Agama

Membaca Krisis Iman

Kanisius Teobaldus Deki
  1. Pengantar
    Dari semua agama yang dianut manusia, agama Kristenlah yang paling luas tersebar di muka bumi ini dan juga yang paling banyak penganutnya. Satu dari tiga orang penduduk dunia adalah orang Kristen. Hal ini berarti jumlah orang Kristen adalah 800 juta manusia.[1] Selain sebagai sebuah bentuk religiositas yang banyak dianut oleh penduduk dunia, agama Kristen juga merupakan bentuk kebudayaan baru yang merambah wajah dunia dengan kehadiran pada multisektor kehidupan.

Itulah sebabnya, dalam sejarahnya yang terbentang sepanjang kurang lebih dua ribu tahun, agama Kristen melahirkan dirinya dalam bentuk yang sangat mengagumkan. Mulai dari misa agung yang semarak di Basilika St. Petrus di Roma sampai pada penghayatan religiositas kerakyatan yang dikemas dalam spiritualitas lokal di Amerika Latin atau Filipina, termasuk devosi kerakyatan di Flores, kristianitas menghadirkan dirinya dalam wajah yang tak lepas dari berbagai kesan mendalam.

Di antara berbagai kehadiran yang terasa mapan, di tengah perubahan situasi historis yang memberikan Gereja ornamen-ornamen makna, muncul suatu kenyataan yang tak dapat ditepis yakni, Gereja berada di persimpangan zaman yang telah dijejali oleh spiritualisme.[2] Artikel ini akan memperlihatkan tantangan Gereja dalam menghayati imannya sepanjang rentang 2000 tahun peziarahannya yang telah lewat serta catatan kritis untuk membangun masa depan yang bernas. Perjalanan historis ini penting untuk dikaji supaya kita bisa belajar sekaligus melihat kenyataan Gereja di masa kini dan masa depan.

  1. Berada pada Persimpangan?
    Lebih dari seratus tahun yang lalu tatkala para elit ilmuwan dan intelektual yang merasa terbebaskan dari pasungan kegelapan ilmu pengetahuan mempermaklumkan akhirnya masa kejayaan agama. Mereka yakin bahwa penemuan ilmu pengetahuan merupakan awal dari kehancuran agama yang ditengarai sebagai bagian kental dari kekolotan.[3] Muncullah atheisme praktis dan penafian terhadap agama. Tetapi agama tak pernah raib secara tuntas dari kehidupan manusia. Agama tetap menunjukkan identitasnya bahkan hingga di zaman modern ini. Namun agama, yang di satu pihak mencerahkan kehidupan manusia dan perjuangannya, di pihak lain telah terombang-ambing di terpa badai tantangan.

Menyikapi pelbagai soal yang sedang meliliti agama-agama, Hendrik Kraemer, seorang tokoh Kristen Protestan, berujar bahwa semua agama, entah disadari atau tidak oleh penganutnya, sudah memasuki periode krisis yang berlangsung terus dan mendasar.[4] Analisis tentang krisis agama-agama tidak hanya diselisiki oleh Hendrik Kraemer. Malachi Martin, seorang pemikir dari Gereja Katolik menandaskan bahwa agama-agama sekarang sedang mengalami krisis. Agama-agama sulit mengendalikan pelbagai perubahan dan perkembangan umat manusia dewasa ini.[5] Dalam studinya, Syed Vahiduddin mengemukakan bahwa krisis yang dihadapi agama terungkap dalam multiwajah, baik personal concern maupun communal commitment, termasuk krisis kesadaran beragama dan krisis yang berkaitan dengan relevansi dan identitas.[6]

Berada pada situasi ini, pertanyaan-pertanyaan coba diajukan. Bagaimana sikap gereja dalam menanggapi situasi “persimpangan” yang arahnya membawa kemunduran dalam hidup keberagamaan? Berikut ini ada beberapa faktor yang dapat disebut sebagai penyebab dari krisis yang sekarang dialami oleh Gereja.

2.1. Iman dan Lembaga
Mulanya, Yesus Kristus memiliki 12 orang Rasul untuk menjadi muridNya yang dipilih secara langsung. Para murid ini hidup bersama Yesus kurang lebih 3 tahun. Mereka mengikuti Yesus ke manapun Ia pergi untuk mewartakan Kabar Keselamatan kepada semua orang, baik Israel maupun Samaria. Mereka lalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan Yesus. Mereka diberi kuasa untuk melanjutkan warta Keselamatan kepada manusia. Pengangkatan Petrus sebagai primus interpares [kepala dalam kesederajatan dengan yang lain] merupakan awal atau cikal bakal melembaganya pengajaran iman dalam kehidupan jemaat perdana.

