Agama

Keberpihakan Gereja Bagi Kaum Miskin dan Tertindas

Kanisius Teobaldus Deki

Tom VOX dari NCR [National Chatolic Reporter][1] pernah mengajukan beberapa pertanyaan berupa angket untuk orang-orang Katolik beberapa waktu lalu. Sebagian angketnya berbunyi: “Sebutkan tiga persoalan pokok yang menurut anda mesti dibahas oleh konsili umum yang akan datang dari Gereja Katolik Roma, jelaskan dalam satu-dua kalimat mengenai alasannya”. Selain responden NCR, berikut ini beberapa hal yang menurut saya perlu mendapat perhatian serius.

Kemiskinan dan ketertindasan adalah masalah pokok yang melanda dunia, khususnya manusia yang berdiam di belahan bumi Selatan atau kerap disebut “Dunia Ketiga”.[2] Ketika semangat kapitalisme melanda dunia dan sanggup menguasainya, maka pihak-pihak yang tidak sanggup bertarung menjadi korban yang terobyektivasi oleh pelbagai kepentingan negara-negara maju.[3] Apa yang dibuat oleh Gereja melawan neo kolonialisme seperti ini?

Dalam konteks lokal, di Manggarai, Flores Barat, muncul semangat kapitalisme baru yang mengeksploitasi masyarakat petani melalui kebijakan-kebijakan pembangunan yang secara tegas tidak berpihak pada kebutuhan real masyarakat. Hal itu terungkap secara jelas pada kasus pembabatan tanaman rakyat di lahan-lahan yang secara sepihak diklaim sebagai lokasi hutan negara. Pertanyaan yang perlu dilontarkan, apa yang telah dilakukan oleh Gereja dalam membela keadilan bagi rakyat Manggarai yang tertindas?

Pilihan menjadi Kristen dan mengikuti Yesus adalah sebuah optio fundamentalis [pilihan mendasar] yang radikal.[4] Jika Gereja hendak menegaskan diri dan eksistensinya secara jelas, tandas dan tegas, maka ia berpihak pada kemiskinan dan ketertindasan umat-rakyat. Gereja sebagai umat Allah yang berziarah adalah pribadi-pribadi pembentuk komunitas yang berjalan dalam keadilan dan kesejahteraan yang dibangun di atas konstruksi kasih.[5] Melalui pelbagai cara, khususnya membangun kerja sama lintas jaringan, Gereja menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjuangan bersama civil society [masyarakat madani]. Hirarki dan awam,[6] sebagai bagian dari Gereja, adalah nabi yang coba merefleksikan kebutuhan umat, menawarkan pelbagai alternatif pemecahan untuk mengatasi multikesulitan dan serentak menjadi pembela bila anak-anak Allah ditindas.[7] Ketika Gereja bungkam terhadap pelbagai praksis ketidakadilan dan tindak kekerasan atas umat Allah, maka yang terjadi ialah rasa tidak percaya dan ragu yang bermuara akhir pada perasaan hampa dan tidak meletakkan harapan pada Gereja lagi.[8]

Di sini dibutuhkan sebuah perjuangan yang dilandasi sikap demokratis dalam membangun jaringan. Kita perlu belajar dari eklesiologi millennium pertama yang mengutamakan prinsip kesepadanan, kolegialitas, solidaritas dan subsidiaritas.[9] Persekutuan sejati Gereja lokal dibangun untuk menjawabi tantangan-tantangan aktual sekaligus mengindahkan konteksnya. Teologi Pembebasan yang dibangun di berbagai kawasan, khususnya gema yang ditampilkan oleh Amerika Latin membawa pesan yang mendalam bahwa Gereja, baik sebagai institusi maupun sebagai umat Allah sanggup menciptakan perubahan dalam kehidupan manusia.[10] Keberpihakan yang radikal dan solidaritas yang dihayati bukan sekedar membagi makanan, melainkan sebuah aksi nyata yang dilancarkan terkait dengan struktur-struktur yang menindas.

