FilsafatSastra

Orang Wonda-Lio & Pandangan Tentang Roh Jahat

sumber gambar: www.kaskus.co.id

Kanisius Teobaldus Deki

Manusia memiliki kecenderungan untuk bertanya tentang tujuan dan hakekat hidupnya. Dalam mencari jawaban eksistensial atas pertanyaan-pertanyaannya, manusia sangat tertarik dengan kemungkinan ultim.[1] Setiap manusia yang berpikir memandang kemungkinan ultim sebagai makna kehidupannya. Di tengah upaya pencarian akan kemungkinan ultim itu manusia lalu menyadari bahwa makna paling substansial dari keberadaannya sebagai manusia ialah bahwa ia ingin mengalami kebahagiaan dan keselamatan.

Selaras dengan gagasan itu, agama-agama, baik formal maupun primal, memperlihatkan kenyataan bahwa hidup manusia tidak pernah berakhir hanya sampai peda kematiannya. Lebih dari itu, manusia masih memiliki suatu harapan akan kehidupan baru, hidup kekal dan selamat dalam roh.[2] Keselamatan ini menjadi puncak atau mahkota dari seluruh perjuangannya selama hidup di dunia. Setiap orang beragama percaya bahwa kehidupan kekal yang bahagia itulah yang memberikan semangat serentak dorongan untuk tetap berjuang di dunia ini dengan segala daya upaya yang ada.

Kepercayaan akan eksistensi roh jahat tersebar luas di seluruh dunia.[3] Dalam banyak kepercayaan, menurut sifatnya roh bisa dibedakan atas dua yakni, yakni roh yang memiliki kualitas baik seperti Wujud tertinggi suatu masyarakat tertentu, malaikat atau roh dari mereka yang telah meninggal dunia. Selain itu ada juga roh jahat yakni roh yang memiliki kualitas buruk. Roh jahat sering diidentifikasi sebagai setan dengan berbagai macam nama yang diberikan kepadanya.[4]

Masyarakat Wonda juga memiliki kepercayaan akan eksistensi roh jahat. Bagi mereka dunia merupakan kosmos yang memiliki satu kesatuan dan keteraturan yang terbentuk dari pelbagai unsure: material dan spiritual. Dan di antara banyak unsure spiritual, termaktub di dalamnya kenyataan bahwa mereka percaya akan roh-roh. P. Paul Arndt, SVD dalam karyanya: Du’a Ngga’e: Wujud Tertinggi dan Upacara Keagamaan di wilayah Lio (Flores Tengah),[5] menjelaskan bahwa masyarakat Lio (di mana masyarakat Wonda juga termaktub di dalamnya) telah memiliki kepercayaan akan Wujud Tertinggi yang diberi nama Du’a Ngga’e.[6] Du’a Ngga’e menjadi asal dan sumber segala sesuatu yang ada di dunia ini dan kepada persatuan dengan Dialah manusia dan semua ciptaan mengarahkan diri. Sebuah studi yang cukup komprehensif juga telah dilakukan oleh P. Yosef Smith, SVD semakin mempertegas apa yang telah diungkapkan oleh P. Paul Arndt walaupun dengan kesimpulan yang agak lain. Menurut P. Yosef, pandangan tentang Du’a Ngga’e yang terkesan plural dalam kenyataan sebenarnya bukanlah demikian. Meskipun ada nuansa plural dalam pelbagai ungkapan tentang Wujud Tertinggi namun Du’a Ngga’e hanyalah satu pribadi saja.[7] Hal yang sama dibenarkan juga oleh P. Sareng Orimbao, SVD dalam penelitiannya terhadap suku Lio, yang mengatakan bahwa sejak zaman purba orang Lio telah menganut monotheisme yang bersih dan asli. Jika muncul perbedaan dalam menanggapi eksistensi Du’a Ngga’e yang dualistis-polytheistis itu disebabkan oleh salah tafsir mengenai ketunggalan kodrat Ilahi dan kejamakan pribadi Ilahi.