Pasca kenaikan Yesus ke surga, Petrus berperan koordinatif atas para rasul dan dalam kuasa mengajar yang termaktub dalam symbol “Kunci Kerajaan Allah”.[7] Peristiwa Konsili Yerusalem merupakan bukti yang sangat kuat bahwa Petrus memiliki otoritas atas pengajaran iman yang diwartakan para rasul yang lainnya. Sejak saat itu, di manapun para rasul menjalankan tugas pewartaan, selalu dikenal jabatan khusus yang kerap disebut “Penatua Jemaat”. Mereka juga memiliki fungsi koordinatif dan otoritatif dalam memelihara iman jemaat melalui pengajaran yang benar.

Orang Kristen, yakni kumpulan orang yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Penyelamat, selalu hidup dalam kebersamaan komuniter yang ditunjukkan oleh Kisah Para Rasul sebagai kehidupan “sehati-sejiwa”, baik dalam kata-kata maupun perbuatan.[8] Sikap anti pengikut Kristus oleh orang-orang Yahudi menjadi situasi yang umum pada saat itu. Orang-orang Kristen menjalankan kewajiban imannya dalam situasi yang serba terbatas, tertekan dan bergerak di bawah tanah. Kebutuhan akan sebuah wadah yang bias membahasakan legalitas sebuah perkumpulan terasa mendesak. Itulah sebabnya, iman yang merupakan jawaban manusia atas sapaan Tuhan, dikristalisasi dalam berbagai bentuk, termasuk lembaga keagamaan. Praktisnya, orang-orang Yahudi yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Penyelamat, memisahkan diri dari perkumpulan agama Yahudi lalu mengambil jalan baru sebagai orang Kristen.

Peristiwa Pentekosta, Roh Kudus turun atas Para Rasul, di Yerusalem memberikan peneguhan dan sekaligus jawaban atas berbagai keraguan yang timbul dari jalan Kristianitas yang baru. Orang-orang yang percaya ini semakin berani mewartakan Yesus yang telah berinkarnasi demi membebaskan seluruh umat manusia dari penindasan dosa. Dari Yerusalem, Kristianitas menjadi budaya baru bagi dunia yang merambah ke berbagai pelosok dunia.

Berpindah dari Yerusalem ke Roma[9] merupakan moment perubahan bagi sebuah perkembangan Kristianitas yang tak tersangkakan. Telah lama darah para martir membasahi pelataran kota Roma demi mempertahankan imannya, namun pengakuan sebagai lembaga agama yang resmi bagi kekaiseran baru terjadi di zaman Konstantinus. Ini merupakan era baru.[10] Sayap perluasan coba dikepak hingga akhirnya rambahan Kristianitas menjangkaui pelosok dunia. Dengan peristiwa ini juga Gereja sebagai lembaga keagamaan tempat iman coba dikristalisasi menjadi kuat dan kokoh. Manajemen pemerintahan Romawi yang teratur coba diterapkan dalam lembaga Gereja.[11] Iman, pada gilirannya, hampir diidentikkan dengan lembaga. Posisi iman kini bukan lagi sebagai prioritas melainkan sebagai salah satu fragmen, bagian yang dikaitkan dengan kultus [termasuk peribadatan seremonial dan tata aturan yang berlaku atasnya]. Iman pada saat tertentu coba dikalahkan oleh prinsip kelembagaan atau demi lembaga iman dikorbankan.[12]

Dalam kenyataan dunia modern, iman yang sama kian melenyap. Kepercayaan akan Allah yang maha baik dieliminasi oleh keyakinan yang kuat bahwa lembaga lebih penting. Lembaga adalah simbol iman. Tatkala lembaga Gereja turut terlibat dalam serangkaian tindakan yang merugikan banyak pihak seperti korupsi, kolusi dan nepotisme, benarkah simbol iman itu telah runtuh diterpa badai berhala? Garis demarkasi antara lembaga dan iman kian tipis ketika legitimasi lembaga atas iman memperoleh bentuk yang menghadang praksis iman dalam kehidupan bersama. Itulah sebabnya, dunia modern semakin acuh tak acuh terhadap unsur lembaga Gereja yang dinilai telah mengkhianati iman.[13]

2.2. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Apa yang kita sebut sebagai ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman sekarang ini erat terkait dengan kebudayaan dan masyarakat Barat Modern. Kebudayaan yang sama merupakan satu-satunya kebudayaan dalam sejarah umat manusia yang telah menjadi sasaran kritik habis-habisan dan yang pengandaian-pengandaian, keyakinan-keyakinan, dan prestasi-prestasinya yang telah dicapai terus menerus secara radikal dipertanyakan dan diperiksa.[14]

Dalam lancaran kritik dan pertanyaan yang diajukan, agama, yang ada pada pusat kebudayaan, kerap mengalami pukulan. Hal ini disebabkan oleh pelbagai faktor, terutama karena agama sebagai istilah sulit didefinisikan, melibatkan kita ke dalam cara-cara kita berusaha menghadapi dan memberikan arti pada realitas mutlak dan nilai-nilai dengan mana kita mencoba untuk hidup.[15]