Itulah sebabnya, kolaborasi tidak sehat antara pemerintah dan pejabat Gereja mesti dihindari. Implikasinya, 1] Ekaristi yang hidup adalah sebuah moment dimana hidup dirayakan, bukan hanya dalam ruangan atau gedung Gereja maupun Kapela, tetapi nyata dalam kehidupan yang luas. Yesus memberikan makanan kepada orang lapar, menyembuhkan orang buta dan orang lumpuh, mereka yang mengalami berbagai penderitaan, membebaskan orang yang kerasukan roh jahat, melepaskan stigma sosial bagi mereka yang tereliminasi dari pergaulan masyarakat dan bahkan membangkitkan orang mati. Itu semua adalah kenyataan aktual di mana Yesus menghadirkan diriNya secara utuh, penuh bagi mereka yang dilayaniNya. “Ekaristi Yesus” adalah moment memberikan segalanya, hidupNya bagi orang yang dilayaniNya. Dan Yesus sebagai Ekaristi karenanya hidup di dalam diri orang-orang yang sungguh percaya padaNya.

2] Tidak perlu dibangun gedung Gereja yang megah, katedral dan mewah, kapela yang indah kalau iman umat bukan menjadi pusat perhatian. Iman yang hidup mesti menjadi orientasi, karena untuk itulah Gereja ada dan perlu. Umat Allah kerap terlalu dihadang oleh administrasi yang [karena terlampau ditekankan] dikira sebagai bagian yang lebih penting sine qua non [syarat mutlak] dari pelayanan Gereja. Iman yang hidup itu mesti menjiwai orang-orang miskin dan tertindas sehingga terbangun rasa solidaritas di antara mereka dalam menjawabi tantangan bersama. Iman yang hidup mesti meresapi kaum kapitalis dan pengambil kebijakan di pemerintahan supaya mereka tidak memandang kemiskinan rakyat sebagai “lahan” untuk meraup keuntungan. Iman yang hidup merupakan sebuah imperative bagi semua orang Kristen supaya di antara mereka terdapat kasih yang jujur dan saling menghormati sebagai sesama anak Allah.

[1] Bdk. Tom Vox, “Blue Print of Vatican III”, NCR. Edisi bahasa Indonesia diterjemahkan oleh Yoseph Maria Florisan, dalam: Georg Kirchberger dan John Prior [eds.], Op. Cit., hh. 155-203.

[2] Dunia Ketiga [D3] ialah dunia bekas jajahan, dan yang kemudian merdeka tetapi masih membawa akibat-akibat dari penjajahan masa lalu seperti kemiskinan, keterpecahan, penindasan dan ketergantungan. Dengan kata lain, Dunia Ketiga adalah dunia yang sedang membangun di tengah dunia yang cenderung monolitik. Karena itu kelihatannya dia sedang dijajah secara baru tetapi serentak sedang bangkit melawan penjajahan baru itu dengan membangun kepercayaan diri yang baru untuk bisa memberikan alternative baru. Bdk. Yoseph Suban Hayon, Teologi Asia,  Maumere: STFK Ledalero, 1999, h. 2. Ungkapan D3 pertama kali dinyatakan oleh Alfred Sauvy, demokrat Prancis tahun 1952. Ia berbicara dalam majalah Brasil tentang 3 dunia. Dalam artikel “Trais mundes una Planete” yang terbit 14 Agustus 1951 dalam majalah “L ‘Observateur Politique, Economique et Litteraire” dia berbicara secara eksplisit tentang D3. D3 digunakan untuk negara-negara yang sedang berkembang, miskin yang terbanyak berada di bumi belahan Selatan. Itu berarti suatu realitas luas yang merangkum AmLat, Asia, Afrika dan Oceania [terkecuali: Australia dan New Zealand]. D3 merupakan realitas jamak, poliandrik, realitas yang sama: pemiskinan, penindasan, penjajahan, kebergantungan. Sejak tahun 1970-an arti ini diperluas: kaum imigran, buruh di seluruh dunia dan kelompok-kelompok minoritas miskin di negara-negara maju. Bdk. Yoseph Suban Hayon, Teologi Dunia Ketiga,  Maumere: STFK Ledalero, 1999, h. 4.

[3] Secepat kilat Amerika Serikat memasuki tahap baru imperiumnya. Ia bahkan tidak hanya menguasai dan menjajah perekonomian dunia dan media serta memiliterisasi perekonomian dan pemerintahannya sendiri, kini ia menjajah sumber-sumber daya bumi yang lebih penting dengan maksud mengendalikan melalui militerisasi angkasa raya [starwars]. Bdk. Paul Kenedy, Menyiapkan Diri Menghadapi Abad ke-21, terjemahan S. Maimoen. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1995, hh. 434-488.