Selain berbicara mengenai Wujud Tertinggi, para peneliti terdahulu juga mengidentifikasi kepercayaan akan roh-roh: roh baik dan roh jahat. Dalam bahasa Lio, kata “setan” sinonim dengan “polo” dan menyebut semua jenis setan dengan istilah “nitu-nitu” yang termaktub juga di dalamnya roh-roh halus.[8] Selain polo, terdapat juga istilah “ata polo wera” (suanggi) yakni pribadi atau orang tertentu yang memiliki kekuatan magis yang berasal dari roh jahat.[9] Ia dalam keadaan normal adalah manusia biasa, tetapi ada saatnya ia dikuasai oleh roh jahat dan melakukan apa yang dikehendakinya, khususnya untuk mencelakakan orang lain[10]. Eksistensi roh-roh diakui dan menjadi entitas yang berpengaruh dalam kehidupan orang Lio. Dalam artikelnya, “Samudera Raya dalam Sebutir Embun”, John Monsford Prior, SVD menulis tentang pandangan primal, khususnya sebuah analisa tentang world-view orang Lio, menyajikan kenyataan tentang kehadiran “roh alam” sebagai lambang ambivalensi dan daya kekuatan yang tidak dapat dikendalikan oleh manusia.

Berbagai kepercayaan akan eksistensi roh jahat dan pengaruhnya yang besar terhadap kehidupan masyarakat tetap berlangsung hingga saat ini meskipun mereka telah menjadi penganut agama-agama yang ada: Katolik, Protestan dan Islam. Agama-agama dan pelbagai kepercayaan religius selalu menuntut setiap umatnya untuk bersikap radikal, setia dan berusaha sedapat mungkin hanya mengarahkan diri kepada agama atau kepercayaan itu.berhadapan dengan kenyataan ini, mempertimbangkan keinginan umat untuk tetap setia kepada imannya akan Allah sebagaimana yang telah diwartakan oleh Gereja di satu sisi dan kenyataan bahwa pengakuan-kepercayaan kepada roh jahat sudah mendarah-daging dan sulit dilepaskan, di sisi lain, muncul pertanyaan: bagaimana pewartaan Kabar Gembira mestu dijalankan dalam situasi ini? Untuk mempertajam pertanyaan ini, ada tiga hal yang mau dijelaskan:

Pertama, munculnya pluralitas kepercayaan. Bahwa beriman kepada Allah (Du’a Ngga’e) dan menaruh harapan keselamatan kepadaNya adalah jalan yang dituntut oleh Gereja Katolik. Konsekuensinya jelas, serentak percaya kepada Du’a Ngga’e dan kepada roh-roh jahat adalah sikap yang kontras, yang tidak bisa dibenarkan oleh Gereja Katolik. Kenyataan pluralisme kepercayaan ini pada gilirannya menjadi tantangan bagi pewartaan Kabar Gembira Yesus Kristus. Yesus dating ke dunia untuk menyelamatkan semua manusia dari perhambaan Kerajaan Maut yakni kematian abadi.

Kedua, Pengalaman Terbelenggu dan kerinduan akan pembebasan. Ada dua hal yang bisa dijelaskan. Pertama, untuk roh-roh halus. Masyarakat memiliki keyakinan bahwa supaya roh-roh jahat itu tidak mengganggu aktivitas manusia, maka dibuatlah pelbagai macam ritus tertentu sebagai upaya untuk menolak bala yang dilakukan, baik secara privat maupun komunal. Selain itu ada ritus tertentu yang merupakan aksi spontan yang bisa dilakukan oleh setiap orang dalam menghadapi problem harian dan tidak memiliki rubrik formal.[11] Di samping itu, ada juga ritus yang membutuhkan pemimpin khusus dengan bentuk formal dan rumusan yang baku. Jika ritus ini tidak dijalankan maka mereka yakin bahwa roh-roh itu akan marah dan mengganggu ketenangan manusia. Persoalan muncul tatkala ritus-ritus tertentu membutuhkan korban darah sementara umat tidak mempunyai kemampuan yang cukup untuk menyediakannya. Kedua, untuk Polo Wera. Polo wera hadir sebagai kekuatan destruktif lain yang sangat dekat dengan kehidupan umat Wonda. Ata Polowera biasanya menyerang orang-orang tertentu sesuai dengan kehendak pemiliknya. Ia tak segan-segan mengambil sesuatu dari orang lain bahkan membutuhkan jika hal itu memang harus dilakukan. Seringkali motivasi di balik pengiriman Polowera ini bermacam-macam, tetapi terbanyak merupakan aksi pembalasan atas rasa sakit hati yang pernah timbul.