Sejak zaman lampau, dimana para filsuf hidup dan mulai merambah dunia rasional secara gemilang, analisa logis atas kehidupan menemukan jalan baru. Manusia memahami dirinya sebagai penentu bagi kehidupan dan masa depannya. Eksplorasi intelektual karenanya dimungkinkan oleh kesadaran itu. Rasa kagum yang mendalam terhadap alam semesta dicurangi oleh kenyataan bahwa ia dapat dimasuki, diselidiki hingga diubah ke tata baru. Pengalaman berhadapan dengan alam yang sakral [subjektif] kini melahirkan anggapan profanisme [tersebab pengalaman objektif], serentak menghadirkan keinginan untuk mengeksploitasi. Tanah yang dulu dilihat sebagai ibu, kini tak lebih dari sekedar materi biasa. Alam semesta yang menimbulkan kekaguman karena sekian rahasia tak tersibak, kini diobyektifasi sehingga ia tak lebih sebatas “lahan” untuknya ilmu pengetahuan dan teknologi diterapkan.

Pendekatan ilmiah baru yang secara luas telah dipakai membawa empat kesimpulan penting. Pertama, Hak azasi manusia untuk menggunakan akal budi yang dianugerahkan Tuhan, bahkan kalau penggunaan tersebut seringkali membawa orang pada situasi mempertanyakan tradisi yang sudah diwariskan. Kedua, Kepercayaan bahwa alam semesta berperilaku menurut hukum-hukum dan prinsip-prinsip alamiah. Ketiga, Kepercayaan bahwa sebab-sebab yang bersifat alamiah dan manusiawi dapat ditemukan sebagai penjelasan untuk hampir setiap persoalan dalam alam semesta. Keempat, Masa lalu dapat dimengerti berdasarkan masa kini, karena apa yang dahulu mungkin sekarang masih mungkin, dan apa yang sekarang tidak mungkin sudah sejak dahulu memang selalu tak mungkin.[16]

Berdasarkan gagasan baru ini, ilmuwan-ilmuwan coba menampilkan analisis yang tajam atas pandangan yang keliru tentang ilmu pengetahuan terkait dengan apa yang ada dalam Kitab Suci. Galileo [1564-1642] dari Italia dan Kepler [1571-1630] dari Jerman menyadari hal ini. Mereka membantu Gereja untuk membedakan secara tajam apa yang dikatakan Kitab Suci yakni Karya Penyelamatan Allah dengan ilmu pengetahuan tentang alam semesta. Perlahan-lahan, Kitab Suci yang mulanya dipandang sebagai buku ilmu pengetahuan tersingkir. Bahkan ada yang beranggapan bahwa Kitab Suci memberikan data yang salah.[17] Akibatnya, pribadi [Allah] yang diwartakan Kitab Suci juga dipinggirkan. Allah tidak lagi atau jarang dilihat sebagai yang memiliki peran penting dalam tata ciptaan. Lebih-lebih ketika Charles Darwin [1809-1882] menelorkan teori Evolusi yang menggemparkan arah pemikiran saat itu. Allah kemudian dilihat sebagai salah satu faktor saja dalam keseluruhan ciptaan.[18]

Di zaman modern, ketika manusia sudah memiliki kepintaran yang tak terkira sebelumnya, bahkan mencapai angkasa luar, Allah yang diwartakan oleh agama kian tidak menampakkan pengaruh yang luas dalam gagasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Allah lalu menjadi sebuah gagasan yang kerap dikaitkan dengan teori kemungkinan. Ketika teknologi dan ilmu pengetahuan tidak sanggup menjawabi persoalan manusia modern, Allah lalu dianggap sebagai “yang memungkinkan” keajaiban terjadi. Tetapi “kemungkinan” selalu berada pada posisi tak sengaja, jika apa yang eksata, rasional sudah tak sanggup memberikan kepastian. Allah, kalaupun dipeduli, dipakai sebagai symbol pemersatu untuk menjalankan misi yang berkaitan dengan kekerasan seperti terorisme dan pelbagai perang yang diberi label “demi Allah”.

2.3. Kesadaran akan Otonomitas Diri[19]Ilmu pengetahuan modern membawa banyak dampak yang luas untuk agama dan Tuhan yang diperkenalkannya.[20] Kesadaran akan otonomitas diri muncul ke dalam pentas kehidupan manusia setelah sekian lama manusia hanya bergantung pada pemahaman keliru tentang rahmat Allah dan penyelenggaraan Ilahi [providentia Divina]. Psikologi sebagai ilmu yang membahas aspek kejiwaan manusia menemukan jalan baru untuk menunjukkan bahwa manusia memiliki otonomi atas dirinya sendiri. Selain sebagai mahkluk social [ens sociale], ia juga makhluk yang berpribadi [persona].

