Sosok

Homo Viator Itu Bernama Agustinus Ch. Dula: Sebuah Prolog

Kanisius Teobaldus Deki
STIE Karya

Judul buku: Agustinus Ch. Dula-Sebuah Biografi.
Penerbit: Lembaga Nusa Bunga Mandiri, Oktober 2020.
Halaman: xxix + 420
Ukuran: 17cm x 24cm
Jenis cetakan: Hard Cover & Soft Cover.

Gabriel Marcel pada tahun 1945 menerbitkan buku dengan judul “Homo Viator-Introduction to the Metaphysic of Hope”. Buku ini aslinya ditulis dalam bahasa Prancis, Homo Viator: Prolègomènes à une methaphysique de l’espèrecane (Manusia Peziarah: Sebuah Pengantar Untuk Metafisika Harapan). Setelah sekian tahun dalam bahasa Prancis, buku ini lalu diterjemahkan oleh Emma Craufurd ke dalam bahasa Inggris tahun 1962.

[1] Buku ini melengkapi karya besar Gabriel Marcel  seperti Metaphysical Journal (1927), Being and Having (1933),  Mystery of Being (1951), and Man Against Mass Society (1955). Dia kemudian mengolah bahan kuliah di Harvard tahun 1961–1962 untuk kemudian diterbitkan sebagai buku dengan judul: The Existential Background of Human Dignity.[2]

Baca Juga

Cendekia dalam Perhelatan Politik: Menjadi Nabi atau Pengecut?

Konsep manusia sebagai Homo Viator mulanya ada dalam buku Moralia, VIII 54,92 karya Gregorius Agung (hidup tahun 540-604). Dalam buku itu, Gregorius menulis, “hidup itu seperti seorang yang berada di perjalanan yang beristirahat di penginapan. Ia beristirahat sejenak, tubuhnya rehat, namun budinya sudah berada di tempat lain”.

[3] Buku ini mempresentasikan konsep dan gagasan Marcel selaku eksistensialis Kristen terkemuka di abad ke-20. Melalui karyanya ini, Marcel memberi kita wawasan pribadi yang luar biasa tentang ‘manusia dalam keberadaannya di dunia sebagai sebuah perjalanan’. Dalam eksistensinya sebagai mahkluk yang berziarah, ia memiliki tujuan dan maksud.

Filsafat Gabriel Marcel bertumpu pada situasi riil manusia. Kondisi manusia menurut Gabriel ada dalam situasi (la condition humaine, c’est d’ être-en situation) yakni berada dalam dunia (être-au-monde). Menerima manusia dan keberadaannya dalam dunia berarti mengakui bahwa manusia adalah Ada yang menjelma. Ia ada bersama yang lain.

Inilah tonggak utama Marcel membangun metafisika harapan. Dalam konsep Marcel, berharap selalu ada dalam konteks dengan yang lain. Saya berharap untuk kita, bukan relasi aku-engkau yang memberi ruang bagi subjek-objek. Saya-engkau yang menjadi kita (nous) saling melibatkan diri secara aktif.[4]

Dalam pencariannya sebagai peziarah, manusia menemukan makna (meaning). Makna tertinggi dalam kehidupan manusia ada dalam mencinta (aimer). Dalam mencinta saya memberi diri, yang berarti ada pertemuan dan partisipasi sekaligus. Kini yang dibutuhkan oleh dunia adalah adanya kesalingan melalui kerela-sediaan (disponibilitè) setiap pribadi dalam saling percaya dan cinta kasih satu terhadap yang lain.

[5] Marcel sadar bahwa apapun komitmen manusia membangun kehidupan bersama yang lebih baik, belum purna jika tidak diikat (engagement) dalam Tuhan sebagai pribadi yang absolut dan mutlak, sebab dengan bersatu dengan Dia, diriku menjadi pribadi yang utuh dan lengkap.Ketika semua pribadi memilih Tuhan sebagai penopang kehidupan, maka semua mendapat fundamen yang kokoh-kuat untuk membangun kehidupan bersama yang bermutu.