Kehadiran roho-roh jahat membawa rasa tidak aman dalam diri umat Wonda. Ada satu situasi terbelenggu yang sulit ditolak oleh umat. Karena itu mereka ingin bebas dan keluar dari situasi keterbelengguan itu. Inilah kerinduan abadi yang tetap menjadi titik tolak (start point) menuju pembebasan sejati.

Ketiga, Ata Polowera kerap dijadikan sarana pengalih perhatian. Sering muncul isu-isu seputar kehadiran Polowera dalam hubungan dengan masalah social politik masyarakat. Polo sering dikambinghitamkan ketika manusia atau pribadi tertentu berusaha mengalihkan persoalan politis di dalam masyarakat. Tujuannya ialah supaya masyarakat menjadi resah dan lebih menghadapi masalah actual, (kerusakan yang disebabkan polo “imitasi”) daripada berkutat dengan pemeriksaan kritis terhadapperilaku timpang yang telah dilakukannya. Dengan kata lain, polo wera bisa dijadikan “virus” baru untuk menghancurkan tatanan yang ada.

Berdiri di atas kerinduan akan munculnya pembebasan, kepercayaan terhadap eksistensi roh jahat dan pengaruhnya tidak hanya dilihat sebagai tantangan yang menghambat pewartaan melainkan dapat juga ditilik dari sisi positif yakni sebagai peluang untuk memperkenalkan Yesus Kristus, memperdalam iman kepadaNya dan menerima Dia dalam seluruh hidup umat. Berkat imannya yang teguh, kokoh-kuat maka mereka juga memperoleh pembebasan dan akhirnya keselamatan.[12] Iman Kristiani menandaskan bahwa Yesus Kristus adalah Penyelamat. Namun bagaimana Ia bisa dikenal oleh para bangsa yang belum menganl Dia? Bertitik pijak pada pertanyaan itu dan kaitannya dengan kenyataan eksistensi roh jahat, Tippet, melihat peran pewarta Injil sebagai berikut:

“Misionaris sebagai komunikator, harus memungkinkan Injil meresap dalam pikiran dan hati pendengarnya. Para pendengar tentu saja tidak dapat memahami pengalaman misonaris, sekurang-kurangnya pada awalnya. Tugas misionaris ialah mendatangi dan mencapai level pemahaman pendengar. Hal ini sangat penting dan fundamental karena usaha untuk memenangkan umat Kristen yang baru agar level pemahaman mereka harus sesuai dengan level komunikator hanya akan menyebabkan represi dan bukan pertobatan”.[13]

Menyelisik secara mendalam fenomena pluralitas kepercayaan dan kenyataan keterbelengguan serta kerinduan akan pembebasan umat seraya mngingat tugas mulia Gereja untuk menjadi sarana keselamatan,[14] maka penulis merasa perlu dan urgen menilik lebih dalam religiositas umat Wonda. Supaya pewartaan Injil mendapat tempat, menurut pemikiran penulis, maka perlu memberi tempat yang luas untuk hadirnya sebuah teologi yang dibangun di atas konteks mereka yang partikular.[15] Sebab, agama Kristen sendiri menuntut suatu pendekatan kontekstual dalam ihwal berteologi sebagai ciri katolisitas Gereja.[16] Gereja Katolik sejatinya merangkul manusia karena ia melihat bahwa manusia baik dan suci dari adanya. Menganggap kebudayaan manusia sebagai sesuatu yang tidak penting adalah nirmakna. Juga sama krusialnya ketika praktisi teologi tidak memandang peran pewarta Injil-teolog yang bertugas memberitakan Kabar Gembira kepada mereka sesuai dengan konteksnya yang real. Stephen Bevans menggarisbawahi hal ini dengan menulis:

“Peran seorang teolog terlatih (imam, pengajar teologi) ialah membahasakan secara lebih jelas apa yang diungkapkan umat secara umum dan kabur, memperdalam gagasan-gagasan umat dengan menyiapkan bagi mereka khazanah kekayaan tradisi Kristen, serta menantang mereka untuk meperluas horizonnya dengan menampilkan kepada mereka keseluruhan pengungkapan teologi Kristen”.[17]