Adalah Rene Descartes, seorang filsuf Prancis dan Francis Bacon coba meletakkan dasar empirisme. Bagi mereka, ilmu pengetahuan terdiri atas pengalaman terhadap kejadian, dan dari situ ditarik kesimpulan-kesimpulan yang menguasai kejadian-kejadian itu. Muncullah apa yang disebut sebagai diktum terkenalnya, “Dubium Methodicum” [Kesangsian Metodis]. Melalui Dubium Methodicum ini, pengetahuan yang berasal dari tradisi mesti dibimbangkan. Hanya satu kenyataan yang tak bisa dibimbangkan yakni bahwa saya sedang berpikir. Lahirlah pernyataan terkenal Descartes, “Cogito Ergo Sum” [Saya berpikir, jadi saya ada]. Norma kebenaran ialah pikiranku sendiri. Dengan demikian, apa yang tak bisa dipikirkan maka dia “tak ada”, kecuali kalau kita menerima, daya pikiran manusia itu terbatas.[21] Itu berarti pengamatan manusiawi dicurigai. Sikap dasarnya adalah keraguan metodis dan “berpikir” berarti mengambil jarak dari dunia lain.[22]

Sejak gagasan ini disebarluaskan, efek yang paling kuat ialah bahwa manusia ternyata telah menjadi “pusat” dari kehidupan sendiri. Manusia yang rasional adalah mahkluk yang “ada” dan serentak “meng-ada”.

Pertanyaan tentang eksistensi manusia terus diajukan. Keraguan tentang peran agama dalam kehidupan manusia makin dilancarkan. Situasi zaman yang bobrok oleh keacuhan terhadap nilai-nilai moral-religius membawa malapetaka yang tak tersangkakan. Perpaduan yang tidak seimbang antara orientasi hidup religius dan profan menyebabkan manusia tereliminasi ke dalam situasi yang merendahkan kehidupan duniawi serentak mengagungkan kehidupan “nanti”[rohani]. Lahirlah beberapa pemikir yang melihat bahwa agama dan Allah adalah ciptaan manusia.

Ludwig Feurbach [1804-1872] merumuskan kritik agamanya dalam Das Wesen der Christentums [Hakikat Agama Kristiani] dan Das Wesen der Religion [Hakikat Agama]. Bagi Feurbach, agama berarti kesadaran akan Nan Tak Terbatas. Jika demikian adanya, maka agama berakar dalam diri manusia, yang ciri khasnya adalah kesadaran tak terbatas. Agama adalah hubungan manusia dengan jati dirinya yang tak terbatas. Agama Kristen adalah proyeksi hasrat manusia akan hidup kekal, kesejahteraan dan kebahagiaan. Manusia adalah awal, pusat dan akhir agama. Karena itu, agama memalingkan manusia dari dirinya sendiri dan dari tugas di dunia ini. Agama menjadi rintangan bagi ilmu, kemajuan dan pendidikan, pencerahan, kedewasaan dan kebebasan dan membuat moral menjadi perintah saja. Keadilan, kebaikan dan kasih mempunyai dasar dalam dirinya sendiri. Di dalamnya manusia tergantung dari alam semesta dan mengakui ketergantungan itu.[23]

Mengikuti alur pemikiran Feurbach, Karl Marx [1818-1883], membuat sebuah pertanyaan sebagai berikut: “Mengapa orang menciptakan Agama?” Menurut Marx, agama adalah khayalan orang yang mencari pegangan hidup, yang tidak ada di dunia ini. Tetapi karena agama dianggap sesuatu yang real [padahal sesungguhnya bukan, dia hanya semu], maka ternyata agama menjadi candu bagi rakyat dan “meninabobokan” rakyat. Kritik terhadap agama pada gilirannya adalah kritik terhadap hukum, dan kritik teologi tidak lain adalah kritik politik. Sebab, agama adalah sesuatu yang superstruktur dalam struktur masyarakat. Kritik Marx diarahkan pada agama Kristen yang menganjurkan matiraga dan karenanya meremehkan perjuangan. Melalui agama, kaum kapitalis [pemodal] melumpuhkan kaum proletar [pekerja].

Friederich Nietzsche [1844-1900] memaklumkan kematian Allah dengan menandaskan bahwa jika manusia ingin menjadi “super”maka gagasan Allah harus ditiadakan. Allah-lah yang menyebabkan manusia menjadi kerdil, tak berdaya dan kehilangan otonomitas dirinya. Menurut Nietzsche, agama berasal dari rasa takut terhadap nenek moyang dan alam. Semangat kristiani karenanya, adalah semangat para budak.