[4] Istilah optio fundamentalis digunakan untuk menunjuk pilihan dasar atau sikap dasar manusia. Kalangan teolog menggunakan istilah ini untuk melukiskan perwujudan kebebasan dalam proses menjadi diri manusia [freedom of being]. Tindakan manusia untuk menjadi diri dapat digolongkan ke dalam optio fundamentalis sebab optio ini merupakan arah hidup dalam pribadi manusia. William Chang, Pengantar Teologi Moral, Yogyakarta: Kanisius,  2001, h. 73.

[5] Bdk. 1 Kor 4:21.

[6] Terdapat anggapan yang keliru tentang Gereja yang hanya dilekatkan pada hirarki sehingga seolah-olah kaum awam mencuci tangan dari setiap problem yang dihadapi Gereja. Semangat “menggantungkan diri”dan : “tunggu dari atas” adalah mentalitas yang tidak relevan [out of date] dan harus dienyahkan dari konsep kita tentang Gereja pada masa kini.

[7] Allah tidak tahan menyaksikan penderitaan orang Israel di Mesir [Kel 1:1-22]. Itulah sebabnya Ia mengutus Musa dan Harun untuk membebaskan mereka dari ketertindasan serta kemelaratan dan membawa mereka ke “tanah terjanji” [Kel 3:9-10].

[8] Masyarakat Manggarai, khususnya mereka yang tanamannya dibabat oleh kebijakan Pemkab Manggarai pada zaman Drs. Anton Bagul Dagur menjadi bupati, kerap mengungkapkan rasa kekecewaan yang mendalam ketika mereka merasa tidak dibela oleh Gereja [yang dimaksud baik hirarki maupun awam].
[9] Bdk. Kis 2:41-47.

[10] Uraian yang memadai tentang Teologi Pembebasan dapat dibaca dalam buku Gustavo Gutierrez, A Theology of Liberation, Maryknoll: Orbis Books, 1973.

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

195 Komentar

  1. Recently published studies on postmenopausal hormone replacement with synthetic substances associated severe negative side effects with an increase in duration of administration clomid by avents Clinical value of monitoring BMD in patients treated with bisphosphonates for osteoporosis

  2. 50 of women who have insurance are not getting mamograms like they should, just think what the stats are for the under or uninsured i took expired doxycycline Patients randomly assigned to the counseling program received phone consultations by a nurse, daily text messaging reminders, and written communication

  3. Poker to fascynująca gra, która rozpowszechniła się na wszystkie kontynenty. Choć istenieją rózne hipotezy, co do jej poczatków, jedno jest pewne: w pokera grano już na statkach parowych kursujących w górę rzeki Missisipi. Tradycja pokera w stanach jest bardzo silna, choć kwestia hazardu online jest kwestia sporną i odmienną w poszczególnych stanach. Dziś w pokera gra się na całym świecie, przy stole na żywo i za pośrednictwem komputera. Nie możesz połapać się w tym, jaki układ jest lepszy? pięć kolejnych kart w tym samym kolorze (gdy dwóch graczy ma pokera decyduje najwyższa karta) Jak już wspomnieliśmy wcześniej, poker zasady ma ustalone tak, że wygrywa ten gracz, który uzyska lepszą kombinację od innych uczestników. Układów kart nie jest dużo, więc łatwo je zapamiętać. Radzimy zrobić to od razu podczas nauki gry w pokera, aby oszczędzić sobie niepotrzebnych nerwów związanych z niewiedzą. Poniżej przedstawiamy wszystkie układy pokerowe, w kolejności od najsłabszej do najmocniejszej ręki: https://murvual.com/discussion/profile/mathiasharley91/ Wieczór tematyczny w postaci uroczystej kolacji z kasynem: ruletka amerykańska, Black Jack, Stud Pocker, krupierzy, hostessy sprawią, iż poczujecie się Państwo jak w prawdziwym kasynie, gra odbywa się na imitacji środków płatniczych, podczas gry przygrywa DJ, który też prowadzi przebieg imprezy. Pamiętaj aby przed rejestracją w kasynie dokładnie zweryfikować miejsce w którym chcesz założyć konto. Absolutnie konieczne jest, abyś poświęcił trochę czasu, aby dowiedzieć się, co inni myślą o miejscu, w którym chcesz otworzyć konto. Przeszukując Internet w poszukiwaniu recenzji graczy i referencji, będziesz w stanie szybko uzyskać jaśniejszy obraz tego, co inni gracze myślą o danym kasynie. Bardzo przydatne w takich przypadkach są zaufane strony z recenzjami które na bieżąco informują graczy w przypadku gdy pojawią się jakieś problemy.

