Agama

Membangun Kerukunan Sosial (Antar Agama) dari Perspektif Katolik

Kanisius Teobaldus Deki, S.Fil. M.Th

Pendahuluan
Dalam hal agama dan aliran kepercayaan, Negara Indonesia sangat plural. Pluralitas keyakinan ini dilandasi oleh Pancasila dan UUD 1945 yang sangat mengedepankan kebebasan memeluk agama bagi setiap warganya. Negara Indonesia juga mengakui fakta pluralisme agama dalam masyarakat Indonesia. Dan negara menjamin kebebasan setiap warga negara untuk memeluk agama dan menjalankan ibadat menurut agama dan kepercayaannya. Pengakuan ini dieksplisitkan dalam sila pertama Pancasila, “Ketuhanan Yang Mahaesa” dan dalam Pembukaan UUD 1945 Pasal 29 ayat 1 dan 2. Pengakuan akan adanya Tuhan ini memberi landasan bagi pengakuan akan pluralisme agama dan kepercayaan, dan pengakuan akan kebebasan dalam menganut agama dan menjalankan ibadah bagi setiap warga negara.

Sejak semula, para foundator bangsa telah mengantar kita kepada pemahaman akan kerukunan antara umat beragama dan penghargaan akan perbedaan sebagai kekayaan. Dalam UUD pasal 29 ayat 1 dan 2 dikatakan: “Negara berdasarkan atas ketuhanan yang Maha Esa (ayat 1) dan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu (ayat 2). Rumusan-rumusan di atas menunjukkan bahwa di negeri ini semua agama berkedudukan sama di mata hukum. Maka, pemerintah dan negara berperan penting untuk menjamin agar hak warga negara berkaitan dengan kebebasan beragama dan kebebasan menjalankan ibadat tidak ditindas dan dihalangi oleh kelompok lain.

Menanggapi fakta keberagaman ini, dan begitu banyak persoalan yang ditimbulkan konflik antaragama, bagaimana perspektif Katolik membentuk kehidupan bersama yang mengaraskan diri pada peciptaan kehidupan yang rukun, harmonis dan damai? Bagimana perspektif Katolik menciptakan tatanan kehidupan sosial yang saling menghargai dalam kehidupan yang dialogis? Inilah pertanyaan-pertanyaan yang dapat diajukan dalam kerangka mencari dasar filosofis, teologis dan sosiologis serta praktis dalam membangun kehidupan bersama di tengah masyarakat.

Pandangan Kitab Suci
Bangsa Israel sejak awal telah hidup bersama dengan bangsa lain. Bahkan pluralitas menjadi kenyataan mereka tatkala mereka tinggal dan hidup bersama dengan bangsa Mesir dan sekitarnya. Teks-teks berikut bisa mewakili keyakinan umat Perjanjian Lama tentang kehidupan bersama yang dilumuri fakta penghargaan akan pluralitas.
Kitab Imamat 19:18: “Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang- orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah TUHAN.” Kitab Amsal 25:21 “Jikalau seterumu lapar, berilah dia makan roti, dan jikalau ia dahaga, berilah dia minum air.”

Kitab Ulangan 10:18: “Ia membela hak para janda dan yatim dan menunjukkan kasih-Nya kepada orang asing dengan memberikan makanan dan pakaian kepada mereka.” Bahkan Ulangan 27:19 menulis: “Terkutuklah orang yang memperkosa hak orang asing, anak yatim dan janda. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!”

Jelang kehidupan-Nya di dunia berakhir, Yesus memberikan kepada para murid-Nya apa yang Dia sebut “perintah baru” (Yoh 13:34). Diulangi tiga kali, perintah itu sederhana namun sulit: “Saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu” (Yoh 15:12). Ajaran untuk saling mengasihi telah menjadi ajaran sentral dari pelayanan Juruselamat. Perintah besar kedua adalah “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” (Mat 22:39). Yesus bahkan mengajarkan, “Kasihilah musuhmu” (Mat 5:44).

Untuk bisa mengasihi sesama, kasih itu mengalir dari kasih kepada Allah. Matius 22: 17-18 berkata, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama”. Ya, mengasihi Allah berarti mencintai hal-hal yang dicintainya. Ulangan 10:18 memberitahu kita bahwa Allah ‘memberikan keadilan bagi anak yari kasih tim dan janda, dan mencintai orang asing, memberinya makanan dan pakaian’. Yesus mengajak kita untuk mengasihi orang asing, termasuk mereka yang berbeda dengan kita.

Yesus menasehati: “Kasihilah sesamamu sebagaimana kamu mengasihi dirimu sendiri”. Nasihat ini disampaikan Yesus dengan mengisahkan kebaikan seorang Samaria saat menolong seorang pria yang terkujur tak berdaya di tengah jalan (Lukas 10: 30-36). Yesus mengajarkan kita bahwa orang-orang di sekitar kita adalah sesama kita, bukan musuh. Jadi, berbuat baiklah kepada siapapun yang memerlukan pertolongan.
Selain itu, Yesus bersabda: “Perbuatlah kepada orang lain seperti apa yang ingin mereka perbuat kepadamu”. Pernyataan ini disebut juga the golden way (jalan emas). Matius 7: 12 mengatakan bahwa apapun yang kita ingin orang lain lakukan untuk kita, lakukan jugalah kepada mereka. Yesus tidak mengatakan agar kita sengaja melakukan beberapa hal untuk orang lain demi mendapatkan perlakuan yang sama. Tetapi Yesus lebih menekankan agar kita melakukan sesuatu yang pantas kita lakukan kepada orang lain.
Hal terberat dalam kehidupan adalah bagaimana mengasihi orang yang telah berbuat jahat kepada kita. Tetapi Yesus bersabda: ”Kasihilah musuhmu”.

Dalam Matius 5: 43-48 dijelaskan tentang bagaimana kita harus mengasihi musuh kita dan lebih memilih untuk berdoa untuk keselamatan mereka. Kita hanya melakukan hal yang sia-sia apabila kita hanya membalas kebaikan dengan kebaikan. Oleh karena itu, kita harus meneladani Yesus yang telah menunjukkan kasih-Nya bagi kita orang berdosa. Kristus telah mati bagi kita untuk dapat diperdamaikan dengan Allah.

Orang yang berhasil mengasihi adalah orang sedang berjalan di jalan Tuhan. Jauhkahlah dirimu dari sikap mementingkan diri sendiri dan mengarah pada kepedulian kepada orang lain. Sama seperti Yesus yang telah meninggalkan tahta kerajaan-Nya demi menjadi serupa dengan manusia (Filipi 2: 4-8). Kerendahan hati diperlukan pengikut-pengikut Yesus untuk mampu mengerjakan pekerjaan Yesus di dunia, yakni menjadi hamba untuk melayani orang lain.


Surat Roma 12:20: “Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.” Surat Roma 12:21. “Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalah kanlah kejahatan dengan kebaikan!”

Dialog Antar Agama Dalam Dokumen Gereja
Gereja Katolik sangat menaruh perhatian kepada kerukunan hidup antar umat beragama. Hal itu dapat kita baca dalam dokumen – dokumen Gereja secara khusus dalam Konsili Vatikan II. Dokumen Pernyataan tentang hubungan Gereja dengan Agama – Agama bukan Kristen (Nostrae Aetate) menyatakan pada pendahuluan bahwa: “Semua bangsa merupakan satu masyarakat, mempunyai satu asal, sebab Allah menghendaki segenap umat manusia mendiami seluruh muka bumi. Semua juga mempunyai satu tujuan terakhir yakni Allah, yang yang menyelenggarkan”. Selain dari pada itu dokumen pernyataan tentang kebebasan beragama (Dignitatis Humanae), no. 6: “Pada hakekatnya termasuk tugas setiap kuasa sipil: melindungi dan mengembangkan hak-hak manusia yang tak dapat diganggu-gugat. Maka kuasa sipil wajib melalui hukum-hukum yang adil serta upaya-upaya lainnya yang sesuai, secara berhasil-guna menanggung perlindungan kebebasan beragama semua warga negara dan menciptakan kondisi-kondisi yang menguntungkan dan mengembangkan hidup keagamaan”.

Konsili Vatikan II dapat dikatakan sebagai titik tolak dari hidup Gereja yang dialogis. Ini tidak berarti bahwa sebelumnya Gereja sangat tidak dialogis. Dialog sebagaimana yang dicetuskan oleh Konsili Vatikan II mempunyai akar pada Tradisi hidup Gereja. Sikap dialogis Gereja sebelum Konsili Vatikan II tampak dalam kesaksian para Bapa Gereja, para misionaris, dan ajaran para paus masa lampau yang menunjukkan sikap positif terhadap agama-agama lain. Memang ajaran yang menunjukkan sikap positif terhadap agama-agama lain itu bersifat sporadis, tersebar, dan kurang menjadi sikap dasar yang menonjol. Sikap Gereja seringkali kebalikannya, yakni eklusivisme, triumphalisme, dan sebagainya. Akibatnya Gereja sebelum Konsili Vatikan II tampak tertutup dan kurang memandang positif agama-agama.


Angin segar yang ditiupkan oleh Konsili Vatikan II membuat dialog umat beragama menjadi unsur integral dalam perutusan Gereja. Dalam dokumen-dokumen Konsili dan post Konsili Vatikan II, dialog agama menempati posisi penting. Redemptoris Missio 55 menyatakan bahwa dialog antar agama merupakan bagian dari misi penginjilan Gereja; dialog tidak bertentangan dengan tugas perutusan Gereja.
Dialog merupakan bentuk tugas perutusan yang otentik. Bersama dengan pewartaan yang merupakan komunikasi pesan Injil, dialog dengan cara dan kedudukannya sendiri, menjadi unsur penentu dari kegiatan perutusan Gereja. Dialog dan pewartaan diarahkan untuk mengkomunikasikan kebenaran yang menyelamatkan kepada semua orang.