Berbeda dengan Feurbach, Marx dan Nietzsche yang memandang agama sebagai penghalang bagi perkembangan manusia, Sigmund Freud [1856-1933] melihat agama [dan dalamnya ada Allah] sebagai tempat pelarian. Agama adalah ilusi, proyeksi dari keinginan infantile akan dunia yang ideal. Ayah diproyeksikan sebagai seorang ayah yang bertugas untuk menghibur dan melindungi anaknya yang tak mampu berdikari. Karena itu, kebaktian religius adalah sebuah proses paksaan. Orang tidak tahu mengapa ia harus melakukan itu, tetapi ia harus melakukannya, jangan-jangan ia mengalami kecelakaan sebagai hukuman dari Allah. Ini semua berawal dari Oedipus Kompleks, yakni pengaruh kejiwaan “alam-bawah-sadar” manusia.

Beberapa tokoh pemikir yang memiliki pengaruh yang besar atas agama telah ditampilkan bagian terdahulu. Tokoh-tokoh lain membuat analisis mereka berdasarkan ide-ide yang dilontarkan Feurbach, Marx, Nietzsche dan Freud. Menjadi jelas bagi kita bahwa melalui pemikir-pemikir ini, identitas kemanusiaan kita sebagai mahkluk yang memiliki otonomitas menjadi terang benderang. Manusia ternyata memiliki kekuatan yang terkandung di dalam esensi dan eksistensinya. Bagaimana memanfaatkan daya dan energi yang ada, itulah yang menjadi tugas dan tanggung jawab manusia sebagai mahkluk yang tak hanya rasional tetapi juga religius.

Berada pada zaman high tech seperti sekarang ini, dimana kita tidak hanya bergerak pada jalur komunikasi verbal tapi juga melalui jalan audiovisual dan maya [internet, handphone camera, dsb], membuat manusia menjadi “lupa diri” bahwa sebenarnya kecanggihan teknologi apapun memiliki keterbatasan. Sikap “lupa diri” itulah yang membawa manusia pada “penyembahan terknologi”yang serentak mendewakan hasil ciptaannya sendiri. Bahwa manusia memiliki kemampuan yang hebat, itu tak perlu disangkal. Tetapi, kesadaran bahwa manusia memiliki keterbatasan itu perlu terus didengungkan. Ketika ketidakseimbangan [unbalance] tak dihiraukan, manusia akan masuk dunia baru yakni “dunia stress” yang menjadikan hasil iptek sebagai sembahan baru.[24]

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

61 Komentar

  1. According to the IIEF-5 scores at 6 months and 1 year in the tadalafil group, the scores of the bilateral NS group 10 best cialis online My partner is 15 years older than I am and despite the fact that we ve been together for ages, he always worried that his age could become a problem

  2. Cialis Professional doesn t prevent pregnancy paxil or priligy Some manufacturers provide some sort of additional support of these supplements through a pre-filled capsule or capsule with a liquid inside of it that allows the capsules to dissolve over time, but that provides no additional benefit from the added benefits of the drug itself

  3. stromectol achat In our experiments, abrogation of type I IFN signaling in cancer cells did not affect PD L1 expression in vivo under most of our experimental conditions, perhaps because type II IFN signaling pathways remained intact

  4. The remedy for an acute attack can involve treating the affected joint directly removing the crystal laden joint fluid with a needle, then injecting an anti inflammatory steroid into the joint nolvadex pct for sale Complete statistical analysis for these and all subsequent experiments is detailed in Table 2

  5. Nasza strona jest prawdziwym partnerem kasyna Vulkan Vegas. Za porozumieniem z kasynem dajemy możliwość nowym graczom na zdobycie jednej z najlepszych ofert na rynku. Kasyno darmowe spiny bez depozytu zostaną przyznane każdemu graczowi, który zarejestruje się na stronie. Nie trzeba robić nic więcej, wystarczy rejestracja i odebranie darmowych spinów. Legalne polskie kasyno online to na gruncie polskiego prawa tylko kasyno, które uzyskało koncesję ministerstwa, jednakże to zbyt daleko idące uproszczenie, które nie uwzględnia faktu przynależności Polski do Unii Europejskiej. Zatem choć formalnie kasyna online zarządzane przez firmy nieposiadające monopolu w tym zakresie, są niedopuszczalne na gruncie polskiego prawa, to jednak zgodnie z prawem Unii Europejskiej, które co do zasady stoi ponad polskim prawem, każdy obywatel UE może swobodnie korzystać z usług każdej firmy, która legalnie zarejestrowała się i działa na terenie Unii Europejskiej. https://watchtowergeeks.com/community/profile/merlemundy5389/ Miernik Amiko X-Finder 3 do pomiarów zarówno cyfrowych sygnałów satelitarnych… W 1989 roku rodzina Sílvio Santosa i Paula Machado de Carvalho sprzedała płytę Edir Macedo i jego Igreja Universal do Reino de Deus. W następnym roku Record stał się kanałem ogólnokrajowym, w związku z 37. rocznicą nadawania, zadebiutował swoim obecnym logo, a później tego samego roku rozpoczął nadawanie satelitarne, powracając do Rio w 1993 roku. Biorąc pod uwagę zielonoświątkowe powiązania nowego przywództwa, nie jest zaskoczeniem, że Record’s długa linia programów religijnych została prześledzona do jego wznowienia. Polsat belongs to the Polsat Group (WSE: CPS), which also owns other channels. During your stay on island are many absolutely free antivirus available options, choosing the right is crucial. Ahead of you download a program, you have to look up its statistics. The AV-TEST Company is a good supply of information on malware programs. They test anti-virus how to use your xbox controller on pc courses regularly and can help you choose the very best free ant-virus for personal computer.

