bendahara Partai Katolik. Saat berada di Kupang tahun 1967-1969, dia menjadi Pengurus AMPI Kupang. Di ruteng pada tahun 1970-1971 Bapa Paulus menjadi Sekretaris Kokarmindagri Kabupaten Manggarai bersamaan dengan itu menjadi Anggota Sekretaris Panitia Pemilihan Daerah sampai tahun 1982.

Sejak tahun 1974, Bapa Paulus menjadi Sekretaris KNPI hingga tahun 1979. Rupanya Bapa Paulus tertarik terjun ke dunia politik dan berhasil menjadi politisi. Dia lalu menjadi Wakil Sekretaris DPD II Golkar dari tahun 1979 hingga 1984. Pada periode yang sama dia juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Kaderisasi DPD II Golkar. Dari tahun 1983 hingga tahun 1997 dia menjadi Pembina HWK Kabupaten Manggarai. Selama belasan tahun, yakni dari tahun 1979 hingga 1997 Bapa Paulus menjadi Ketua DPD II Golkar Kabupaten Manggarai dan tahun 1986-1988 menjadi Anggota PANWALAK Kabupaten Manggarai. Tahun 1988-1997 menjadi ketua Dewan Pembina AMPI Kabupaten Manggarai.

Selama belasan tahun pula (1977-1992), Bapa Paulus menjadi anggota DPRD Kabupaten Manggarai dari Partai Golkar. Karirnya di partai politik ditutup mulia dengan menjadi anggota DPRD Provinsi dari Partai Golkar tahun 1992-1997.

1 2 3Laman berikutnya

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

13 Komentar

  1. dari artikel di atas saya sangat kagum dengan Bapa paulus do adalah putra kampung watu . yang saya kagumi dari bapa paulus do ini adalah ia sudah menyelesaikan kuliannya dengan begitu cepat
    dan bapa paulus do ini sangat berjaasan karna dia pernah menjadi DPRD provinsi. saya mengucapkan terimah kasih banyak dengan bapa paulus do
    semoga jasannya di balas dengan tuhan.

  2. Terkait dengan artikel diatas sangat mendorong kita untuk bisa menjadi orang sukses, dimana bapak paulus ini sangat mudah untuk berhasil menempuh pendidikan yang lebih tinggi,dan banyak karir yang dijalankannya, dari jalan cerita dan karirnya juga bisa membangkitkan kita sebagai generasi penerus pentingnya pendidikan untuk kita semua, jadi saya menyimpulkan kesan yg diberikan di artikel ini sangat penting untuk mengarahkan agar bisa menjadi mahasiswa yang sukses kedepannya. (Laurensia Jelu)

  3. dari artikel diatas kisah perjalanan dan karir yang dimiliki oleh bapa Paulus sangat mendorong,mengarahkan dan membuka hati kita sebagai mahasiswa/i supaya bisa menjadi orang yang sukses, hebatnya bapa paulus selain mampu menyelesaikan pendidikannya beliau juga banyak dipercayai untuk menjadi pemimpin di berbagai macam pekerjaan, jadi dari artikel ini mengajak kita alangkah baiknya kita sebagai generasi penerus bisa menjadi orang yang sukses, pentingnya pendidikan itu demi mencerahkan masa depan kita. (Laurensia Jelu)

  4. Saya merasa tertarik dengan artikel diatas dan yang saya kagumi dari bapak Paulus Do yaitu seorang yang bekerja keras tampa mengenal rasa lelah dan dia juga sudah menyelesaikan pendidikannya dalam waktu yang begitu cepat , sehingga kini dia sudah menjadi orang yang sukses. Dengan melihat keberhasilan bapak Paulus Do bisa menjadi panutan bagi generasi penerus untuk tetap berjuang dan memiliki semangat yang tinggi dalam meraih sebuah kesuksesan.

  5. Menurut saya mengenai artikel diatas,seorang bapak yang bernama Paulus Do begitu hebat,dia kiranya menjadi murid sekolah di rakyat ruteng lalu masuk SMP TUBI dan melanjutkannya ke SMA syuradikara.
    Dan sampai sekarang bapak Paulus Do menjadi sekertaris KNPI hingga tahun 1997.

  6. Saya sangat bangga kepada bapak Paulus Do dan sangat termotovasi dengan apa yang dia capai. Dari artikel ini saya mengambil kesimpulan bahwa bapak paulus Do ini orang yang sangat cerdas dan jujur kita bisa melihatnya dari jabatan jabatan yang bapak paulus ini dapat tanpa ada berita tentang sesuatu yang buruk yang bapak ini lakukan selama masa jabatannya. Semoga semakin banyak orang yang macam bapak paulus di dunia ini.

  7. Dari artikel diatas,saya merasa kagum dengan bapak Paulus Do yang memiliki begitu banyak jabatan yang di perolenya dan menyelesaikan kuliahnya begitu cepat,hal ini dapat menjadi motivasi bagi generasi penerus agar mau berjuang dan memiliki semangat yang tinggi agar dapat memperoleh masa depan yang cerah dan menjadi orang yang berguna .

  8. Paulus Do adalah outta kampung watu,lahir pada 1 maret 1936,dia kiranya menjadi murid sekolah Rakyat diRuteng lalu amp Tubi dan melanjutkan ke SMA syuradikara.
    Dalam membaca artikel diatas saya sangat terkagum atas pendidikan palaus Da, bisa mendorongkan kami untuk bisa menjadi orang sukses dan menjadikan pentingnya pendidikan bagi kami dan mencerahkan masa depan. Salam sukses 💪🙏

  9. Dari artikel di atas yang mengisakan perjalanan karir dari bapak paulus sangat mendorong, dan mengarakan kaum mahasiswa/ i di kehidupan di masa yang akan datang dan mengajak kita untuk menjadi orang yang sukses, selain itu hebatnya bapak paulus yang selain mampu menyelesaikan pendidikanya beliau juga ternyata banyak di percayai ole orang untuk menjadi pemimpin dalam suatu pekerjaan, dari artikel ini dapat mengajakan kita bahwa pentingnya pendidikan bagi para generasi milenial supaya kita dapat menjadi orang-orang sukses dengan cara dan pola pikiran yang guna untuk mencerakan kehidupan di masah yang akan datang…(arfandus juman)

  10. Dari artikel diatas kisah perjalanan dan karir yang dimiliki oleh bapa paulus sangat,mendorong,mengarahkan dan membuka hati kita sebagai mahasiswa/i supaya bisa menjadi org yang sukses,menyelesaikan pendidikanya beliau juga bnyak dipercayai untuk menjadi pemimpin diberbagai macam pekerjaan

  11. Hikma yang dapat dipetik dari artikel diatas adalah
    Memberi motofasi teehadap kita,dimana kita ingin menjadi orang yang sukses itu berawal dari dunia pendidikan dasar dan seterusnya.
    Dan kesannya sangat menarik,dimana ketika kita ingun jadi orang yang sukses tentu melalui banyak rintangan yang dimana kita akan berjuang untuk menuai hasil yang memuaskan.

  12. Artikel ini sangat terinpirasi sekali buat saya dimana saya sangat kagum dengan perjuangan Bapa Paulus Do yang telah menyelesaikan kuliahnya dengan begitu cepat..mungkin ini jadi motivasi buat kita semua bahwa jadi orang sukses itu butuh peroses yaitu dengan banyak belajar,belajar dan belajar…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button