Baca Juga

Disfungsi Lembaga Adat Dalam Sistem Penguasaan dan Pengelolaan Tanah di Manggarai

Banyak tokoh memuji Marcel sebagai tokoh penting yang membangun eksistensi manusia berlandaskan etika dan nilai-nilai spiritual yang berpusat pada hubungan antarpribadi. James Colins menulis:

“The theme of Marcel’s Homo Viator is close to the center of all preoccupations: man in his pilgrim condition. With great virtuosity in the use of his own philosophical method, he probes into interpersonal relations and the threat to ethical values. Marcel excels here in his concrete analyses of the attitude of hope, the family community in its temporal and supratemporal aspects, and the forgotten virtue of personal fidelity.”[6]

Ada begitu banyak karya Gabriel Marcel dalam bidang filsafat, drama, dan puisi. Karya-karya itu menghantarnya menjadi pemenang Gifford pada 1950–1951 dan menginspirasi banyak orang untuk membangun hidup bermutu.Dia menyelesaikan tugasnya setelah dia menghembuskan nafas terakhir pada 8 Oktober 1973 di Paris-Prancis.

Homo Viator merupakan julukan yang pantas bagi orang yang berziarah dalam dunia dan menemukan dirinya Ada bersama yang lain. Dalam relasi Ada-bersama itu, ia menyediakan dirinya bagi sesama melalui pelayanan-pelayanan kemanusiaan. Dalam pelayanan yang total dan penuh kasih itu dia menemukan makna kehidupannya (the meaning of life) secara utuh.

Homo Viator juga pantaslah disematkan kepada Agustinus Ch. Dula. Ia lahir di Reweng pada 19 Oktober 1958. Ia mengalami kehidupan bersahaja di Reweng melalui proses pertumbuhan yang penuh warna. Kisah hidupnya sebagai seorang anak guru dan kultur agraris yang kental, menenun berbagai nilai positif yang dibutuhkan untuk membangun kehidupan masa depan.
Pria berzodiaq Libra itu belajar menemukan peta jalan bagi dirinya sendiri dan sesamanya dalam komunitas Reweng. Ia bersosialisasi dengan keluarga, masyarakat dan lingkungan secara alamiah. Ia terlibat aktif dalam pergumulan masyarakat melalui kesetiaan untuk bekerja, belajar dan mencontohi tokoh besar seperti Fransiskus Sales Lega, bupati Manggarai kala itu.

Proses belajar melalui lembaga pendidikan formal dari SDK Reweng ke Seminari Pius XII Kisol, SMAK Giovany Kupang dan Universitas Nusa Cendana, memberinya ruang untuk mengeksplorasi kemampuan-kemampuan yang dipunyainya bersamaan dengan kepiwaiannya mengelaborasi nilai-nilai baru yang dijumpainya.
Sedimentasi nilai-nilai itu membentuk kepribadian seorang Gusty Dula yang jernih memandang setiap persoalan secara objektif, bertindak dengan menggunakan hati nurani dan dalam segala hal membangun komunikasi yang intens dengan sesama dan Tuhan. Ia menempatkan dirinya secara proporsional dalam setiap situasi krusial.
Ia bahkan tidak memiliki kemampuan mendendam, selain mencintai dan mengasihi sepenuh hati.
Ikhtiar sebagai seorang abdi negara dan masyarakat dijalankannya mulai dari Kupang, Detusoko, Ende dan menambatkan tali perahu pelayaran pengabdian di daerah asal, Manggarai Barat. Apakah ini akan menjadi titian terakhir dalam pelayanan masyarakatnya? Entahlah. Kompas penunjuk arah masih memberi ruang baginya untuk terus melangkah.

Pria turunan Rambang, kampung dengan segudang tokoh besar bagi Manggarai Raya, mengikuti jejak sang kakak, Frans Dula Burhan untuk terjun ke dunia politik. Kakak kandungnya menjadi Bupati dua periode, menggerakkan dirinya untuk berlaga di medan yang sama dan meraih status yang mencengangkan: Bupati Manggarai Barat dua periode dengan satu periode menjadi Wakil Bupati. 15 tahun mengabdi masyarakat Manggarai Barat bukanlah waktu yang singkat.