Kenyataan hadirnya roh jahat dan pengaruhnya terhadap iman umat akan Yesus menarik untuk dikaji lebih jauh dan mendalam. Bagaimana hal ini dapat dilakukan? Mari kita berpikir secara bersama-sama.***

[1] P.A. van der Weij menjelaskan bahwa kemungkinan ultim (Latin ultimus berarti terakhir) adalah yang dapat dicapai manusia sebagai yang paling terakhir dan paling menentukan; dengan kata lain: peruntukkan dan tujuannya. Kees Bertens (penterj.), Filsuf-Filsuf tentang Manusia (Yogyakarta: Kanisius, 2000), p. 21.
[2] Bdk. Gorlier Incoporated, Encyclopedia International (Philippines, 1974), pp. 201-202.
[3] Vincent Crapanzano & Vivian Garriso (eds.), Case Studies in Spirit Possesion (New York: John Wiley & Sons. Inc., 1977), p. 7. Bdk. Kelik M. Nugroho, et. Al., “Aborigin Sebuah Suku yang Terbuang” dalam: TEMPO, 7 Mei 2000, p. 55.
[4] Setan juga biasa dsebut roh halus. Disebut demikian untuk menjelaskan eksistensinya yang tidak tampak secara kasat mata dan tidak memiliki materi seperti manusia atau obyek ciptaan lainnya. Bdk. Pusat Pengembagan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1988), p. 752.
[5] Paul Arndt, SVD, Du’a Ngga’e Wujud Tertinggi dan Upacara Keagamaan di Wilayah Lio (Flores Tengah) (Maumere: PUslit Candraditya, 2002), p. 26. Bdk. Sareng Orimbao, SVD, Peranan Religi dan Magi dalam Pertanian Tradisional Suku Bangsa Lio (Ende, 1974), p. 12: “Kai eo latu pati latu” (Dia yang Ada mengadakan dari Ada yang mutlak itu), “Kai eo bheri tei bheri” (Dia yang Baik menerbitkan yang baik).
[6]  Dalam doa-doa sering disebut: O Du’a getha lulu wula (O Du’a yang berada di atas langit tertinggi), Ngga’e ghale mai wean tana (Ngga’e yang ada di bawah bumi). Paul Arndt, Op. Cit., p. 27.
[7] Yosef Smeets, SVD, “Du’a Ngga’e Wujud Tertinggi Orang Lio, Flores Tengah (Suatu Refleksi Antropologis-Teologis Awal) dalam: Penyalur Keuskupan Agung Ende Vol XIX (Juli-Agustus, 2002), pp. 21-22.
[8] Terdapat identifikasi polo: polo ria (suanggi unggul), polo biasa, fengge ree (mahkluk halus wanita yang merugikan tersebab ia memiliki kebiasaan kleptomania), longgo bengga (roh halus wanita yang punggungnya bolong) dan du’a hela (roh jahat yang berpenampilan cantik, ramah tapi sebenarnya penuh tipu muslihat untuk mencelakan manusia). Bdk. Sareng Orimbao, SVD, Op. Cit., pp. 27-28.
[9] Selanjutnya, penulis mengarahkan perhatian terutama kepada polo wera sebagai salah satu kekuatan magis-destruktif yang disebut dengan nama umum sebagai suanggi. Mahkluk halus lain akan disebut jika ada hubungan yang erat dengan pokok bahasan utama tentang polo wera.
[10] Ada dua bentuk cara berada “polo wera”. Pertama, kehadiran polo wera sebagai kenyataan terberi. Seseorang menjadi ata polo wera karena nenek moyang mereka memiliki kemampuan untuk itu. Biasanya orang bersangkutan tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan demikian dan kekuatan magis akan bekerja di luar kemampuannya untuk menolak. Kedua, ada orang tertentu yang ingin memiliki kekuatan magis ata polo lalu berusaha untuk memperolehnya dengan pelbagai cara. Misalnya: meminta kepada leluhur supaya diberi kemampuan seperti itu atau berguru pada mereka yang memiliki kekuatan polo wera.
[11] Sebuah contoh sederhana: Setiap orang yang melewati Tiwu Kowa pada malam hari selalu memiliki rasa takut yang besar karena tempat itu diyakini oleh masyarakat sebagai “rumah roh jahat” seperti ata polo wera. Supaya selamat (baca: tidak diganggu), orang melewati Tiwu Kowa mesti memberitahukan dan meminta izin untuk lewat (ruti). Jika tidak melakukan tindakan ruti maka orang bersangkutan akan diganggu. Umat juga memiliki upacara Joka Ju sebagai ritus untuk menolak bala secara komunal. Upacara ini dilakukan dengan dua maksud: pertama, untuk menolak bala yang disebabkan oleh wabah sampar dan penyakit yang ditimbulkan tanah persekutuan, dan kedua, sebagai upacara syukuran atas segala hasil panen yang telah diberikan oleh Du’a Ngga’e dan kebaikan embu-mamo yang telah memberikan perlindungan.
[12] Injil Yohanes menulis: “Begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia memberikan anakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya…memperoleh kehidupan kekal” (Yoh 3:16).
[13] Romanus Satu Pr (penterj.), “Suanggi dan Injil: Pengalaman dari Afrika dalam: Penyalur Keuskupan Agung Ende, Vol. XIV, Mei-Juni 1997, p.
[14] Bdk. R. Hardawiryana SJ (penterj.), “Konstitusi Dogmatis tentang Gereja” dalam: Dokumen Konsili Vatikan II (Jakarta: Obor, 1993), p. 75.
[15] Bdk. Yosef Maria Florisan (penterj.), Model-Model Teologi Kontekstual (Maumere: Ledalero, 2002), pp. 18-19.
[16] Sebutan “Katolik” berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yakni kata dan holos (seturut keseluruhan), dan mengacu kepada hakikat jemaat Kristen yang merangkul semua, meliputi semua dan menerima semua. Yosef Maria Florisan (penterj.), Ibid, p. 23.
[17] Yosef Maria Florisan (penterj.), Ibid, p. 31.