  6. 今天文章的主题讲的是暴露对手牌力是强是弱的常见马脚,但在细数这些马脚前,我们先来说一说牌桌上最值得参考的马脚模式是什么? 周日百万赛是线上规模最大、奖金最高的每周扑克锦标赛,总奖金1,000,000美元保底! 2、顶尖防作弊系统打造绿色公平游戏环境,时刻为玩家维护公平性与安全性,玩棋牌就要放心玩,这样才更精彩; 牌手在牌桌上有许多事情需要关心:有的信息很重要,你应该关注得越多越好;而有些方面则应该减少关注,甚至尽量不去考虑。 今天文章的主题讲的是暴露对手牌力是强是弱的常见马脚,但在细数这些马脚前,我们先来说一说牌桌上最值得参考的马脚模式是什么? 下载并安装PokerStars扑克之星桌面应用程序,您将向我们分享特定识别数据,以便我们提供游戏服务。识别数据包括但不限于浏览器和设备信息、位置以及用于性能监测与分析的应用程序使用数据。 https://freefirsttest.com/home/community/profile/danhumphries22/ 台湾 香港橘子GASH卡 500点 支付成功,选择返回商家页面提取卡密,同时也会收到包含卡密详细信息的邮件 例:以BTC USDT为例,若借币金额10000 USDT,每日借币服务费率为0.098%,则每小时需支付9.8 USDT服务费。若打开点卡抵扣,且点卡余额充足,则将直接扣除9.8点卡(pts)作为杠杆借币服务费。   “我平时不太会用智能手机,如果能用这种方式消费,对我来说很方便。”已经退休的石景山区居民黄女士听完讲解,马上申请了低碳卡,“听说今后还能用来骑单车、坐公交和地铁,这对我们老年人来说特别实用。” Starbucks China 5 欧元、15 欧元、25 欧元、50 欧元、100 欧元、1 – 250 欧元 “我平时不太会用智能手机,如果能用这种方式消费,对我来说很方便。”已经退休的北京市石景山区居民黄女士和家人一起来到首钢园区的数字人民币大道看展。今年,服贸会金融服务专题展开通了数字人民币大道,让观众现场体验各色数字人民币软硬件产品。“听完工作人员的讲解,我现场申请了低碳卡。听说今后还能用来骑车、坐公交和地铁,这对我们老年人来说特别实用。”黄女士表示。

  7. “Made of Nephrite Jade, this patented tool was designed by an acupuncturist and expert in facial Gua Sha,” Garshick said. “It offers different shapes and textures to help provide benefits to all the areas of the face.” Each stone is handmade and made from real Nephrite Jade. Your cart is empty Move to the jawline and use the end of the Gua Sha tool with the two curves. Start from the chin and scrape until the ear. Gently massage the Gua Sha tool into the ear to release tension. В© SOLARIS LABORATORIES NY. Use the Rose quartz gua sha tool for your daily facial massage to relax, gently lift and improve blood circulation in your facial muscles. Only takes 5 mins to see instant lifting of your facial skin! Use regularly for best results. Mount Lai Shipping & taxes calculated at checkout https://city-wiki.win/index.php?title=Maybelline_fit_me_shine_free_foundation_stick_swatches What We Love: This eyeshadow primer is derived from natural ingredients and won’t cause irritation for those with sensitive eyes. The only primer that’s ever worked for me….This is the best eye shadow primer I’ve used. My eye makeup never stayed put — I’ve tried changing liners, shadows, lotions, primers…this is the only one that’s worked for me in years!…Affordable, middling primer….I think that if you are a natural gal, sticking to mostly neutrals, this would be a fantastic product for you. I like really dark and vibrant eye looks. This doesn’t prevent the fallout. Encased in a little pot, the creamy primer can be dabbed onto your eyelids with a brush or finger to create a uniform canvas for your eyeshadow. “I’ve tried many eye shadow bases and primers to get bright colors to pop. Nothing has worked for me as good as this NYX white base,” a reviewer on Amazon said. The primer pot also comes in a black variation to enhance deeper hues in your shadow, making it a must for any face artist. Like one reviewer said, “You want your face to be a rainbow? You know you do!”