Dalam kepercayaan yang diterimanya, baik dari atasan maupun rakyat, Pak Gusty berusaha menjalankannya dengan segenap hati dan penuh cinta. Ia datang mengunjungi rakyatnya dalam berbagai situasi; baik saat bahagia pun ketika rakyatnya dirundung kedukaan.
Ia menghadiri acara-acara perkawinan, syukuran tahbisan, penerimaan komunio pertama, pembaptisan, khitanan, acara pengumpulan dana. Bersamaan dengan itu, dalam situasi kedukaan, saat ada yang meninggal, menghibur keluarga berduka yang ditimpa bencana alam, menolong mereka yang membutuhkan bantuan.
Ia hadir dalam situasi-situasi ini untuk memberikan peneguhan, kekuatan dan kegembiraan.
Kerja-kerja pendampingan dan pelayanan dilaksanakannya untuk mengabdi Negara. Sebagai staf di Kantor Gubernur, Sekwilcam di Detusoko, berbagai jabatan di lingkup Setda Kabupaten Ende, hingga Kadis Pariwisata. Di Manggarai Barat, tugas mendampingi Drs. Fidelis Pranda selaku Wakil Bupati dijalankannya maksimal. Demikian saat dipercaya masyarakat Manggarai Barat untuk menjadi Bupati dua periode (2010-2021). Baginya, menjadi kepala daerah adalah sebuah jabatan untuk memajukan daerah ini dan mensejahterakan masyarakatnya.

Kerja-kerja manajerial selaku pemimpin daerah dijalankannya dalam tim kerja. Banyak pihak dilibatkan dalam tim kerja ini, antara lain OPD-OPD, Unsur Forkompimda, Unsur Agama, Lembaga-lembaga, dunia usaha, masyarakat Adat dan masyarakat. Kerja-kerja ini kemudian dibangun link atau jaringan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Pusat (Pempus).

Link yang terbangun baik memudahkannya membangun komunikasi dengan Pemprov dan Pempus. Diakuinya, penciptaan komunikasi yang intens dengan anggota DPR asal provinsi NTT pun kerja sama dengan kementerian-kementerian membawa hasil maksimal.

Fakta teranyar, terpilihnya Labuan Bajo sebagai destinasi super premium oleh Presiden Joko Widodo merupakan prestasi yang tak bisa dilepas-pisah dari keterlibatan seorang Gusty Dula. Keterpilihan itu bukanlah sebuah kebetulan.

Langkah-langkah menuju ke sana telah dirintis sejak awal. Berbagai event nasional pun internasional digelar di Labuan Bajo. Penetapan TNK sebagai The New Seven Wonder, Tour de Flores yang berakhir di Labuan Bajo, Sail Komodo merupakan etape-etape terencana menuju ke posisi destinasi super premium ini.

Keterpilihan ini serentak membangun sebuah skema pembangunan baru dalam diri Pak Gusty. Dirinya memandang bidang pariwisata sebagai leading sector pembangunan. Sector-sektor lain mendukung sector pariwisata. Kemandirian di sector-sektor lain terus digalakkan. Pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan terus didorong agar menghasilkan komoditi yang dapat memenuhi kebutuhan dalam daerah. Sector jasa terus ditingkatkan sehingga mendukung status destinasi super premium.

Di hadapan fakta kemajuan pembangunan Manggarai Barat yang terus menggeliat, pola keseimbangan (equilibrium) giat diupayakan oleh Pak Gusty. Keseimbangan itu terlihat dalam pembangunan yang tidak hanya berpusat di Labuan Bajo, tetapi juga di desa-desa.

Arus ekonomi dikembangkan bukan hanya di jalur tengah, tetapi juga Utara dan Selatan. Kehadiran hotel, agensi-agensi pariwisata, travel dan restoran di Labuan Bajo berarti kehadiran lapangan kerja. Negosiasi tenaga kerja dilakukannya. Tenaga kerja lokal disalurkan. Kesiapan masyarakat diupayakan untuk menghadapi gelombang perubahan dengan status baru sebagai destinasi super premium.