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

74 Komentar

  1. Dizziness Stomach-ache Feeling sick Being sick vomiting Reflux Eye effects, including blurred vision and eye pain Difficulty in breathing Presence of blood in urine Prolonged erection priapism Pounding heartbeat sensation A fast heart rate High blood pressure and low blood pressure Nose bleeds Ringing in the ears Swelling of the hands, feet, or ankles Feeling tired buying cialis online reviews In developing this new internet medium for the delivery of healthcare services, our organization is committed to meeting and exceeding current regulations

  2. tamoxifen citrate bodybuilding 1 1, , red and orange boxes , the poor utility of this intended treatment should be discussed with the patient, and serious consideration should be given to the pursuit of a more aggressive initial therapy, such as ovarian diathermy, injectable gonadotropins, or in vitro fertilization.

  3. cialis hydroxyzine hcl for insomnia Preserving the military s ability to project power would entail less onerous cuts in ground forces, ships and aircraft, but would lead to cancellation or truncation of many weapons programs and efforts to beef up U buy stromectol pills cheap Lorenzo jWMkNRnikbGUcoPwLju 6 28 2022

  4. If I guess correctly, Douyin will definitely surpass Baidu, and become a player of the same level as Tencent how much does nolvadex increase testosterone Ali in the future buy doxycycline This finding is also supported by the reduced mammary gland MG lobulo alveolar development and proliferative activity observed in TAMc E 2 treated animals compared with MGs from animals treated with E 2 alone