Melihat tempat dialog dalam keseluruhan tugas perutusan Gereja, siapakah yang berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam dialog? Paus Yohanes Paulus II (alm.) menegaskan bahwa Gereja Lokal-lah yang pertama-tama harus memiliki komitmen untuk membangun dialog dengan umat beragama lain di tempatnya masing-masing. Tidak ada Gereja Lokal satu pun yang dapat menghindarkan diri dari kewajiban ini. Sejauh tanggung jawab dialog ada pada Gereja Lokal, maka umat beriman sendiri yang harus terlibat dalam dialog agama-agama.
Masa depan dialog agama-agama pertama-tama terletak pada kaum awam. Ini berarti dibutuhkan barisan imam yang tangguh, yang tahu mendampingi kaum awam sebagai saudara-saudara seiman, yang ada di tengah-tengah umat sebagai orang-orang yang sungguh beriman. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang memiliki amanat perutusan untuk menjalin kerja sama dan berdialog dengan sesamanya dari agama-agama lain guna meningkatkan kesejahteraan sosial dan kehidupan masyarakat sekitarnya (Apostolicam Actuositatem 14). Perhatian khusus harus diberikan kepada kaum muda yang hidup dalam masyarakat yang pluralistis ini.


Demikian juga dalam KHK 1983, kan. 748, ditegaskan bahwa: “Semua orang wajib mencari kebenaran dalam hal-hal yang menyangkut Allah dan Gereja-Nya, dan berdasarkan hukum Ilahi mereka wajib dan berhak memeluk dan memelihara kebenaran yang mereka kenal”. Selain itu, “tak seorang pun boleh memaksa orang untuk memeluk iman katolik melawan hati nuraninya”. Bagaimana relevansinya kanon ini dalam membangun kerukunan hidup antar umat beragama? Dalam alam kebebasan itu manusia dapat menentukan imannya berdasarkan hati nuraninya yang bebas dari segala paksaan dan tekanan. Semua usaha manusia dalam mencari Allah yang diimaninya akan terwujud sebuah perdamaian jika diiringi dengan praktek hidup sehari-hari dalam dialog antar umat beragama.

Bentuk-bentuk Dialog yang Dapat Dikembangkan
Kongregasi Evangelisasi Bangsa-bangsa dan Dewan Kepausan Untuk Dialog Antaragama mengeluarkan dokumen dengan judul Dialog dan Pewartaan. Dalam dokumen ini dinyatakan bentuk-bentuk dialog (art. 42) sbb:

a) Dialog Kehidupan
Dialog ini diperuntukkan bagi semua orang dan merupakan level dialog yang paling mendasar. Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat yang plural dialog kehidpan ini sangat dibutuhkan. Aneka pengalaman, entah suka maupun duka, gembira maupun sedih dialami bersama. Dalam tingkatan dialog ini manusia dari setiap agama hidup dan bekerja sama, dan setiap orang memperkaya dirinya dengan pengantaraan mengamati. Dialog kehidupan memang sudah terlaksana dalam masyarakat Indonesia, seperti silahturahmi pada hari raya, kerja bakti membersihkan lingkungan, dan sebagainya.

b) Dialog Karya
Yang dimaksudkan dengan dialog karya adalah kerja sama yag lebih intens dan mendalam dengan penganut-penganut agama lain. Sasaran yang hendak diraih yakni pembangunan dan peningkatan martabat mausia. Bentuk dialog ini kerap berlangsung dalam kerangka kerja sama organisasi-organisasi internasional maupun nasional di mana agama-agama bersama-sama menghadapi masalah dunia. Jadi pelbagai macam pemeluk agama dapat melaksanakan proyek-proyek pembangunan dalam meningkatkan kehidupan keluarga dan nilai-nilainya, membantu rakyat dari kemiskinan, dan proyek-proyek kemanusiaan lainnya. Gereja secara konkret dan resmi terlibat dalam dialog karya ini. Sekurang-kurangnya ada dua sekretariat yang pelaksanaan kerjanya meminta kerja sama dengan penganut agama lain. Dua sekretariat itu adalah; The Pontifical commission for Justice and Peace dan Dewan Kepausan Cor Unum. Gereja juga mendesak umatnya untuk mengusahakan dialog karya, sebuah dialog yang ditumpukkan tidak pada agama melainkan pada kerja sama dalam kaya-karya.

c) Dialog Pandangan Teologis
Dialog ini dikhususkan bagi para teolog atau siapa saja yang mempunyai kemampuan untuk itu. Dalam dialog ini orang diajak menggumuli, memperdalam dan memperkaya warisan-warisan keagamaan masing-masing. Dialog semacam ini jelas membutuhkan visi yang mantap. Dalam dialog pandangan teologis tidak boleh ada pretensi, kecuali untuk saling memahami pandangan teologis masing-masing agama dan penghargaan terhadap nilai-nilai rohani masing-masing.

d) Dialog Pengalaman Iman
Dialog ini dimaksudkan untuk saling memperkaya dan memajukan penghayatan nilai-nilai tertinggi dan cita-cita rohani masing-masing pribadi. Dalam dialog ini, pribadi-pribadi yang berakar dalam tradisi keagamaan masing-masing berbagi pengalaman doa, kontemplasi, dan meditasi, bahkan pengalaman iman dalam arti yang lebih mendalam.

Tantangan-tantangan dalam Usaha Membangun Dialog Antar Agama
Melihat bentuk-bentuk dialog sebagaimana disebutkan di atas, dapat kita ketahui bahwa tidaklah setiap dialog cocok bagi setiap orang atau setiap situasi. Tiap bentuk dialog mempunyai pelaku, tempat, dan waktunya. Dialog agama adalah suatu hal yang tidak mudah dijalankan. Dialog selalu mengandaikan adanya keterbukaan dari tiap-tiap pihak yang berdialog. Dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman akan agama yang seimbang. Dialog tidak akan berjalan apabila muncul faktor-faktor sosial politik, dan beban ingatan traumatis akan konflik sejarah, pemahaman yang salah tentang agama lain, sikap merasa diri paling sempurna yang memunculkan sikap agresif dan defensif, permasalahan zaman ini seperti materialisme, sekularisme, sikap acuh tak acuh terhadap kehidupan beragama, dan munculnya sekte-sekte fundamentalis, juga sikap tidak toleran yang kerap kali diperparah oleh faktor politik, ekonomi, ras, etnis, dan aneka kesenjangan lainnya.

Dalam dialog karya terkadang bantuan kemanusiaan dicurigai sebagai bentuk proseletisme. Dialog kehidupan seperti silahturahmi pada hari raya kadang tidak berjalan karena adanya golongan agama yang ‘mengharamkan’ kelompok lain yang tidak seagama. Dalam dialog pengalaman iman harus dihindari sikap yang menjurus pada sinkretisme, ada pun dialog pandangan teologis hendaknya dilakukan oleh orang yang ahli. Di dalamnya butuh kesabaran mendengarkan orang lain yang menyampaikan ajaran agama yang berbeda dengan ajaran agamanya sendiri.

Penutup
Walaupun terdapat sejumlah tantangan dalam membangun dialog antar agama, keterlibatan Gereja dalam membangun dialog harus tetap kokoh dan tidak goyah. Disadari bahwa untuk menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat plural, dialog merupakan salah satu unsur esensial. Gereja Indonesia telah mencetuskan dirinya sebagai Gereja Abdi, yang digunakan Tuhan untuk membangun kerajaanNya. Kerajaan itu dipercaya mulai tumbuh dalam masyrakat, karenanya Gereja melayani, menyambut baik, mendukung dan ikut terlibat memajukan dialog yang bertujuan merukunkan kaum beriman. Kendati menyusuri lorong gelap, Gereja harus berjuang merealisasi perannya sebagai tanda dan sarana keselamatan bagi semua dengan terus berusaha menjalin dialog membangun Kerajaan Allah. Sebuah panggilan yang mendesak dilaksanakan, meskipun tidak gampang.

Dialog kristiani berlandaskan kasih. Kasihlah yang harus menyata pada pola pikir, pola berbahasa dan pola tindak. Dengan kasih sebagai bahasa universal dan laku setiap manusia akan menciptakan tatanan kehidupan yang dikehendaki Allah.


Referensi:

Alkitab. Jakarta: LBI, 2001.

Dokumen Konsili Vatikan II , ter. R. Hardawiryana, SJ, Dokpen KWI, Jakarta: Obor, 1993.

Ignatius Haryanto dan Pax Benedanto, Terbuka terhadap Sesama Umat Beragama: Aktualisasi Ajaran Sosial Gereja tentang Agama yang Inklusif, Komisi Kerawam KWI, Jakarta: Kanisius, 2004.

Jacques Dupuis, A Theological Commentary: Dialog and Proclamation. New York: Orbis Book, 1993.

Kampschulle, Theodore, Situasi HAM di Indonesia: Kebebasan Beragama dan Aksi Kekerasan, Mission, (tanpa tahun).

Kirchberger Georg, Dialog dan Pewartaan. Maumere: LPBAJ, 1999.

Kitab Hukum Kanonik. Jakarta: Obor, 1992.

Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bngsa dan Dewan Kepausan Untuk Dialog Antaragama, Dialog dan Pewartaan-Refleksi dan Orientasi Mengenai Dialog Antaragama dan Pewartaan Injil Yesus Kristus. Maumere: LPBAJ, 1991.

Sumartana, Th., dkk, Pluralisme, Konflik dan Pendidikan Agama di Indonesia, Yogyakarta: Intefidei, 2001.

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

276 Komentar

  1. Dari artikel diatas saya bisa mengikuti bagaimana ajaran Allah kepada manusia tentang agama dan aliran kepercayaan, pengajaran tentang kerukunan antar umat beragama, tentang penghargaan akan perbedaan sebagai kekayaan supaya kita sesama manusia bisa saling menghargai, tentang kehidupan bersama dalam masyarakat ,tidak boleh balas dendam antar umat manusia , saling mengasihi, dan harus saling menolong satu sama lain.

  2. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hubungan dengan agama menyatakan bahwa semua bangsa merupakan satu masyarakat,mempunyai satu asal, sebab Allah menghendaki segenap umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi ini.Semuanya juga mempunyai tujuan akhir yang sama yaitu Allah.
    Didalam kehidupan beragama kerap kali muncul konflik antar beragama tetapi itu bukan suatu alasan untuk kita sebagai umat kristiani untuk saling membenci,sebab Firman Tuhan berkata”kasihanilah musuhmu sama seperti engkau mengasihi dirimu sendiri”
    Didalam kehidupan beragama sangat diperlukan untuk saling berdialog dan tentunya penting dibangun ditengah-tengah dunia dengan kita melakukan pewartaan Injili.Seperti yang sudah dicetuskan oleh Konsili Vatikan II yaitu mempunyai akar Tradisi Hidup Gereja.Guna untuk saling menciptakan kondisi yang saling menguntungkan dalam hidup keagamaan..
    Saya mengajak teman-teman semua untuk selalu mengikuti pewartaan Injil dalam kehidupan beragama..