Pemberian ijin usaha dilakukan dengan kecermatan. Pertimbangannya komprehensif. Tidak hanya mengutamakan seberapa besar nanti kontribusi ke daerah dalam bentuk pajak dan retribusi. Tetapi juga aspek ekonomi Manggarai Barat seluruhnya dalam wujud tenaga kerja dan pemakaian komoditas daerah.

Selain itu, dirinya mempertimbangkan aspek lingkungan hidup. Usaha-usaha apapun namanya tidak boleh menciderai lingkungan hidup Manggarai Barat. Keindahan alam Manggarai Barat sebagai pemberian atau karunia Tuhan harus dirawat dan dijaga.

Itulah sebabnya, selain membangun kebijakan tentang kebersihan Manggarai Barat bebas sampah, dirinya dengan berbagai elemen turun jalan memungut sampah. Ia tidak hanya memerintah dari singgasana, tetapi melibatkan diri memberi contoh. Ia tidak hanya bertitah, tetapi juga melakukannya.

Tentu ini bukanlah sebuah perjalanan mulus tanpa hambatan. Diakuinya, masih banyak hal yang harus dibenahi. Dirinya bukanlah superman, makhluk yang bisa mengatasi segalanya. Dirinya juga punya kelemahan. Kesadaran itulah yang membuat dirinya bisa menerima pendemo dengan rendah hati, penuh kasih dan manusiawi.

Mereka adalah saudara yang datang memberi koreksi. Di dalam diri mereka tentu ada niat baik untuk membangun daerah ini menuju daerah yang maju dan sejahtera. Hal mana juga menjadi spiritnya hadir di Manggarai Barat. Tiada dendam bagi mereka yang mengusung keranda mati dirinya. Selalu ada maaf bagi mereka yang mencaci maki dan menghina. Karena baginya, seorang pemimpin hadir untuk semua manusia di wilayah ini.

Hambatan kemajuan dari dalam, secara internal juga banyak. Sumber daya manusia, sumber daya modal, sumber daya jaringan masih terus ditingkatkan. Pak Gusty tidak ingin kemajuan itu hanya untuk segelintir orang dan rakyatnya menjadi penonton.

Ia berharap bahwa peziarahan dilakukannya adalah kerja bersama yang berakibat positif pada kemajuan daerah peningkatan kesejahteraan masyarakat seluruhnya. Dalam perspektif Pak Gusty, kita tidak bisa meratapi nasib seolah-olah kita adalah korban, melainkan terus berusaha supaya kita memiliki daya saing.

Kita tidak lagi bisa menolak investasi yang menguntungkan daerah kita dengan alasan-alasan yang tidak masuk akal. Ikutannya, kita juga mendorong daya-daya yang dimiliki daerah untuk dimanfaatkan bagi kemajuan daerah.

Jaringan listrik terus dibangun. Desa-desa hampir 100% diterangi listrik. Kampung-kampung di pulau-pulau juga sudah dirambah listrik. Pembangunan listrik geothermal di Wae Sano didorong untuk memenuhi kebutuhan listrik Manggarai Barat dan Flores.
Penyediaan air minum bersih terus digalakkan. Pembangunan kesadaran masyarakat untuk memelihara hutan, merawat mata air, menjaga pipa-pipa terus dilakukan. Alternative penyediaan kapal untuk pedistribusian air minum ke pulau-pulau diadakan. Demikian halnya teknologi penyulingan air laut untuk memenuhi kebutuhan air minum bersih dan berbagai keperluan rumah tangga diusahakan.

Pendidikan dan kesehatan yang berkualitas menjadi fokusnya dalam 10 tahun terakhir. Kerja kemitraan untuk dua bidang penting ini terus digalakkan. Sekolah-sekolah dibangun mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi. Pada masa beliaulah sejarah peradaban melalui pendidikan tinggi dibangun.

Politeknik El Bajo Commodus menoreh tinta emas pada kemajuan di bidang ini. Bahkan ada usaha dari Kementerian Pariwisata untuk membangun Politeknik Pariwisata Negeri. Hal mana didukung oleh sekolah-sekolah menengah kejuruan di bidang yang sama. Demikian halnya Rumah Sakit Umum Daerah dibangun.