  5. 2、彙聚全球最受欢迎的玩法,也许就是你总能赢的原因,每天都有大量的游戏更新,饭后和老朋友打几局。 扫一扫领福利 微乐鞍山麻将 © zxwt.com.cn All Right Reserved 巴蜀麻将手机版以四川巴蜀地区的麻将玩法为核心,包括了各种大小类型,都可以让人免费体验和上手玩到。独具特色的四川麻将规则,真人录入的四川巴蜀方言语音,为玩家百分百还原线下棋牌室的场景,增加代入感。巴蜀麻将手机游戏更加已操作,简单规则更适合玩家来体验,如果你也喜欢的话,就来下载玩一玩吧。 【极致画面】:全新3D效果,精美画质、唯美逼真,彷如身临其境!  休闲手游排行榜2018:休闲类好玩的手机游戏推荐 2020-12-04 06:24 https://mariopkbq653208.blogpayz.com/14088500/他-也-麻將 四国军棋 在线 相关推荐: 《暗黑破坏神不朽》九头蛇在哪 九头蛇刷新位置攻略 好玩的最新版本的象棋游戏就在象棋暗棋等你来玩,这是一款苹果版的游戏,相信很多苹果玩家已经按捺不住了吧,精彩的象棋对决就在象棋暗棋等你来玩,很多版本的象棋游戏都是安卓手机版本 咨询记录 · 回答于2021-10-04lol下棋怎么玩的下载云顶之弈,然后就可以玩了 MuMu模拟器性能稳定,可在电脑上大屏体验市面99%主流游戏与应用,兼容性超越同类手游安卓模拟器。 无敌的电脑,电脑能让我的司令自己去撞地雷。垃圾游戏   类型:棋牌游戏 暗翻军棋 王者变声器   原有投资者不离不弃,新的产业资本不断进场,赋予了瓴盛科技不断发展的潜能。据了解,瓴盛科技并没有放弃手机芯片市场。其首颗4G 11nm FinFET智能手机芯片已在2021年一次流片成功,2022年有望推出。全球来看,4G手机芯片依然大有用武之地。潜伏5年后,瓴盛科技将再度向手机芯片市场发起挑战。

  6. buy cialis on line Different numbers of sorted basal prostate cells from Rosa26 LTdTomato control or Bmp5 SE SE Rosa 26 LTdTomato were transplanted with UGSM either wild type, ectopically expressing BMP5 or derived from Bmp5 SE SE mice

  7. Играй ротативки безплатно в сайтът с най-голямата колеция от казино игри. Упражни уменията си да печелиш, играейки безплатни казино игри с виртуални пари. Winbet – един от водещите български букмейкъри, който предлага възможност за залози на Спорт, Казино и Казино на Живо. Началният Казино Бонус е в размер на 200% до 1000 лева, а има и Начален Бонус Live Казино – 200% до 200 лева. Ако сте направили залог на кой играч ще отбележи първи гол в мача, гол по всяко време, или последния гол в мача и крайният резултат на този мач е 0-0 Ефбет ви връща залога. Също така, ако избрания от вас играч не е в стартовия състав или не вземе никакво участие в мача, отново залогът ви ще бъде възстановен. http://www.joto.ru/user/i4udzrp368 Началната оферта на букмейкъра bwin за спортни залози е в размер на 222 лв. и представлява 100% от първоначалния депозит. Вижте всички най-нови новини за хазарта, които сме изброили на нашия сайт. Разполагаме с всичко от: спортни залагания, казино, ротативки, бинго и покер. Ние се стремим да бъдем вашето място на едно гише за всички най-нови новини и информация. Bwin предлага голямо разнообразие от онлайн покер игри и турнири. Освен че имат ежедневни игри с кеш маси и над 1 милион долара месечно награди в различни турнири, те предлагат възнаграждаващи игри в покер мисия, които ще помогнат на играчите да спечелят повече пари, като същевременно подобряват уменията си в онлайн покер.

  8. 5.10 Τα μηχανογραφικά συστήματα (προγράμματα) τήρησης των πιο πάνω ηλεκτρονικών αρχείων πρέπει να έχουν άδεια καταλληλότητας από την Ε.Ε.Ε.Π. Δωρεάν Parking Το καλό με την ενιαία τιμή εισόδου στα ελληνικά καζίνο είναι ότι διορθώθηκε μια αδικία. Καζίνο Θέματα Καζίνο kazino 5.11 Το Κλιμάκιο των Εντεταλμένων για τον Έλεγχο Υπαλλήλων της Ε.Ε.Ε.Π. έχει πλήρη πρόσβαση στα ειδικά θεωρημένα βιβλία, καθώς επίσης επιγραμμική (online) σύνδεση και πρόσβαση στα εγκατεστημένα μηχανογραφικά συστήματα τήρησης των πιο πάνω Αρχείων, χωρίς την δυνατότητα εισαγωγής, αλλοίωσης ή διαγραφής στοιχείων. https://murvual.com/discussion/profile/marjoriekellihe/ ΔΕΣ ΤΗΝ ΠΡΟΣΦΟΡΑ* ΕΔΩ Τα σύμβολα που θα συναντήσετε είναι πεταλούδες, πολύχρωμα λουλούδια, ζωύφια και ακρίδες. Μάλιστα, η κίτρινη πεταλούδα είναι το σύμβολο scatter, το οποίο αν εμφανιστεί στους τροχούς σας 3 φορές, τότε τα κέρδη θα πολλαπλασιαστούν x80, ενώ αν πετύχετε το απόλυτο (9/9 κουτάκια) τότε θα πάρετε τα κέρδη σας x200! To ελάχιστο ποντάρισμα στο φρουτάκι butterfly είναι 64 credits δηλαδή 0.64€ και το μέγιστο φτάνει τα 320 credits δηλαδή 3.20€.