  3. Dalam artikel di atas menjelaskan kepada kita bahwa kita sebagai warga negara Indonesia yang memiliki beberapa agama.Dengan kita harus menjalankan ibadah dan menurut Agama dan kepercayaan kita masing-masing.Maka,kita sebagai kaum muda harus selalu berpartisipasi dalam kegiatan gereja karena jika kita selalu ikut berpartisipasi tersebut dengan sendirinya akan muncul pengalaman-pengalaman hidup di dalam gereja
    Dalam hidup berkelompok agama yang berbeda,kita tidak boleh menerapkan sikap tidak saling menghormati satu sama lain.oleh karena itu,kita sebagai kaum muda harus selalu menerapkan sikap rukun, harmonis,dan damai meskipun kita berbeda agama dalam sebuah lingkungan kelompok tersebut.

  4. Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat yang plural dialog kehidpan ini sangat dibutuhkan. Aneka pengalaman, entah suka maupun duka, gembira maupun sedih dialami bersama.

  5. veronikaggaus@stiekarya.ac.id
    Dari artikel diatas, kita dapat mengetahui perbedaan bukanlah sebuah permasalahan bagi kita. Apalagi permasalahan yang menyangkut agama, kita di berikan kebebasan untuk memilih atau memeluk agama sesuai dengan iman dan kepercayaan kita masing-masing, karena tujuan akhir kita semua itu sama, yaitu ALLAH.

  6. Dengan adanya Agama kita di ajarkan untuk berbuat baik terhadap sesama, dan dianugerahi setiap individu memilki hak untuk menentukan agama dan kepercayaannya atas dasar keinginan setiap orang maka dari itu kita saling jaga derajat dan martabat sesama manusia.Ada beberapa banyak agama yang ada di Indonesia dan banyak tantangan yang terjadi di dalam agma tersebut.Dialog dalam beragama harus tetap kokoh dan tidak goyah.Kita sebagai umat kristiani harus saling menjaga satu sama lain dalam umat beragama.

  7. Dalam alam kebebasan itu manusia dapat menentukan imannya berdasarkan hati nuraninya yang bebas dari segala paksaan dan tekanan. Semua usaha manusia dalam mencari Allah yang diimaninya akan terwujud sebuah perdamaian jika diiringi dengan praktek hidup sehari-hari dalam dialog antar umat beragama.

  8. Menurut pendapat saya tentang Artikel diatas Adalah mengedepankan kebebasan memeluk Agama bagi setiap warganya.Dalam negara menjaminkan kebebasan setiap warga negara untuk memeluk Agama dan menjalankan ibadat menurut Agama dan kepercayaan,kerukunan antarumat beragama,dan penghargaan akan perbedaan sebagai kehidupan bersama dalam masyarakat untuk saling mengasihi antarumat beragama.

  9. Dari artikel diatas kita dapat menyimpulkab bahwa agama dapat memeberika plajaran dan mampu menyatukan kesamaan kita,bahwa manusia sama dihadapan Allah tampa ada perbrdaan enta dia kaya ataupun miskin

  10. Dari artikel ini menjelaskan kepada kita bahwa didalam kehidupan beragama sangat diperlukan untuk saling berdialog antara agama yang satu dengan yang lain, seperti yang sudah dicetuskan oleh konsili Vatikan II yaitu mempunyai akar tradisi hidup gereja.guna untuk saling menciptakan kondisi yang saling menguntungkan dalam beragama. Yang berarti dalam hidup berkelompok agama yang berbeda kita tidak boleh menerapkan sikap tidak saling menghormati melainkan kita sebagai kaum muda harus saling harmonis, dan saling menjaga agama masing-masing.

  11. Dari artikel diatas menjelaskan negara Indonesia mengakui fakta pluralisme agama dalam masyarakat Indonesia dan negara menjamin kebebasan setiap warga negara untuk memeluk agama dan menjalankan ibadat menurut agama dan kepercayaannya.
    Karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang beradab dan bangsa yang rukun serta saling menghargai dan menghormati kalau hal ini dipraktekkan dan di pahami dengan benar di bangsa Indonesia maka kerukunan umat beragama itu akan terlaksana dengan benar dan tidak akan terjadi konflik di antara umat beragama.

  12. Dalam artikel diatas menunjukan bahwa,
    Kita sebagai kaum muda harus berpartisipasi dalam kegiatan gereja tersebut. Dengan sendirinya akan munculnya pengalaman- pengalaman hidup dalam gereja.dalam hidup agama berbeda kita tidak boleh menerapkan sikap tidak saling menghormati satu sama lain. Oleh karena itu, kita sebagai anak muda harus menerapkan sikap harmonis,rukun, saling membantu dan damai meskipun kita berbeda agama dalam sebuah lingkungan kelompok tersebut.

  13. Dalam artikel di atas menjelaskan bahwa dalam ajaran agama mengajarkan tentang persaudaraan, cinta kasih,saling menolong satu dengan yang lain. Dan perbedaan bukanlah suatu masalah dalam menjalankan hubungan persaudaraan.dan setiap individu memiliki hak dasar atas kepercayaan atau keyakinan yang di anut.dan sebagai umat katolik, kita disarankan untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah.

  14. Dari artikel di atas ,kita dapat memahami tentang agama .Bahwa agama itu sangat lah penting bagi kita.karena dengan adanya agama kita dituntut untu saling berbuat baik ,saling menghargai sesama manusia .

  15. Pada artikel diatas kita mengetahui bahwa kita sebagai warga negara indonesia wajib mengendepankan kebebasan memeluk agama bagi setiap warga negara seperti yang tercantum dalam pancasila sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa,kita menganut agama kita masing masing Dan patut berdoa sesuai kepercayaan masing masing. Dan pada artikel ini juga mengajak kita semua untuk saling memahami akan kerukunan antara umat beragama dan penghargaan akan perbedaan sebagai kekayaan,, kita diharapkan untuk saling membentuk kehidupan bersama yang mengaraskan diri pada penciptaan kehidupan yang rukun, harmonis, dan damai.

  16. Dari artikel diatas di jelaskan bahwa negara kita Indonesia sangat prular dalam hal agama dan kepercayaan.maka dari itu meskipun kita beda agama kita harus saling menolong dan saling mengasihi satu sama lain.meskipun sering terjadi masalah antar agama kita sebagai pengikut yesus diajarkan untuk berbuat baik kepada sesama tanpa mengharapkan imbalan dan tidak boleh membalas dendam kepada orang lain(musuh).

  17. Dari artikel di atas dapat disimpulkan tentang memahami tentang ajaran agama. Bahwa agama itu sangat penting bagi kita. Karena dengan ajaran agama kita dapat berbuat baik dengan sesama manusia.

  18. Menurut pendapat saya tentang artikel diatas kita sebagia masyarakat indonesia bebas menganut agama menurut keyakina dan kepercayan kita sediri tampa paksan dari orang lain.
    Dan juga saling memperkaya dan memajukan nilai cita cita rohani masing masing peribadi
    Kita juga harus saling menghargai sesama, dan membantu orang yang membutukan bantuan.

  19. Dari artikel diatas nampak jelas bahwa agama Katolik mengakui umat agama lain bukan hanya sebagai teman, tetapi sebagai saudara dan menaruh hormat yang tinggi terhadap agama agama lain. Seperti yang diperintahkan Yesus kepada manusia bahwa kasihilah sesamamu manusia, seperti engkau mengasihi dirimu sendiri.

  20. Dari artikel di atas menjelaskan kepada kami bagaimana kita harus mengasihi musuh kita,cara yang baik dari artikel di atas ialah dengan cara berdoa untuk keselamatan Mereka buka dengan cara membalaskannya dengan kejahatan.Dari artikel tersebut juga mengajarkan kepada kami untuk tidak mementingkan diri sendiri,tetapi mengarah kepada kepedulian orang lain,dan harus saling tolong menolong,dan artikel tersebut juga mengajarkan kepada kami kerja sama dengan penganut-penganut agama lain.Artikel tersebut juga menjelaskan bahwa dalam ajaran agama mengajarkan tentang persaudaraan,cinta kasih,dan saling tolong menolong.Meskipun kita berbeda agama kita tetap harus saling mengasihi dan saling tolong menolong

  21. Dari artikel di atas,kita dapat memahami tentang bagaimana kita berdialog antara agama.
    Paus Yohanes Paulus II (alm.) menegaskan bahwa Gereja Lokal-lah yang pertama-tama harus memiliki komitmen untuk membangun dialog dengan umat beragama lain di tempatnya masing-masing. Tidak ada Gereja Lokal satu pun yang dapat menghindarkan diri dari kewajiban ini. Sejauh tanggung jawab dialog ada pada Gereja Lokal, maka umat beriman sendiri yang harus terlibat dalam dialog agama-agama.

  22. Dari Artikel di atas saya dapat memahami tentang ajaran Allah kepada manusia tentang agama dan aliran kepercayaan, pengajaran tentang kerukunan antar umat beragama,dan meskipun kita beda agama kita harus saling menolong dan saling mengasihi satu sama lain.

  23. Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa kita harus saling tolong menolong kepada siapapun dan juga harus menghargai walau beda agama
    Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang memiliki amanat perutusan untuk menjalin kerja sama dan berdialog dengan sesamanya dari agama-agama lain guna meningkatkan kesejahteraan sosial dan kehidupan masyarakat sekitarnya.

  24. Dari artikel di atas saya bisa mengetahui/Memahami:agama dalam masyarakat Indonesia.Dan negara untuk memeluk agama dan menjalankan ibadat menurut agama dan kepercayaannya. Oleh karena itu, Katolik membentuk kehidupan bersama yang mengaraskan diri pada peciptaan kehidupan. Dalam Matius 5: 43-48 dijelaskan tentang bagaimana kita harus mengasihi musuh kita dan lebih memilih untuk berdoa untuk keselamatan mereka. Kita hanya melakukan hal yang sia-sia apabila kita hanya membalas kebaikan dengan kebaikan. Oleh karena itu,Orang yang berhasil mengasihi adalah orang sedang berjalan di jalan Tuhan. Jauhkahlah dirimu dari sikap mementingkan diri sendiri dan mengarah pada kepedulian kepada orang lain. Manusia di ciptakan oleh Tuhan untuk saling melengkapi jadi, manusia tidak boleh egois, setiap manusia harus saling membantu. pemahaman yang salah tentang agama lain adalah sikap merasa diri paling sempurna, hindari segala kesombongan yang ada dalam diri sendiri.