Layanan kesehatan menjadi bidang yang “dikeroyok” secara bersama pemerintah dan pihak swasta. Rumah Sakit Siloam menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang dibangun swasta untuk mendukung destinasi wisata super premium ini.Infrastuktur jalan, fasilitas umum dan rumah-rumah layak huni terus mendapat perhatian. Infrastruktur jalan ini sangat penting artinya dalam pembangunan karena menciptakan konektivitas antar wilayah. Lancarnya moda transportasi mempercepat pertumbuhan ekonomi. Dalam kerja sama dengan Pempus, jalan-jalan Negara mulus.

Demikian halnya dengan Pemprov, jalan-jalan provinsi jalur Utara sudah dibenahi. Interkonektivitas antar kabupaten menjadi lebih efektif dan efisien. Sejalan dengan itu, pembangunan perluasan bandara dengan status bandara internasional, memperbesar arus kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Ikut mendukung arus ekonomi, peredaran barang melalui laut diperhatikan dengan serius.

Pemindahan dermaga barang ke Wae Kelambu membuka ruang yang terbuka lebar untuk kelancaran aktivitas perdagangan secara khusus. Pemisahan itu juga melapangkan jalan bagi arus kapal wisata di pelabuhan lama. Moda transportasi laut pariwisata yang nyaman membuat wisatawan memilih masa tinggal yang cukup lama dan memiliki kerinduan untuk kembali.

Pak Gusty dalam semua keberhasilan yang ditorehnya untuk pembangunan Kabupaten Manggarai Barat tetaplah seorang suami yang sederhana bagi Ibu Wyes Dula dan ayah yang baik bagi Stefan dan Manik. Dia tetap menjadi anggota bagi keluarga besar Dula yang mengunjungi mereka dalam berbagai kesempatan.

Lelaki yang pandai melucu ini sering ditunggu kehadirannya oleh keluarga besar. Ia juga anggota masyarakat yang baik bagi masyarakat Manggarai Barat. Bekerja sama dengan para tokoh besar nasional pun regional. Ia berkolaborasi dalam kerja pembangunan dengan Pak Viktor Laiskodat, Pak Luhut Binsar Panjaitan, Pak Susilo Bambang Yudoyono, Pak Jusuf Kalla dan Pak Jokowi. Juga para menteri sejak zaman Pak SBY menjadi presiden hingga Pak Jokowi.

Tak ketinggalan Pak Frans Lebu Raya bersama Ibu Adinda Lebu Raya, Ibu Julie Laiskodat, Pak Johny G. Plate, Pak Lorens Bahang Dama dan masih banyak nama yang bisa dideretkan.

Dalam kesahajaannya, Pak Gusty memiliki kehidupan spiritual yang tetap terjaga. Ia tak lupa berdoa. Menurutnya, kehidupan ini hanyalah sebuah ziarah mencari makna (a pilgrimage to looking for the meaning of life), sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Gabriel Marcel dalam Homo Viatornya. Ia mengembangkan kepribadiannya dengan membangun nilai-nilai dan keutamaan hidup.

Sebuah konsep arête dalam filsafat Sokrates pun Aristoteles.[7] Nilai-nilai itu datang dari penghayatan iman yang mendalam pada Tuhan, Sang Khalik. Kehidupan rohani yang terjagalah yang membuat dirinya bisa melayani masyarakat yang dipercayakan Tuhan kepadanya dengan segenap hati.

Ekspresinya terlihat jelas, ia aktif dalam lakutapa spiritual keagamaan, mendukung pembangunan rumah-rumah ibadat, kegiatan-kegiatan rohani semua agama dan keyakinan melalui kebijakan penganggaran daerah. Juga menyediakan rumahnya melalui open house bagi ritual keagamaan popular seperti Natal bersama dan Buka Puasa bersama. Saat bersamaan ia juga mengunjungi panti-panti asuhan dan menolong mereka secara nyata. Sebuah pilihan dasar (optio fundamental)[8] untuk kemanusiaan yang utuh: jiwa dan raga.