  8. И така, вие търсите онлайн казино, за да отворите акаунт и да започнете да играете. Като потребител за първи път в казино, вие имате право на определени бонуси за първия си депозит (или депозити). Това е така нареченият „Бонус за добре дошли“, който всички казина предлагат, за да привлекат нови играчи. Отваряйки уебсайта на Winbet, вие веднага ще видите на челно място бутона, който ще ви отведе към казиното. Отваряйки казино секцията на Winbet, бързо ще се ориентирате в обстановката и подредбата на различните сегменти. Твърде вероятно е да се загледате в лявата част на своя екран, където са поместени последните печалби и трупащите се солидни джакпоти. https://lymeguide.info/community/profile/rozella72q6772/ Всеки потребител ще може да намери играта, която ще му хареса, в зависимост от първоначалната му кандидатура. В най-добрите български онлайн казино представени най добрите казино игри от топ игри разработчици, среди които: Netent, Плейтех, Microgaming, Novomatic, Evolution gaming, Igrosoft. Както личи и в името, казино бонус без депозит не изисква от играча да рискува реални средства. Това са вторите най-популярни бонуси в света, след невероятно щедрите оферти за първи депозит. Единственото, което се изисква от вас, е да се регистрирате в дадения сайт.

  9. Όλα σχεδόν τα online καζίνο επιτρέπουν στους παίκτες να παίξουν κλασικα φρουτακια free για να τα δοκιμάσουν. Στη συνέχεια μπορεί κανείς να δοκιμάσει και με πραγματικά χρήματα. Μπορεί το παιχνίδι να είναι ίδιο και στις δύο περιπτώσεις, όμως είναι άλλη αίσθηση το να στοιχηματίζεις πραγματικά χρήματα με το να παίζεις με ένα απεριόριστο πορτοφόλι χρήματων. ΝΕΑ Αποκλειστική Προσφορά* 88 Fortunes Dragon’s Temple 21+ | Αρμόδιος Ρυθμιστής ΕΕΕΠ | Κίνδυνος εθισμού & απώλειας περιουσίας | Γραμμή βοήθειας ΚΕΘΕΑ: 1114 | Υπεύθυνο Παιχνίδι https://jauczen.pl/index.php/community/profile/jeromekeen54171/ Σήμερα δεν χρειάζεται κάποιος να πάει σε κάποιο απο τα καλύτερα καζίνο στην Ελλάδα για να παίξει online φρουτάκια. Mπορεί να το κάνει από τον καναπέ του σε κάποιο online casino με την ανεσή του παρακολουθώντας ταυτόχρονα τηλεόραση, πίνοντας καφέ ή ποτό και γενικά σε ένα πιο χαλαρό περιβάλλον. ΟΠΟΤΕ EΔΩ ΕΙΜΑΣΤΕ ΓΙΑ ΝΑ ΠΡΟΤΕΙΝΟΥΜΕ ΤΑ ΣΩΣΤΑ ΦΡΟΥΤΑΚΙΑ ΤΑ ΕΛΛΗΝΙΚΆ ΤΑ ΜΑΧΗΤΙΚΑ ΤΑ ΕΠΑΝΑΣΤΑΤΙΚΑ ΚΑΙ ΕΛΠΙΖΟΥΜΕ ΝΑ ΤΑ ΔΟΥΜΕ ΣΤΙΣ 25 ΜΑΡΤΙΟΥ 2022: Στα ελληνικά φρουτάκια οι παίχτες μπορούν να παίξουν τα αγαπημένα τους παιχνίδια έχοντας ως κύρια γλώσσα τα Ελληνικά.

  10. ไอคอนเกมคาสิโนตั้งค่ารูปแบบการ์ตูน ไอคอนคาสิโนตั้งค่ารูปแบบการ์ตูน Thank you for your Feedback! Thank you for your Feedback! ไอคอนคาสิโนตั้งค่ารูปแบบการ์ตูน How do you like the search results? เข้าสู่ระบบ pikbest และรับการดาวน์โหลดฟรีทุกวัน เข้าสู่ระบบเพื่อดูเพิ่มเติม ลงทะเบียนฟรีเพื่อดูเพิ่มเติม ตัวการ์ตูนมักถูกใช้เป็นสัญลักษณ์แทนเงินซึ่งสามารถเห็นได้ในการ์ตูนหลายเรื่อง
    http://www.girlgangau.net/community/profile/hymanschindler/
    The Catfather สล็อตออนไลน์จากค่ายเกม Pragmatic Play หรือที่รู้จักกันในชื่อเจ้าพ่อแมวผู้ร่ำรวย มีธีมเกมเกี่ยวกับ เราขอบอกเลยว่า ทดสอบเล่นสล็อตฟรี ไม่ต้องเสียตังค์เพิ่มสักบาท เล่นได้ทุกเกมที่พวกเราจัดไว้ให้ ต้องการทดลองอะไรใหม่ๆหรือฝึกเล่นเกมไหน ก็ห้ามพลาดเด็ดขาด สล็อต Super Ace สล็อตออนไลน์สุดเจ๋งเอาใจคนรักพนันโดยเฉพาะ และแม้จะเป็นเกมสล็อตแต่ถูกนำให้มีลักษณะคล้าย