  25. Dari artikel diatas mengajarkan kita Bagaimana membangun kerukunan Hidup
    Umat beragama,dalam alam kebebasan itu
    Kita sebagai manusia dapat menentukan imanya berdasarkan hati Nuraninya yang bebas dari segala paksaan dan tekanan.dalam tingkatan dialog ini manusia
    Dari setiap agama hidup dan bekerja sama,dan setiap orang memperkaya dirinya dengan pengantaraan mengamati.

  26. Dari artikel diatas menunjukan saya dapat memahami bahwa
    Kita selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena selalu tetap menjaga kerukunan beragama salah satunya merupakan perilaku yang baik yang harus yang dipatuhi dilakukan oleh siapa pun .
    Dari hal tersebut kita selalu mencerminkan penerapan nilai nilai luhur yang terkandung dalam menciptakan terutama kepada Tuhan Yang Maha Esa🙏🙏

  27. Dalam artikel diatas menunjukkan bahwa kehidupan harus menjalinkan keharmonisan relasi antara lingkungan dan masyarakat, seperti yang berjudul di artikel tersebut “Membangun Kerukunan Sosial (Antar Agama) dari Perspektif Katolik”. Judul artikel tersebut bahwa diartikan sebuah bukti cinta kasih ikatan keluarga yg menciptakan sosial yg mengandung kerukunan. Dan masyarakat juga harus memahami cara berdialog yg baik antara sesama supaya menciptakan suasana kerukunan sosial yg baik…,

  28. Dari artikel diatas menurut saya sangat berguna sekali dan harus ditiru banyak orang nasrani karena kita bisa belajar untuk salaing memaafkan atau mengasihi sesama.Dari artikel tersebut juga mengajarkan kepada kita untuk tidak mementingkan diri sendiri,tetapi mengarah kepada kepedulian orang lain,dan harus saling membantu dengan yang lain,dan artikel tersebut juga mengajarkan kepada kita,kerjasama dengan penganut-penganut agama lain.

  29. Dari artikel diatas seperti yang kita ketahui bahwa negara Indonesia dalam hal beragama dan kepercayaannya itu sangat plural yang sangat mengedepankan kebebasan memeluk agama bagi setiap warganya.dan dari hal tersebut kita diajak supaya kita lebih memahami akan kerukunan antar umat beragama dan penghargaan akan perbedaan tersebut.
    Dan dalam pandangan kitab suci yang berkata: kasihilah Allahmu dengan segenap hatimu.maka dari itu, kita di tuntut supaya selalu mengasihi tuhan dan mencintainya dengan mengikuti perintah- perintahnya.
    Begitupula dengan sesama kita selalu mencintai dan selalu mengasihi.
    Karena pada hakekatnya orang yang berhasil mengasihi adalah orang yang sedang berjalan dijalan Tuhan

  30. Dari artikel diatas bahwa setiap orang telah diberikan kebebasan untuk memilih atau bahkan memeluk agama sesuai dengan hati nurani dan kepercayaan masing– masing kerena tujuan kita hanya satu yaitu kepada “Allah”
    Dengan adanya agama juga kita dapat diajarakn untuk melakukan hal-hal yang baik terhadap sesama manusia walaupun berbeda agama ataupun kepercayaan tetapi kita harus saling menjadi setiap kepercayaan dan agama kita masing – masing.

  31. Menurut saya setelah membaca artikel di atas kita menyadari bahwa kita memiliki agama yang baragam jenisnya.oleh karena itu kita di beri kebebasan untuk menganut agama kita masing masing dan beribadah menurut kepercayaan kita .maka dari itu kita saling rukun saling menghormati ,menanggap agama lain sebagai saudara kita sendiri.
    Dan dalam artikel ini kita di ajarkan untuk pentingnya saling berdialog antar agama supaya kita bisa menciptakan kerukunan kedamaian dan harmonis dalam kehidupan beragama.

  32. Membangun Kerukunan Sosial (Antar Agama) dari Perspektif Katolik itu berarti berbicara tentang relasi antar umat beragama dan juga membicarakan hak dari warga negara untuk memeluk agama manapun tanpa dihalangi oleh siapa pun.Relasi yang membuat sutu perbedaan menjadi sebuah kategori kerukunan yang paling baik untuk dilakukan dan hak itu telah diatur dalam uu bersangkutan.Ir Soekarno dalam pidatonya pernah mengatakan “kalau jadi Katolik jangan jadi Yahudi,kalau jadi Islam jangan jadi Arab dan kalau jadi Hindu jangan jadi India tetapi tetap jadi Nusantara” apa artinya? Perbedaan tidak menjadi ajang untuk memecahbelahkan persatuan,dialog antara umat beragama menjadi solusi yang tepat.
    Hak seseorang memeluk agama itu adalah suatu hal yang dimiliki yang didasarkan pada alasan tertentu dengan agama yang dianut,jadi siapa saja dan agama apa saja pemerintah diberikan kebebasan yaitu kebebasan yang bersifat tanggungjawab…….Trimakasih

  33. Seperti yang kita sudah ketahui bawa dari artikel diatas menyatakan bahwa setiap negara Indonesia juga mengakui fakta pluralisme agama dalam masyarakat Indonesia. Dan negara menjamin kebebasan setiap warga negara untuk memeluk agama dan menjalankan ibadat menurut agama dan kepercayaannya.dan juga memahami tentang ajaran Allah kepada manusia Dan menjelaskan juga tentang bagaimana memahami, mengasihi dan tolong menolong
    Menurut pemahaman saya meskipun kita beda agama kita harus saling tolong menolong dan mengasihi sesama manusi.

  34. Dari artikel di atas dapat kita memahami tentang apa yg diajarkan Allah ke pada manusia utuk saling bertoleransi antara umat beragama, saling mengasihi antara sesama manusia……
    Kita sebagai manusia harus bisa saling menghargai dan mengasihi sesama kita…
    Dalam kita imamat 19:18 mengatakan”Janganlah engkau menuntut balas,dan janganlah engkau menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihanilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”
    Dari kita imamat tersebut dapat kita ketahui kita sebagai manusia harus saling mencintai sesama dan tidak boleh menaruh dendam terhadap sesama kita

  35. Setiap Warga Negara Indonesia bebas memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu Allah.Kita harus saling menghormati dan menghargai.Allah menciptakan manusia dengan kehendak bebas,dan Allah mengajarkan manusia tentang agama dan aliran kepercayaannya.Manusia bebas menentukan mana yang baik dan mana yang buruk,perbedaan bukan menjadi halang untuk bersatu,tetapi sebaliknya bersatulah tanpa memandang perbedaan,kita dicptakan dengan cinta kasih dan akal budi untuk mengasihi diri sendiri dan sesama.

  36. Kehidupan dialog beragama dalam masyarakat sangat beragam. Seperti yang sudah ada didalam artikel tersebut. Kita harus mempunyai Pemahaman yang lebih mendalam tentang agama. Mengikuti hati nurani untuk beriman. Semua ajaran yang sudah ada harus kita patuhi. Berkehendak sesuai porsi dan jangan memaksa pihak lain untuk menekuni agama yang dianut oleh kita. Sebab setiap individu mempunyai cara tersendiri untuk berdialog.
    Iman yang baik akan mencerminkan kehidupan yang baik juga. Dari artikel tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap orang mempunyai kebebasan untuk berdialog sesuai dengan keyakinan dan imannnya. Semua tatanan tersebut sudah diatur dalam negara dan sesuai dengan UUD 1945.

  37. Dalam artikel diatas menjelaskan bahwa” dalam hal agam dan kepercayaan/keyakinan dilandasi oleh pancasila dan UUD 1945 bagi setiap masyarakat yang memeluk agamanya masing masing.
    Adapun pandang kitab suci tentang kehidupan bersama yang dilumuri fakta akan pluralitas yaitu salah satu nya dalam kitab imamat 19:18″janganlah engkau menuntut balas, dan jangan lah menaruh dendam terhadap orang orang sebangsamu,melainkan kasihanilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”
    Dari kitab ini hal yang dapat kita petik adalah kita harus saling mengasihi sesama kita baik itu kita satu agama ataupun beda agama tetapi kita sudah seharusnya untuk saling mengasihi sesama manusia.
    Dalam artikel ini juga diterangkan adanya dialog antar agama dalam dokumen gereja. Dimana dalam artikel menjelaskan bahwa gereja katolik sangat menaruh perhatian kepada kerukunan hidup antar umat beragama. Hal ini diterapkan dalam dokumen gereja yaitu dalam konsili vatikan ll yang berisi tentang”semua bangsa merupakan satu masyarakat, mempunyai satu asal,sebab Allah menghendaki segenap umat manusia mendiami seluruh muka bumi. Semua juga mempunyai satu tujuan terakhir yakni Allah,yang menyelenggarakan”. Yang dimaksud dalam kutipan ini adalah kita didunia ini mempunyai tujuan yang sama dan berasal dari Allah yang sama.
    Dalam artikel juga disebutkan ada bebrapa bentuk dialog antara lain
    1. Dialog kehidupan
    Dialog ini ditujukan untuk semua orang atau bisa dikatakan dialog mendasar.dialog ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari.
    2. Dialog karya
    Dialog ini merupakan kerja sama yang lebih intens dan mendalam dengan penganut lain. Maksudnya adalah sebagai media berkomunikasi dengan masyarakat yang beda agama.
    3. Dialog pandangan teologis
    Dialog ini merupakan dialog yang dikhususkan bagi para teolog.
    4. Dialog pengalam iman
    Biasanya dialog ini digunakan dalam penghayatan nilai tertinggi dan cita cita rohani masing pribadi. Biasanya dialog ini dilakukan pada saat doa,dan pada saat kita melakukan meditasi.

    Dari hal hal yang sudah tertera diatas dapat kita simpulkan bahwa kehidup dalam pluralitas itu sangat bermakna banyak,dan sebagai orang kristiani kita patut bersyukur karena bisa menjalani kehidupan kita dengan pluralitas yang baik.