  9. สรุปเนื้อหาบทความ: บทความเกี่ยวกับ เช็กสิทธิ์เงินเยียวยาประกันสังคม ม.33, ม.39, ม.40 ผลทบทวนสิทธิ์ … สำนักงานประกันสังคม ได้ทำการลงข้อมูลในระบบได้ครบแล้ว ผู้ประกันตน ม.33, ม.39 และ ม.40 สามารถเข้าตรวจสอบสิทธิ์เยียวยาได้ดังนี้. “นี่จะส่งผลกระทบต่อเมืองขนาดใหญ่ที่อยู่ในพื้นที่ลุ่มและเกาะขนาดเล็กต่าง ๆ”
    https://vadaszapro.eu/user/profile/921227
    หน้าเว็บดูง่าย เล่นง่าย สบายตาดีครับ ฝากถอนง่ายดี ผมถอนมาหลายรอบละ Facebook : sb777fan แทงบอลออนไลน์ ที่ดีมีคุณภาพ เชื่อถือได้ต้องใช้บริการกับเว็บไซต์แทงบอลที่มั่นคงที่นี้ที่เดียว สมัครแทงบอล กับUFABET369 รับสิทธิพิเศษต่างๆ ได้ทันที ฝาก-ถอน รวดเร็ว มั่นคง บริการยอดเยี่ยม Facebook : sb777fan Facebook : sb777fan – แทงขั้นต่ำเพียง 10 บาท สเต็ปเริ่มต้น 2 คู่

  10. Hi, I’m Olivia King, resident editor in chief at NoDeposit365.ca. I source and negotiate the best no deposit bonuses from top online Canadian-facing casinos. I started my casino career within the brick-and-mortar casino space. However, I found a true calling in no deposit casinos, and have not looked back since. While new no deposit bonuses are being released all the time, some bonus offers will require you to use a bonus code. If that’s the case, you can find all of the no deposit casino bonus codes you need in the links we’ve provided. Regardless of whether a code is needed, almost all offers come with wagering requirements. This means you’ll have to rollover your bonus balance or bonus winnings from Free Spins a certain number of times before they can be withdrawn.
    https://healthgazettezone.com/community/profile/lethamccoin587/
    If you are using VPN or a proxy server, try to turn it off and reload the page. Want to get more new offers from licensed casinos? Existing players can enjoy an array of bonus offers from the casino. Besides the cashback VIP bonus, regular patrons can also claim any King Billy Casino no deposit codes 2022. Players can go for King Billy Casino free spins no deposit bonuses if there are no deposit сodes offers for King Billy Casino. King Billy Casino has a security system with the latest SSL encryption standards and 128-bit data protection. Not only that, but their website is also Https secured which means that your personal information will always be protected. Moreover, it’s been acquired by CryptoLogic in 2017, registered in Curacao and operates under the jurisdiction of the laws of Curacao. Generally speaking, King Billy Casino is highly committed to player protection.

  11. Comprehensive side effect and adverse reaction information. Actual trends of drug.
    https://stromectolst.com/# ivermectin over the counter canada
    Drugs information sheet. Comprehensive side effect and adverse reaction information.