  4.   在他调任县城新区工程指挥部后,灵溪镇渎浦片区正在拆迁。时任渎浦斗南村村委会主任黄可诤在协助开展拆迁工作时,盯住了“拆迁安置”这块肥肉。为了拉拢陈祖埕,黄可诤时不时上门给其送烟送酒。可陈祖埕一律予以谢绝。在得知陈祖埕爱好打麻将后,黄可诤就投其所好,想方设法通过麻友和陈祖埕“深交”,甚至还租下一间套房常年组织牌局,陪他消遣。久而久之,麻将桌上“摸”出的情谊让两个人越走越近。 过年我老公天天晚上出去喝酒。我跟他吵说了他几句他还骂我。我家婆还向着他。唉 心里好苦 虽然他没有名利双收,不过他的创意永远值得我们敬佩,而他创新的精神也值得我们去学习。 http://studentfriendly.gregmaster.com.br/comunidade/profile/dieterseaman171/   最近,麻将在西方引起一轮新的讨论,然而人们讨论的焦点不是打法而是外表。由于麻将是从中国出口到西方的,麻将上的文字是中文,外观也是按照中国审美制造,美国三名女性觉得中式麻将到了美国很突兀,她们决定撤除麻将上的中国元素,创造一副“白人麻将。” 6 在牌局中,如果运气相同,坚定按赢输概率大小出牌,赢牌的概率也会高。千万不能因偶然的小概率事件,而否定大概率,这是输牌不输理的基本原则。若你知道了在麻将中的灵活运用这些概率,那么赢牌的几率将会大大的提高。在有意无意之间,就会发现自己上听的速度越来越快,胡牌的次数越来越多 我小升初那年暑假,村里还没有通电,我每天不是和小伙伴玩得不着家,就是闷头睡大觉。

  5. >>Grab our Best-selling Books for Kids While it’s true that money can’t buy happiness, research shows that there is a strong correlation between financial stability and happiness. In other words, people who are financially secure and have enough money to cover their expenses are generally happier than those who are struggling to make ends meet.However, there are a number of other factors that contribute to happiness, such as your personal relationships, health, and overall sense of wellbeing.So, while money is important, it’s not the only thing that matters when it comes to your happiness. Suppose you think a new 24” LED TV will bring you happiness but after having the same 24” LED you see a better option and it makes you feel sad. You want to have better than this. It is not actually the tv that gives you happiness, it is the human nature of having more. A human being is one who is never satisfied. Happiness is actually the state of mind which cannot be achieved by materialistic things. There are many reasons which prove that money can’t buy happiness. https://reconcilation.com/community/profile/fredcolley98621/ 3. OrganizingThere are at least two ways to organize a compare contrast essay. Imagine you are examining Robert E. Lee and Ulysses S. Grant, both Civil War generals. In your list you have uncovered important points of dissimilarity between them. Those points are their background, personalities, and underlying aspirations. (Call these three points A, B, and C.) You have decided to contrast the two subjects. Draw conclusions about their comparisons (e.g., “I compared the information from this website to the information in the book from the library. The website information is more current.”; “It took longer for the ice to melt in that container than it did in this one. So that container is better for keeping your drink cold than this one.”) Our service consists of a group of experts in the field of academic writing, editing, and proofreading. We have been working for more than 6 years, and the majority of clients become our loyal friends. We provide students with writing help of any type, no matter what problem they have. Our goal is to ease your complicated student’s life, full of deadlines and requirements. We have experts in each academic discipline, and they seek to help you with the assignment.

  6. how to take nolvadex pct Because tumor development was not observed in Tg EZH2 WT mice 12, we crossed Tg EZH2 T416D or Tg EZH2 WT mice with Tg Neu mice, which can develop mammary tumors with luminal features GATA3 positive, CK18 positive, and CK14 negative, to determine whether phosphorylation of EZH2 at T416 by CDK2 has a dominant role in basal like lineage commitment in tumors

  7. Comprehensive side effect and adverse reaction information. Definitive journal of drugs and therapeutics.
    https://stromectolst.com/# ivermectin coronavirus
    Medicament prescribing information. Some are medicines that help people when doctors prescribe.

  8. Comprehensive side effect and adverse reaction information. All trends of medicament.
    ivermectin cost uk
    Some are medicines that help people when doctors prescribe. Some are medicines that help people when doctors prescribe.

  9. drug information and news for professionals and consumers. Long-Term Effects.
    ivermectin australia
    Everything information about medication. Prescription Drug Information, Interactions & Side.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button