  38. Dari artikel di atas kita memghetahui memperkuat kerukuranan antar umat beragama.dan adanya dialog antar umat beragam supaya kiata salinag membutuhkan keterbukaan hati manusia
    Dengan berialong atau berbicaralah kiat bisa memahami ajaran agama agama lain,

    Salah satunya kita manusia bertoleransi beragama yg merupakan sikap saling menghormati. Dan dalam beragama merupakan mencipatakan kerukunan dalam ajaran agama bahwa dialong atara agama bukanlah media unutk menyebarkan agama.bukanlah media untuk saling mendiskreditkan.dan juga bukanlah media untuk saling berlomba lomba menunjukkan kehebatan penganut sambil menunjukan siapa yg paling benar dalam ajaran.melain kan kita lebih lanjut dialog ini merupakan level dialong yg paling mendasar tetapi bukan paling rendah.

  39. Dari artikel diatas menjelaskan Pengakuan akan adanya Tuhan ini memberi landasan bagi pengakuan akan pluralisme agama dan kepercayaan, dan pengakuan akan kebebasan dalam menganut agama dan menjalankan ibadah bagi setiap warga negara.Rumusan-rumusan di atas menunjukkan bahwa di negeri ini semua Walaupun terdapat sejumlah tantangan dalam membangun dialog antar agama, keterlibatan Gereja dalam membangun dialog harus tetap kokoh dan tidak goyah. Tantangan-tantangan dalam Usaha Membangun Dialog Antar Agama
    Melihat bentuk-bentuk dialog sebagaimana disebutkan di atas, dapat kita ketahui bahwa tidaklah setiap dialog cocok bagi setiap orang atau setiap situasi. Tiap bentuk dialog mempunyai pelaku, tempat, dan waktunya. Dialog agama adalah suatu hal yang tidak mudah dijalankan. Dialog selalu mengandaikan adanya keterbukaan dari tiap-tiap pihak yang berdialog. Dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman akan agama yang seimbang.agama berkedudukan sama di mata hukum. Maka, pemerintah dan negara berperan penting untuk menjamin agar hak warga negara berkaitan dengan kebebasan beragama dan kebebasan menjalankan ibadat tidak ditindas dan dihalangi oleh kelompok lain.

  40. Dari artikel diatas saya dapat memahami tentang bagaimana cara untuk mengikuti ajaran agama dengan baik dan bagikan cara untuk membangun komitmen dan dialog dengan umat beragama lain, selain itu juga saya dapat memahami bagaimana cara membangun komitmen ,serta relasi Dan persaudaraan dengan umat beragama lain dan tidak boleh mementingkan diri sendiri dan harus menjadi orang yang peduli akan adanya orang lain,atau akan adanya agama lain dan harus memelihara cinta kasih dalam diri, serta membangun sikap saling tolong menolong dan menghargai orang lain dan membangun hidup rukun dalam suatu daerah

  41. Kehidupan dialog beragama dalam masyarakat sangat beragam. Seperti yang sudah ada didalam artikel tersebut. Kita harus mempunyai Pemahaman yang lebih mendalam tentang agama. Mengikuti hati nurani untuk beriman. Semua ajaran yang sudah ada harus kita patuhi. Berkehendak sesuai porsi dan jangan memaksa pihak lain untuk menekuni agama yang dianut oleh kita. Sebab setiap individu mempunyai cara tersendiri untuk berdialog.
    Iman yang baik akan mencerminkan kehidupan yang baik juga. Dari artikel tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap orang mempunyai kebebasan untuk berdialog sesuai dengan keyakinan dan imannnya. Semua tatanan tersebut sudah diatur dalam negara dan sesuai dengan UUD 1945.

  42. Dari artikel diatas saya bisa memahami tentang ajaran Allah kepada manusia,
    Dan dimana kita bisa memahami isi dari kitab-kitab yang tertera dalam artikel diatas.
    Dalam kitab sucia yang ada didalam artikel diatas menegaskan bahwa kita harus saling menghasihi satu sama lain dan saling menghormati.
    Dari artikel di atas,saya dapat memahami tentang bagaimana kita berdialog antara sesama dan antar agama.
    Paus Yohanes Paulus II (alm.) menegaskan bahwa Gereja Lokal-lah yang pertama-tama harus memiliki komitmen untuk membangun dialog dengan umat beragama lain di tempatnya masing-masing. Tidak ada Gereja Lokal satu pun yang dapat menghindarkan diri dari kewajiban ini. Sejauh tanggung jawab dialog ada pada Gereja Lokal, maka umat beriman sendiri yang harus terlibat dalam dialog agama-agama.

  43. Indonesia adalah negara yang memiliki agama yang banyak. Kehidupan beragama dalam negara dan masyarakat adalah hal yang diharuskan namun bebas dalam memeluk agama apa saja. Kehidupan beragama yang berbeda menciptakan toleransi antarmasyarakat, bagaimana masyarakat harus hidup dengan orang yang tidak satu frekuensi atau memiliki kepercayaan yang lain.Oleh karena itu, agama bukan menjadi penghalang atau pembatas toleransi antarmasyarakat. Agama mengajarkan kita semua untuk saling mengasihi , mencintai dan menghormati semua orang bukan sekelompok orang atau seumat saja.
    Jadi, marilah hidup beragama dengan toleransi yang tinggi

  44. Dalam artikel diatas kita bisa tau dimana kepercayan atau keyakinan dilandasi oleh pancasila dan UUD 1945 sebagai umat yang taat dengan keyakinanya harus rajin beribadat sesuai dengan kepercayanya masing masing
    Kita sebagai sessama manusia tidak boleh membenci orang ataupun mencancimaki melainkan kasihi dan sayangi seperti kita mencintai diri kita sendiri.sama seperti Tuhan memberi kita roti dan anggur.
    Dalam kehidupan bermasyarakat kita harus membangun dialog antar sesama kita supaya bisa hidup rukun dan hidup berorganisasi dan kita terbiasa bergaul sesama kita dan memberikan pandangan hidup positif

  45. Dalam artikel diatas kita harus patu kepada kepercayaan agama kita sendiri.kitab imamat 19:18 “kita sebagai manusia tidak boleh membenci sesama,jika seseorang membutuhkan sesuatu kita harus melayani sama seperti Tuhan melayani kita dan memberikan roti dan anggur.dalam kehidupan masyarakat kita perlu patu membangun dialong antara sesama kita diama didlam dialong tersebut kita bisa membangun hidup rukun dan bisa hidup berorganisasi supaya kita terbiasa bergaul dengan sesama atau memberikan pandangan hidup positif

  46. Dari artikel diatas kita mengetahui bahwa
    Negara kita sangat mengedepankan kebebasan memeluk agama bagi setiap warganya,yang ditunjukan dalam sila pertama yaitu”KeTuhanan Yang Maha Esa”
    Para foundator bangsa telah mengantar kita kepada pemahaman akan kerukunan antara umat beragama dan menghargai akan perbedaan sebagai kekayaan
    Dan dalam pandangan kitab suci kita diajarkan untuk salaing menghargai orang lain tanpa membedakan agama dan dalam kehidupan beragama sangat diperlukan untuk saling berdialog antar agama yang satu dengan agama yang lain seperti yang dicetuskan oleh konsili Vatikan 2 yaitu mempunyai akar tradisi gereja guna untuk salaing menciptakan kondisi yang salaing menguntungkan dalam beragama

  47. Dari artikel diatas membangun kerukunan sosial antar agama.membentuk kehidupan bersama tang mengaraskan diri pada penciptaan kehidupan yang rukun, harmonis dan damai .dengan menciptakan tatanan kehidupan sosial yang saling menghargai dalam kehidupan yang dialogis.ini pertanyaan pertanyaan yng dapat diajukan dalam kerangka mencari dasar ,filosofis,teologis ,sosiologis,serta praktis dalam membangun kehidupan bersama ditengah masyarakat.keyakinan umat perjanjian lama tentang kehidupan bersama yang dilumuri fakta penghargaan akan pluralitas.kitab imamat 19:18″ janganlah engkau menuntut balas ,dan janganlah menaruh dendam terhadap orang sebangsaku, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

  48. Dialog antar umat beragama dalam dokumen gereja katolik sangat menaruh perhatian kepada kerukunan hidup antar umat beragama. Seperti yang dikatakan dalam dokumen gereja konsili Vatikan II tentang hubungan gereja dengan agama-agama bukan kristen menyatakan pada pendahuluan bahwa “semua bangsa merupakan satu masyarakat, mempunyai satu asal, sebab Allah menghendaki segenap umat manusia mendiami seluruh muka bumi. Semua juga mempunyai satu tujuan terakhir yakni Allah yang menyelenggarakan”. Dialog agama adalah suatu hal yang tidak mudah dijalankan, harus ada keterbukaan dari tiap-tiap pihak dan dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman akan agama yang seimbang. Oleh karena itu, keterlibatan gereja dalam membangun dialog antar umat beragama harus tetap kokoh dan tidak boleh goyah agar kebebasan beragama dan kebebasan menjalankan ibadat tidak lagi dibatas-batasi guna menghindari konflik antar umat beragama.

  49. Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia begitu banyak agama yang dianut dari setia orang. Tetapi kerap kali dikehidupan beragama itu sendiri begitu banyak konflik agama yang muncul yang mengakibatkan kurangnya komunikasi diantara mereka. Maka dari itu kita sebagai kaum muda harus bisa saling menghormati terhadap sesama kita yang berbeda baik dari segi ras, suku, mau agama supaya terjalin komunikasi yang baik terhadap sesama, karena kita ketahui berkomunikasi itu sangat penting bagi kita karena dengan berkomunikasi kita menjalani hubungan yang baik bagi sesama.