  11. Jackpot Charm Casino is a bright new online casino offering players a good range of games including the usual slots, table and live games. There is also some live sports betting and a range of virtual sports games on offer. Alongside these, there are some entertaining jackpots and tournaments for players to enjoy. However, the wagering requirements are generally on the high side. There is an efficient customer service team available via live chat or email and the casino also accepts Bitcoin payments, which is a plus for players wishing to remain anonymous. Launched in May 2020, Jackpot Charm Casino is a fairly recent gambling website and holds a valid Curacao eGaming license. Huge welcome bonuses and promotions, a wide variety of games and secure payment methods are some reasons why Jackpot Charm is a popular destination for online players. The site also welcomes punters looking for UK online casinos not covered by GamStop.
    https://shanemfwo643200.bloggerbags.com/18505557/online-casino-slots-echtgeld
    Der „Gewinnfaktor mind.“ errechnet sich aus dem Mindestgewinn dividiert durch den Mindesteinsatz, welcher je nach Casino variieren kann. Welche Extras The Dog House zu bieten hat, wollen wir gleich klären. Zudem werfen wir direkt einen Blick auf The Dog House Megaways, denn auch der Nachfolger besticht durch innovative Features sowie vor allem durch seine Vielzahl an Gewinnmöglichkeiten. Auf den Walzen von The Dog House Megaways sehen sie unterschiedliche Hunderassen. Die Hunde blicken lustig und fröhlich drein. Das macht den Spielautomaten definitiv zu einem Gute-Laune-Garanten. Düster wird es nicht, von einer gruseligen Storyline ist dieser Automat ebenfalls weit entfernt. VERANTWORTUNGSBEWUSST SPIELEN: the-dog-house-megaways.com ist eine unabhängige Seite ohne Verbindung zu den von uns geförderten Websites. Bevor Sie in ein Casino gehen oder eine Wette abschließen, müssen Sie sicherstellen, dass Sie alle Alters- und sonstigen rechtlichen Kriterien erfüllen. the-dog-house-megaways.com hat das Ziel, informatives und unterhaltsames Material bereitzustellen. Es wird nur zum Zweck der informativen/aufklärenden Bildung angeboten. Wenn Sie auf diese Links klicken, verlassen Sie diese Website.

  12. Pour ce qui est du montant minimale ou maximale, aucune indication n’a été transmise par le casino à ce sujet. Ce qui n’est pas avantageux pour Grand Mondial casino, ajouté à cela la durée de retrait qui est relativement longue, si on porte en considération notre expérience sur Fast pay où la durée de retrait est instantanée donc pas besoin d’attendre des lustres pour empocher ses gains. Le Grand Casino de Vichy, aujourd’hui appelé Palais des Congrès-Opéra, est le bâtiment emblématique de la cité thermale. Il voit le jour à la suite de la venue de Napoléon III, alors Empereur des Français, selon les plans de l’architecte Charles Badger. Construit à partir de décembre 1863 dans le style « Beaux-Arts », il est inauguré le 2 juillet 1865. Le Grand Mondial accepte toutes les grandes cartes de crédit et de débit les plus connues, virements bancaires, et services de paiement en ligne les plus reconnus. Toutes les transactions sont, et ont toujours été, traitées de façon rapide et sécuritaire. Vous trouverez également sur leur site toute l’aide nécessaire si vous n’êtes pas familier avec la façon d’effectuer un dépôt.
    https://andersonzwoh948371.qodsblog.com/15066775/iphone-black-jack-canadiens
    Le lien de téléchargement n’apparaît pas ? Pas de panique : regardez ce didacticiel vidéo simple sur la façon d’installer GRATUITEMENT VIDEO POKER OFFLINE ! MOD APK or demander de l’aide à notre communauté. Nous sommes là pour vous aider! Jeu de poker gratuit, nouvelle génération Entrer avec Facebook Jacks or Better, Deuces Wild : de nombreuses variantes du jeu de carte sont mises à la disposition du joueur sur notre site. Pour accéder à ces jeux complets de video poker gratuit sans inscription, vous n’avez pas à effectuer de paiement. Gratuit, et Open Source Minetest est disponible en version Windows, Linux, Mac et Android. Là aussi vous aurez droit à un jeu de type bac à sable dans un environnement hautement pixellisé. Ramassez les matières premières dont vous avez besoin et construisez votre univers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button