  12. Green Gaming ist unsere preisgekrönte Methode, mithilfe derer wir unsere Spieler dabei unterstützen, eine positive und nachhaltige Spiel-Erfahrung sicherzustellen. Mit der Hilfe unseres innovativen Green Gaming Tools sind unsere Spieler in der Lage, ihr Spielverhalten zu analysieren und zu bewerten, ob sie gesund oder risikofreudig agieren. Unser Tool enthält einen simplen Multiple-Choice-Test zur Selbsteinschätzung. Die Testergebnisse kombinieren wir mit den individuellen Spielerdaten unserer Kunden und errechnen so ein Verhaltensprofil. Anschließend nutzen wir diese Daten, um unseren Spielern maßgeschneiderte Empfehlungen anbieten zu können. Hallo Jan,vielen Dank, dass Sie sich die Zeit genommen haben, uns Feedback zu hinterlassen.Es tut mir sehr leid zu hören, dass Sie Anlass für eine negative Bewertung haben. Ich versichere Ihnen, dass wir Konten nicht ohne Grund sperren – um weitere Informationen erhalten zu können, würde ich Sie bitten unseren 24/7 Live-Chat zu kontaktieren, da wir hier leider keine Account-spezifischen Angelegenheiten diskutieren können.Freundliche GrüßeIhr MrGreen Kundendienst
    https://extra-wiki.win/index.php?title=Kostenlos_roulette_online_spielen
    Kostenlose Spiele von Novoline machen es möglich, die Slots in vollen Zügen zu genießen, zu testen und für sich selbst zu entscheiden, ob der Slot gefällt oder nicht. Zudem ermöglichen die Kostenlosen Spiele dem Spieler auch, eine Spielstrategie zu definieren und das Gameplay von der Pike auf zu lernen. Entwickelt werden die Novoline Slots von Greentube und wenn der Spieler in einem Novoline Online Casino spielt, dann ist die gratis Ausgabe dasselbe Spiel, als im Echtgeldmodus. Eine bessere Möglichkeit gibt es wohl kaum, sich für das Spiel mit Geldeinsatz vorzubereiten, oder?! Wie oft hast du schon Spielautomaten erlebt, in denen es ums Mittelalter geht? Nahezu jede… Der RTP vom Wings of Riches Slot liegt bei 96,63%. Ein mittlerer Wert in Sachen Slot Spiele. Durchaus gibt es Spiele, die einen weit schlechteren Wert haben. Wie immer gilt zu bedenken, dass der RTP-Wert allein nicht viel aussagt. Niemand weiß wirklich, wann der Zufallsgenerator zuschlägt.

  13. Medscape Drugs & Diseases. safe and effective drugs are available.
    ivermectin topical
    Everything what you want to know about pills. Everything what you want to know about pills.

  14. Aucune photo de Supermarchés Casino – Ploudalmezeau pour le moment, ajoutez une photo. box24 casino reviewGlückspiel- und Gaming-Firmen werden in der Krise aktivWährend der Corona-Krise unterstützt nicht nur die Gauselmann Gruppe karitative Projekte.francs ont été versés dans les caisses de l’État.CHF (environEnviron 80 millions deEnviron 80 millions deLes devises étrangères proviennent principalement des pays voisins, a poursuivi Frommelt.au casino Une question sur un produit, une demande sur le magasin Casino supermarché Ploudalmezeau ? Nos téléconseillers sont à votre écoute… Aucun bénéficiaire n’est disponible pour cette entreprise. Traitement en cours… Épicerie / Épicerie 29 (Finistère) / Épicerie Ploudalmézeau
    https://dnfmaps.com/community/profile/sheliasizemore/
    Les casinos en ligne fiables proposent généralement des bonus moins importants que d’autres établissements. Pour ces derniers, les bonus de bienvenue peuvent grimper jusqu’à 2000€ alors que la moyenne des bonus pour les établissements honnêtes s’établit autour de 200€. Mais finalement vous serez sans doute gagnant si vous optez pour un casino fiable car vous serez assurez de toucher vos gains là où vous risquez de batailler avec un établissement moins recommandable. Étant donné qu’il n’y a qu’une seule promotion claire sur Refuel Casino, l’obtenir devient un exploit vraiment facile. Tout ce que vous avez à faire pour mettre la main sur le bonus de Refuel Casino est d’attendre le lundi, car c’est à ce moment-là que le bonus de cashback est accordé. Découvrez-en plus sur ce dernier dans la section consacrée de cette revue !

  15. Definitive journal of drugs and therapeutics. Some are medicines that help people when doctors prescribe.
    https://lisinopril.science/# prinivil lisinopril
    Get warning information here. drug information and news for professionals and consumers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Periksa Juga
Close
Back to top button