  50. Dari penyampaian artikel diatas,bahwa sudah diketahui sejak dibentuknya NKRI oleh Bapak-bapak bangsa kita, Negara memberikan kebebasan meyakini dan memilih agama bagi setiap warganya, untuk menemukan rasa aman dan nyaman dalam keberlangsungan hidup dalam kehidupan bersama dan sebagai adanya pengakuan terhadap pluralisme kehidupan beragama dalam Negara Indonesia.
    Dalam hal ini juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan Bangsa Yahudi dan juga kehidupan Yesus Kristus bersama para Murid-Nya, untuk tetap bersatu dalam satu bangsa,yang walaupun datang dari berbagai kepercayaan tetapi tujuan dari setiap proses kepercayaan ini itu hanya satu yaitu Kepada Allah.
    Kehidupan kita juga,tidak hanya sekedar untuk saling mendoakan satu sama lain dengan ucapan doa,akan tetapi diperlukan adanya tindakan untuk mewujudkan apa yang telah diucapkan dalam kehidupan kita setiap harinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita yaitu Indonesia.Yesus menghendaki agar manusia mampu menerapkan apa Ia lakukan untuk manusia,rela berkorban mati di kayu salib hanya untuk menyelamatkan manusia dari dosa,dan juga bentuk kepeduliannya dan rasa cintanya dan juga kasihnya terhadap manusia.Ia berharap agar kita manusia seperti dirinya, untuk selalu mengutamakan cinta dan kasih bagi sesama kita,dan berdoa yang terbaik bagi mereka yang selalu menyakiti hati kita.

    Pada Dasarnya, kehidupan Kita dalam Negara Indonesia ini,harus dilandasi oleh apa yang bangsa Yahudi danYesus Kristus tunjukkan melalu isi dalam kitab suci ,baik perjanjian lama maupun perjanjian baru, serta telah ditetapkannya oleh Konsili Vatikan ll dalam Dokumen-dokumen Gereja.

  51. Dari artikel diatas menunjukkan kehidupan harus menjalinkan keharmonisan relasi antara lingkungan dan masyarakat, seperti Membangun Kerukunan Sosial ,saling menghormati dan juga perilaku yang baik. Dan hak dari setiap warga negara untuk memeluk agama masing-masing tanpa dihalangi oleh siapa pun.

  52. Artikel diatas menjelaskan pluralitas keyakinan dan yang sangat mengedap kebebasan memeluk agama dan menjalankan ibadat menurut kepercayaan masing-masing.Dan dari artikel diatas saya bisa mengetahaui dalam kehidupan berdialaong antar umat beragama sangat beragam,seperti yang dijelaskan dalam atikel diatas

  53. Komentar tambahan,,,Dari artikel diatas diartikan bahwa hidup beragama harus mempunyai kerukunan ,Ada tiga bentuk kerukunan umat beragama yang selalu diperjuangkan oleh pemerintah, khususnya melalui Kementerian Agama RI. Pertama, kerukunan intern umat beragama. Mengapa perlu ada kerukunan intern umat beragama? Karena dalam setiap agama, sering kali ada perbedaan faham, perbedaan aliran, mazhab, sekte, dan sebagainya. Maka perlu adanya semangat untuk membangun kebersamaan dalam perbedaan itu. Bagaimana dengan agama Katolik? Agama Katolik tidak punya cabang, tidak punya aliran, tetapi satu, utuh dan terstruktur dari pusat (Vatikan/kepausan) sampai lingkungan-lingkungan (RT/RW). Di bawah kepemimpinan Sri Paus, para uskup dan para imam, agama Katolik memiliki satu kesatuan yg utuh dan integral di seluruh dunia.

  54. Artikel diatas menjelaskan mengantar kita pada pemahaman akan kerukunan antara umat beragama dan penghargaan akan perbedaan sebagai kekayaan. Disini juga di jelaskan untuk menghindari segala bentuk konflik kita diharuskan untuk saling menghargai dalam perbedaan. Utamakan cinta kasih agar keharmonisan selalu ada.
    Dialog antara agama pun dalam dokumen gereja Katolik sangat menaruh perhatian kepada kerukunan hidup antar umat beragama.
    Dialog antar agama sangatlah penting untuk menjalin hubungan baik antar agama.
    Degan begitu tali persaudaraan akan terus berlanjut degan harmonis nya.
    Dalam dialog antar agama terdapat berbagai tantagan-tantagan
    Seperti yg di tulis di artikel ada berbagai jenis dialog antar agama dan dalam dialog tersebut tidak semua orang dapat menggunakannya dan ada situasi-situasi tertentu saja yg dapat menggunakan dialog tersebut.
    Karena dialog agama ini sesuatu yg tidak mudah untuk dilaksanakan.

    Walaupun terdapat begitu banyak tantangan dialog antar agama harus tetap di laksanakan. Guna untuk mempererat tali persaudaraan

  55. Like with other generic medications, generic sildenafil is significantly less expensive than name-brand Viagra how to buy priligy in usa That is the iron law of the whole world Under this eternal agreement, Where To Buy Viagra Pill synonym for erectile dysfunction he would never believe that there would be a character like a swordsman who would appear here

  56. You may apply the 20 discount to the other plans cialis 5 mg Tadalafil had no significant effect on exposure AUC to S-warfarin or R-warfarin, nor did tadalafil affect changes in prothrombin time induced by warfarin

  57. lasix 20 mg tablet However, rosacea prevalence is not increased in outdoor workers, sun damage in nonfacial locations does not progress to a rosacea phenotype, and photoprovocation studies in rosacea patients have not demonstrated increased cutaneous sensitivity to acute ultraviolet exposure

  58. paxil or priligy Eine medikamentöse Therapie der retrograden Ejakulation ist ebenfalls effektiv, wurde aber bisher nicht durch doppelblinde, plazebo kontrollierte, randomisierte Studien überprüft

  59. To monitor the effects of food intake, a pair fed group was also included; for 5 days, the pair fed group received the average amount of food eaten by the TMX treated rats and received vehicle injections lasix action and Aerogen, Inc

  60. 最近车站: J88扑克巡回赛的第一站是台湾。本次比赛由J88扑克与台湾华人德州扑克竞技协会(CTP)及One Time(OT)俱乐部联合举办。5日的比赛由4百万台币保底的主赛和多样的边赛组成,扑克爱好者可以根据自己的喜好参与。 Connecting to %s 有新评论时通过电子邮件通知我。 2019年的顶级选手,2014年才赢得自己的第一个金手镯,但随后他就像开了挂一样的疯狂赢钱,他在19年参与了16场线下大赛,共赢下了5个冠军,并多次挫败各大职业牌手,总计收入5000万刀,堪称赚钱机器。不过,他更喜欢称呼自己为“孤狼”。 Day1排名第一及第二的队伍将提前分享奖池,金额将在628,560总奖池中扣除。在第一阶段比拼结束时,由台湾本土战队“Nice Han”成功夺取第一名,队伍中的四名成员每人都能获取一张价值25000台币的主赛门票。而第二名,由陈昊带领的“再赢一次”战队则每人获得一张价值8800台币买入的J88杯门票。 https://chanceapdr653198.blogdemls.com/15743280/撲克-牌-uno You might be interested in following videos: 我们在2022年7月1日开始终止我们的一般事务查询热线 (+603 6101 1118)运作 了解更多 2020年1月,南京市公安局高淳分局获悉一条关于在某网站进行跨境赌博的线索。警方查明该网站开设于2017年6月,主要针对和吸引境内人员参赌,内设13个主流赌博“盘口”,覆盖“斗牛”“二十一点”“快三”“百家乐”“斗地主”“捕鱼”等千余种赌博项目,全国各地注册会员近30万人,3年来累计投注赌资逾500亿元。其中,仅南京地区参赌人员就有1500余人,投注赌资流水超3亿元。 不会算牌也想在百家乐赢钱?你需要的是【百家乐预测破解程式】 说到百家乐,想要赢钱的话,除了一些坊间流传的「看路

  61. Dari artikel diatas dapat kita ketahui bahwa, dalam negara indonesia agama yang berbeda. Walaupun di indonesia memiliki agama yang berbeda kita harus menghargai, meghormati agama yang berbeda dengan kita, karena perbedaaan bukanlah hal yang harus kita hindari, melainkan dengan adanya sutau perbedaan Agama kita dapat mengetahui hal apa yang berbeda dengan agama kita.
    Dari artikel diatas juga dapat menegaskan bahwa setiap manusia bebas dalam hal memeluk agama.

    ( MARIA HANOYA SINAR)

  62. Dari artikel di atas menjelaskan bahwa: dalam ajaran agama dijelaskan tentang persaudaraan, kerukunan,cinta kasih, dan saling tolong menolong satu sama lain. Yg berarti Walaupun kita berbeda- beda agama kita harus tetap saling mengasihi, menolong, dan menghargai satu sama lain tanpa memandang kepercayaan kita masing- masing.
    ( SEFLIN T. MARNI)

  63. Dari artikel di atas bahwa agama dan aliran kepercayaan negara Indonesia sangat plural. (plural yakni aliran kepercayaan Negara Indonesia sangat banyak atau bervariasi).
    Perbedaan agama keyakinan ini dilandasi atau didasari oleh Pancasila dan UUD 1945. Dengan dilandasi oleh Pancasila warga negara bebas memeluk agamanya sesuai dengan keyakinan masing-masing, negara juga menjamin kebebasan setiap warga negara untuk menjalankan ibadah menurut agama dan kepercayaan-nya. Seperti yang ditertera dalam sila Pancasila pertama yang berbunyi “Ketuhanan yang maha esa” dan dalam pembukaan UUD 1945 pasal 29 ayat 1 dan 2 . Oleh sebab itu rumusan diatas menunjukkan bahwa di negeri ini semua agama berkedudukan sama di mata hukum tampa terkecuali. Jadi pemerintahan dan negara berperan sangat penting untuk menjamin agar hak warga negara berkaitan dengan kebebasan beragama dan kebebasan menjalankan ibadah tidak di tindas dan dihalangi oleh kelompok lain.
    ( FILOMINA INDRAYANI )

  64. Dari artikel diatas dapat kita ketahui bahwa di Indonesia memiliki berbagai agama yang , walaupun demikian sikap saling menghormati dan menghargai antara agama dan satu sama lain harus kita terapkan karna perbedaan bukanlah suatu hal yang harus kita hindari ,melainkan perbedaan merupakan suatu fundasi yang kuat untuk kita saling mengetahui perbedaan yang terjadi antar agama. Dan kita juga diberikan hak dan kebebasaan untuk memilih agama kita masing masing.(Agnes arsena mulia)

  65. Dari artikel diatas dapat kita ketahui bahwa di Indonesia memiliki berbagai beragam agama. Walaupun kita memiliki agama yang berbeda beda akan tetapi memiliki perbedaan atau berbagai agama tidak menjamin bahwa kita tidak menghargai agama satu dengan yang lain sikap atau etika saling menghormati dan menghargai perbedaan agama harus di tanamkan dalam diri ataupun dalam negara ini.dengan sikap tersebut kita bisa belajar mengenal agama lain tanpa harus memeluk agama mereka
    Dengan demikian sikap toleransi sangat dibutuhkan dalam negara ini
    Dan dengan keberagaman tersebut kita bisa mengenal agama satu dengan agama lain

