Berita

Menguak Teka-Teki Tanah Sengketa Labuan Bajo-Sisi Tilik Dokumen Tanah

Pada Kamis, 14 Januari 2021, terdapat 16 orang dinyatakan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT. Melalui beberapa kali pemeriksaan para saksi, Kejati akhirnya memutuskan bahwa 16 orang ini dijadikan tersangka dalam kasus tanah Karanga, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo dengan dugaan melakukan korupsi pengalihan asset daerah (Pos Kupang, 15 Januari 2021).

Oleh penasihat hukum Bupati Manggarai Barat, Antonius Ali, S.H, M.H, keputusan Kejati NTT dinilai terlalu tergesa-gesa dan prematur menetapkan kliennya Agustinus Ch. Dula ini sebagai tersangka. Alasan Antonius masuk akal, asset Pemda yang disengekatakan oleh Kejati masih bersifat pengadaan dan belum menjadi asset ril Pemerintah daerah Manggarai Barat (Mabar).

Baca juga : Prof. Dr. Berthold Antonius Pareira O.Carm: Selamat Jalan Elia dari Timur

Artikel ini ditulis untuk memberikan pencerahan yang berimbang atas duduk soal (status quaestionis) kasus ini sehingga opini yang berkembang pada public memiliki dasar-dasar rasional berbasis dokumen-dokumen sah. Dokumen-dokumen dimaksud adalah surat-surat penting yang berkaitan dengan proses pengurusan tanah dimaksud. Studi dokumen historis adalah metode yang kami pakai dalam penelusuran kasus ini.

1 2 3Laman berikutnya

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button