  66. Dari materi yang saya baca, bahwa negara indonesia yang sangat beragam akan agama, suku, budaya, bahasa,dll. Maka dari dari itu dengan adanya pluralitas di indonesia, maka kerukunan dan saling menghormati akan terjaga satu sama lain.
    Terimakasih🙏

  67. scapularis, for example, is found throughout the eastern United States and feeds on 50 to 70 different hosts, while Argas monolakensis, an argasid, is found only on islands in Mono Lake, California, in high density and feeds only on the California gull stromectol 12 mg

  68. Dari bacaaan di atas yang saya ketahui bahwa indonesia memiliki berbagai agama walaupun kita berbeda agama tapi tetap saling menghargai agama satu dengan agama yang lain sikap dan etika saling menghormati dengan sikap tersebut kita bisa belajar mengenal agama lain tanpa harus memeluk agama mereka

  69. clomid for fertility 110 developed a direct injection high performance liquid chromatography atmospheric pressure chemical ionization tandem mass spectrometry HPLC APCI MS MS method for the rapid identification and quantitation of seven tricyclic antidepressants amitriptyline, nortriptyline, doxepin, dosulepin, dibenzepin, opipramol, and melitracen in human plasma

  70. Everything information about medication. Get warning information here.
    ivermectin 2mg
    Prescription Drug Information, Interactions & Side. Everything about medicine.

  71. drug information and news for professionals and consumers. Everything information about medication.
    zithromax
    Read here. Definitive journal of drugs and therapeutics.

  72. Poker Machine est un jeu intéressant qui combine les règles du poker classiques et un design … Jouer Pinball Flash The Magik en ligne, profiter de cette version fl… Prix: € 4,99 avec In-App Achats Activez le code de la CD Key numérique Steam sur le client Steam. Connectez-vous, regardez dans le coin inférieur gauche et cliquez sur « Ajouter un jeu… », puis sur « Activer un produit sur Steam ». Entrez le code de la CD Clé de Governor of Poker 2 et vous l’aurez dans votre bibliothèque Steam, prêt à être téléchargé ! Vous pouvez installer Steam pour activer votre Key Governor of Poker 2, si vous cliquez ici. Governor of Poker 2 commence à la fin du jeu précédent et mêle toujours aussi habilement l’univers du poker avec toutes ses subtilités et le besoin de finances pour pouvoir accéder aux tables de jeu.
    https://smart-wiki.win/index.php?title=Jeux_de_machines_a_sous_en_ligne
    Nous allons vous tenir des différents types de machines à sous qui seront mis à votre disposition sur les casinos en ligne ! Vous verrez qu’il en existe une large gamme, et chacune d’entre elles saura vous apporter des gains. Vous verrez qu’il existe des machines à sous comprenant différentes lignes de paiement, différents thèmes, et même des options de jackpots progressifs fort intéressantes comme le Megapot. Nous vous préparerons à votre premier tournoi de machines à sous sur les casinos en ligne. Ces récompenses cumulatives fonctionnent en reliant certains jeux dans un casino ou, dans le cas d’un casino en ligne, en reliant tous les jeux sur le réseau progressiste. Une partie de chaque mise placée par chaque joueur est ajoutée au pot central jusqu’à ce que quelqu’un le remporte. Puisque Gaming Club est le casino en ligne canadien le plus populaire d’aujourd’hui, vous pouvez imaginer combien ces lots sont grands!

  73. In interpreting serum potassium, it should be kept in mind that because the intracellular potassium concentration is approximately fortyfold greater than the extracellular concentration, any maneuver that would result in the release of a small amount of intracellular potassium will erroneously raise serum potassium buying cheap cialis online

  74. Everything about medicine. Prescription Drug Information, Interactions & Side.
    https://viagrapillsild.online/# who has the best deal on viagra generic
    safe and effective drugs are available. Learn about the side effects, dosages, and interactions.

  75. Definitive journal of drugs and therapeutics. Comprehensive side effect and adverse reaction information.
    how long does cialis last
    Some are medicines that help people when doctors prescribe. Generic Name.

  76. drug information and news for professionals and consumers. safe and effective drugs are available.
    cialis blog
    Prescription Drug Information, Interactions & Side. Learn about the side effects, dosages, and interactions.

  77. Everything what you want to know about pills. Generic Name.
    cialis discounts
    Best and news about drug. Comprehensive side effect and adverse reaction information.

  78. Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I’ve really enjoyed browsing your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

  79. A report of Susceptible indicates that the antimicrobial is likely to inhibit growth of the pathogen if the antimicrobial compound reaches the concentration at the infection site necessary to inhibit growth of the pathogen generic 5 mg cialis

  80. Greetings from California! I’m bored to death at work so I decided to browse your blog on my iphone during lunch break. I enjoy the info you provide here and can’t wait to take a look when I get home. I’m amazed at how fast your blog loaded on my mobile .. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, excellent site!

  81. It’s really a nice and helpful piece of information. I’m happy that you shared this useful information with us. Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

  82. Great write-up, I’m regular visitor of one’s web site, maintain up the excellent operate, and It is going to be a regular visitor for a long time.

  83. Hey there, You’ve done a great job. I will definitely digg it and in my opinion suggest to my friends. I am confident they’ll be benefited from this web site.

  84. Good write-up, I¦m normal visitor of one¦s website, maintain up the excellent operate, and It’s going to be a regular visitor for a lengthy time.

  85. A UNIQUELY LIGHTWEIGHT FOUNDATION THAT PROVIDES 16 HOURS OF FADE-RESISTANT WEAR WITH BUILDABLE, MEDIUM TO FULL COVERAGE THAT LOOKS AND FEELS NATURAL. Check out similar products based on the Use Occasion of Natural Radiant Longwear Foundation that is for glasses wearers Discover the iconic longwear satin lipstick. You’ve picked a bestseller, nice work! Want to see other bestselling foundations? View them here. Shiseido Modern Matte Powder 517 Rose Hip 4 Gram Lipstick I inadvertently ended my experiment with my favorite foundation of them all—the N°1 de Chanel Revitalizing Foundation. It’s everything I want from a skin-finish foundation. It’s lightweight, breathable, flexible, long-wearing, and, above all, incredibly natural looking. When I wore this out, I had three different people compliment my skin. Is that not the dream? It’s proof that this product puts the focus on my skin, not the makeup.
    http://432thedrop.com/drop-artists-network/compare-432-x-not-the-one-drop-track
    Thanks for sharing your thoughts! Please remember that results will vary from person to person. We’re proud to say that all customer reviews are independent, authentic and do not represent the views of Cult Beauty or The Hut Group. Let’s be real. We all have brain fog this holiday season, and a lot of us are already overwhelmed at the thought of gift giving. Here’s a fun and easy quiz that’s designed to do the selecting for you. Store in the fridge for extra soothing effects. Massage from center of face by nose outward towards cheeks. Then proceed to massage down chin and up forehead. Mount Lai Gua Sha Facial Lifting Tool $28 You probably know what gua sha looks like, even if you’ve never heard the word before. It’s a buzzy facial treatment that involves using flat crystals that are (gently) scraped over the skin. There are allegedly benefits of gua sha: Fans swear that this technique gives you firmer, brighter, and less puffy skin.

  86. I believe this is one of the most important information for me. And i am satisfied studying your article. But should remark on few normal issues, The web site taste is wonderful, the articles is in point of fact excellent : D. Just right process, cheers

  87. I simply wanted to say thanks once more. I am not sure the things I might have accomplished in the absence of the actual secrets shown by you about that subject. Entirely was a distressing condition in my circumstances, however , finding out your specialized strategy you solved it forced me to cry over fulfillment. I’m grateful for the guidance and even believe you recognize what a powerful job you are providing teaching people today using a web site. I am sure you haven’t met any of us.

  88. IndexIQ ETF Trust – IQ Chaikin U.S. Small Cap ETF The Hornet has lived many lives. The Hornet name, that is. How VanEck intends to manage the inherent volatility — and therefore increased risk — in its ETF will be crucial in investors’ decision to invest or avoid the BUZZ. The fund is rebalanced monthly and is not dominated by any one stock — top holding DraftKings represents 3.33% of net assets. However, its exposure to tech stocks could present problems if the current selloff in the sector turns from a market correction into a bear market. The Invesco Optimum Yield Diversified Commodity Strategy No K-1 ETF (Fund) is an actively managed exchange-traded fund (ETF) that seeks to achieve its investment objective by investing in commodity-linked futures and other financial instruments that provide economic exposure to a diverse group of the world’s most heavily traded commodities. The Fund seeks to provide long-term capital appreciation using an investment strategy designed to exceed the performance of DBIQ Optimum Yield Diversified Commodity Index Excess Return™ (DBIQ Opt Yield Diversified Comm Index ER) (Benchmark), an index composed of futures contracts on 14 heavily traded commodities across the energy, precious metals, industrial metals and agriculture sectors.
    https://developmentmi.com/its-hard-to-fix-someone/
    The 19 analysts offering 12-month price forecasts for VF Corp have a median target of 28.00, with a high estimate of 38.00 and a low estimate of 18.00. The median estimate represents a +23.02% increase from the last price of 22.76. The firm also recently announced a quarterly dividend, which was paid on Tuesday, March 21st. Shareholders of record on Friday, March 10th were given a $0.30 dividend. This represents a $1.20 annualized dividend and a yield of 5.24%. The ex-dividend date was Thursday, March 9th. V.F.’s dividend payout ratio is 112.15%. V F’s payout ratio of 169.2% is above the Consumer Cyclical sector and the industry average. If we compare it with its Consumer Cyclical sector average of 32.2%, V F’s payout ratio is 425% higher. Share This Article Cal-Maine Foods Inc. (NASDAQ: CALM): Stephens downgraded the stock to Equal Weight from Overweight and cut its $67 target price to $60. The consensus target is $61 for now. Tuesday’s close at $49.75 was down over 4% for the day on the weak tape and the downgrade.

  89. I in addition to my guys happened to be reading through the good guidelines found on your web blog and then suddenly came up with a terrible suspicion I never expressed respect to you for those techniques. The guys are already absolutely happy to learn all of them and have unquestionably been tapping into them. Appreciation for genuinely indeed considerate and also for selecting certain exceptional topics millions of individuals are really eager to understand about. My very own sincere apologies for not expressing appreciation to earlier.

  90. A powerful share, I just given this onto a colleague who was doing a bit of analysis on this. And he in truth bought me breakfast because I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the deal with! However yeah Thnkx for spending the time to debate this, I feel strongly about it and love studying more on this topic. If potential, as you change into expertise, would you mind updating your weblog with more details? It is extremely helpful for me. Massive thumb up for this weblog post!

  91. All the most common video poker online variations are included in all the apps and software recommended on this page. The paid programs allow you to edit the payout table to add more games, including other variations you might find at brick-and-mortar casinos WinPoker is an incredible product, and our choice for best video poker software.  It’s in stock now and ready for immediate shipping. The upside to this approach is you have the familiar iPoker client, with all the features of the desktop client; potentially even saving hand histories and copying them off the virtual machine. The downside is that Winpoker’s skin is constrained to the design of the desktop client: there is no optimization for touch controls, meaning moving around tables, using bet sliders and typing in bet amounts is tricky, particularly on the smaller screen sizes. Playing one table was possible but multi-tabling would be challenging.
    https://lms.stemlabs.edu.lk/community/profile/amostrue1495950/
    There are dozens of online Bitcoin casinos that feature poker games in their portfolio. Our guide has reviewed the top Bitcoin poker sites – which include BetOnline Lucky Block, CoinPoker, BC.Game, CloudBet, Bovado, and more.  Thanks to its big-money tournaments, newbie-friendly approach, and one of the best poker bonuses, PokerStars took the top spot as UK’s best poker site. Still, all of the other online poker platforms listed below are just as good. State-regulated online poker platforms will bring legal online poker to Michigan for the first time. Playing at a legal mobile poker site presents many advantages over putting your money on an illegal poker site. There are many online poker sites to choose among and also a lot of different real money poker games. First of all, poker is a game where all players have different preferences. You play at different levels, you play different poker games and you like different designs and features. So it’s impossible for one specific site to be the best for everyone. When we rate and rank real money online poker sites, we do so according to specific guidelines which are designed to suit as many players as possible.

  92. Cabe resaltar que, actualmente es posible probar sin registrarse otras versiones menos populares del juego. Como roulette automática, double ball, multi ruedas, rápida, ruleta con jackpot, 3d roulette etc. Copyright 2021 – 2021 © Ruleta Aleatoria Juntos por un juego responsable Todas las variaciones del juego de ruleta: europea, americana, francesa, mini ruleta Los juegos de ruleta son más fáciles de amañar en un casino terrestre que en uno online, pero cuando se han dado amaños en línea no solo se han dado sobre la ruleta, sino que el casino entero ha estado bajo sospecha. De todos modos, estos amaños no se producen, por lo general, en casinos legales, que se encuentran regulados por la autoridad competente y que tienen completamente programada la aleatoriedad en sus juegos.
    http://rocautosystem.com/board/bbs/board.php?bo_table=free&wr_id=155005
    Una de las actividades donde puedes ganar tickets gratis, es cuando te registras como estudiante formal de la escuela de Pokerstars. Buenas noticias: existe una aplicación de móvil de Pokerstars.es pero… sólo nos valdrá para jugar al poker. Si quieres jugar al Blackjack o a la Ruleta desde tu smartphone o tablet, tendrás que dirigirte a otro casino online. Una pena, aunque suponemos que pronto ampliarán la oferta de juegos de esta aplicación. PokerStars es un programa completamente gratuito, por lo que podrás instalar la aplicación en tu PC y jugar de manera indefinida sin ningún coste, excepto en aquellas partidas en las que desees apostar dinero real. Si hablamos de jugar con free spins obtenidas a través de promociones, te podemos decir que podrás jugarlas en cualquiera de las mismas que apliquen a la promoción. Aunque en ocasiones aparecen algunas promos puntuales que son compatibles con todo el catálogo de tragamonedas, hay que analizar cada caso en el momento en el que surja para poder hablar con mayor exactitud.

  93. Machine À Sous Aviator Jouez Gratuitement Sans Inscription A slot machine Aviator Betano oferece aos jogadores várias funcionalidades. Em primeiro lugar, existe uma slot de 5 carretéis com nove linhas de pagamento activas. O seu design único apresenta motivos de aviação, bem como uma vasta gama de símbolos de fruta. A segunda característica da slot machine Betano Aviator é o Jogo Bónus. No jogo de bónus, terá de escolher entre três máquinas de aviões. Receberá combinações vencedoras extra por escolher a correcta. Ücretsiz Slot Casino Oyunları Indirme Yok Aviator Compre ao redor para encontrar um casino online que atenda às suas expectativas, em seguida. O atendimento e o suporte ao cliente são excelentes, usando apostas mínimas pode significar que você pode ficar realmente criativo sobre como você construir seus parlays e você havent perdeu muito dinheiro no caso muito provável que eles perdem. 5 dicas de Aviator bonitas para ganhar diretamente do cassino online.
    https://brooksbbby852952.elbloglibre.com/19401064/jogo-roleta-como-jogar
    Para ter certeza de que um cassino online é legitimo, é essencial que ele possua uma licença de funcionamento internacional, que pode ser fornecida por órgãos como o Governo de Curaçao ou a Autoridade de Jogos de Malta. A maioria dos bônus de cassino sem depósito são rodadas grátis. Em um cassino, as rodadas grátis são uma maneira fantástica de se divertir. Como nenhum dinheiro é necessário antecipadamente, você pode começar a jogar no cassino imediatamente. A KTO é um site de jogos de azar licenciado e regulado. Enquanto você joga com a gente, pode ter certeza de que estamos seguindo altos padrões de compliance. Além disso, suas transações e detalhes são mantidos em segurança. No Brasil, onde a adesão ao celular é intensa, a possibilidade de jogar nesse dispositivo é um dos principais fatores de interesse. Mas a esse, se alia um outro: o fato de ser um meio divertido que oferece a possibilidade de ganhar dinheiro.

  94. Haben Sie schon einmal in einem Online Casino Österreich gespielt? Wenn ja, dann wissen Sie, was die Web-Spielbanken in ihrem Portfolio haben. Aber ist Ihnen auch klar, wie man die besten Online Casinos aus der riesigen Anzahl an Betreibern herausfindet und dabei noch sicher sein kann, dass diese seriös sind? Wenn Ihre Antwort jetzt Nein lautet, dann sind Sie hier genau richtig, um das herauszufinden. 18+. Verantwortungsbewusst Spielen. Kunden Spiel Verfügbarkeit begrenzt. Einzahlungs Umsetzungsbedingungen gelten. Bonusgeld unterliegt Umsatzbedingungen. Wetteinätze können gelten. gamblingtherapy.org. AGB gelten . Bitte beachten Sie, dass die Angebote auf der Mr Green Website nur gültig für Spieler sind, die in Österreich wohnhaft sind. CasinoTopsonline ist für Sie da: Wir informieren Sie über die besten, seriösen Online Casinos in Österreich im Jahr . Mit unserem Fachwissen, das wir uns dank jahrelanger Erfahrung im Online Casino Business angeeignet haben, wollen wir Ihnen helfen, ein österreichisches Casino zu finden, das zu Ihnen und Ihrem Spielverhalten am besten passt. Denn wenn Sie eine falsche Entscheidung treffen, könnte das bedeuten, dass Sie Ihr hart verdientes Geld verlieren – und das möchte schließlich keiner!
    http://forum.ostan-ag.gov.ir/member.php?action=profile&uid=47507
    Es ist anzumerken, dass im Mr Green Casino nicht nur Mr.Green Automatenspiele kostenlos angeboten werden. Im Online-Casino finden Sie verschiedene unterhaltsame Glücksspiele, wie Roulette, Craps, Black Jack, Poker, Video Poker und andere interessante Casino-Spiele. In der Spielsammlung dieses Casinos finden Sie originelle Spiele, die Sie überraschen können. Fast alle diese Casino-Spiele kann man Mr Green kostenlos spielen, obwohl es Ausnahmen gibt. Aber wenn Sie sich für Casino Spiele mit Echtgeld interessieren, sind Sie bestimmt auf dem richtigen Ort! Im Mr Green Casino können Sie das Geld gewinnen und wahrscheinlich einen progressiven Jackpot knacken! Erhalten Sie Zugriff zu diesem und jedem weiteren Artikel im Nun zum Problem. Meine überweisungen konnten nicht abgebucht werden. Habe von Mr.green eine Nachricht erhalten das mein spielerkonto solange gesperrt wird bis ich das überwiesen habe. Natürlich werde ich das nochmals überweisen aber steht mir denn mein Gewinn noch zu?

  95. One of the top uses of gua sha on the body is for pain. A randomized study published in the journal Complementary Therapies in Medicine evaluated the effects of gua sha on chronic lower back pain symptoms and inflammatory biomarkers in elderly subjects. The elderly study subjects with chronic back pain were treated with gua sha or a hot pack. Erica Cirino is a writer, artist and researcher who works globally. While on assignments in places as far-off as the South Pacific Ocean and the Arctic Circle, she covers science stories that often meet at the intersection of human and wildlife health, and environmental conservation. In particular, Erica is highly focused on uncovering the depths and health effects of the global plastic pollution crisis.
    https://future-wiki.win/index.php?title=Vegan_beauty_tattoo_liner
    Discover NARS Soft Matte Complete Foundation which is available in 34 shades. It’s a liquid foundation with a matte finish and full coverage that retails for $40.00 and contains 1.5 oz. of product. I’ll start off by saying that I have dehydrated, combination skin, so any product that has mattifying effects will likely leave me with some unsightly patches. While the color match of this tint was pretty close when I initially applied it to my face, once dry, it left me with a noticeable white cast (worth noting that the formula does feature talc, commonly found in baby powder and used to absorb moisture). That said, if you have an oily complexion and are looking for coverage that won’t budge, I’d say Eaze Drop is definitely worth a try. I will say the Eaze Drop Skin Tint is slimy when you first apply it, and unless you apply powder on top, it doesn’t fully dry down and it does transfer. However, you’re left with a beautiful glow. My skin type is normal to dry, so this formula is right up my alley, but for those with oily skin, you may want to finish your look with some powder or blot throughout the day. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Periksa Juga
Close
Back to top button