Orientasi spiritual diungkapkannya terhadap para leluhur. Ia secara berkala melakukan ritus-ritus budaya Manggarai melalui upacara Teing Hang.[9] Sebentuk penghargaan dan penghormatan mendalam terhadap leluhur dan orangtua yang sudah berpulang ke rumah Tuhan.

Konsep dasarnya adalah keberadaan kita saat ini menjadi tidak mungkin tanpa kehadiran mereka. Sealur dengan penghargaan terhadap leluhur, budaya Manggarai memberi tempat yang luas bagi penghormatan terhadap sesama manusia.

Para tetamu (meka) dihargai dengan sapaan khusus dalam acara penjemputan yang disebut kepok manuk kapu-tuak curu.[10] Selama masa pemerintahannya, sanggar-sanggar budaya bertumbuh. Sekolah-sekolah membangun sanggar budaya sebagai bentuk penerusan nilai budaya pada generasi muda. Apresiasi secara wajar diberikan Pak Gusty dalam lawatan-lawatan resminya. Peragaan atraksi budaya adalah bagian dari daya tarik yang bisa dipentaskan untuk menerima tamu wisatawan.

Ia menyadari bahwa masyarakatnya adalah homo religiosus (makhluk beragama).[11] Ia membangun persahabatan dengan para Uskup dan tokoh agama yang lain. Secara berkala mereka mengunjungi dirinya dan keluarga di Rujab.

Mgr. Hubertus, Mgr. Silvester San, Mgr. Cosmas Angkur, Mgr. Paskalis dan Mgr. Siprianus datang melawat, demikian halnya para imam dan biarawan-biarawati, para pendeta, uztad dan imam masjid. Melalui persahabatan dengan para tokoh agama ini, dirinya membangun konsep-konsep kerja bersama dan sama-sama bekerja.

Karena, subjek yang dilayani adalah orang yang sama dengan sebutan berbeda: masyarakat atau rakyat oleh Negara, umat oleh agama. Tak hanya dengan tokoh agama ini, dirinya juga membangun relasi yang baik dengan para tokoh adat di setiap kampung.

Tokoh-tokoh adat ini memberi sumbangsih tak ternilai bagi pemberian lahan-lahan mereka untuk pembangunan fasilitas umum. Sinergisitas ini berhasil membangun keharmonisan di Manggarai Barat.

Sebagai Homo Viator, Pak Gusty juga Homo Educandum yang selalu belajar.[12] Ia belajar dari banyak orang. Orangtuanya, saudara-saudaranya, atasannya pun orang-orang yang bekerja bersamanya. Gagasan Pak Viktor Laiskodat tentang “menolak mati” sangat berbekas pada dirinya.

Menolak mati adalah sebuah ungkapan tentang betapa manusia memiliki daya untuk membangun kehidupan bermutu, yang dalam segala aspek mengalami kepenuhan dan bahkan kelimpahan (abundance). Menolak mati adalah sebuah ikhtiar untuk menemukan potensi yang ada dalam daerah ini dan mengoptimalkannya.

Itu berarti tidak lagi ada orang yang merasa dirinya tidak berdaya dan miskin sebagai nasib karena semua orang terpanggil untuk bekerja dan berdaya. Tugas pemerintah adalah menyediakan berbagai kebijakan, fasilitas dan biaya untuk mengembangkan potensi-potensi itu untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Menolak mati adalah pilihan untuk berjuang memiliki daya saing dan posisi tawar. Pada semua level kehidupan kita diarahkan untuk memiliki kemandirian. Pada akhirnya, Menolak mati adalah sebuah perayaan dan syukur bahwa kita telah berjuang mencapai kebahagiaan secara bersama dan memiliki harapan hal itu terjadi terus ke depan sebagai “kita” (nous) dalam ucapan Gabriel Marcel.[13]

Buku ini menulis jejak-jejak pengabdian sebagai seorang pemimpin sekaligus pejuang untuk membangun Manggarai Barat yang maju dan sejahtera. Dalam 450 halamannya tercatat episode-episode penting Pak Gusty selaku pribadi yang memiliki sejarah kedirian dari kampung Rambang dan Reweng.

Terekam secara baik tapak-tapak pendidikannya, organisasi dan aktivitas-aktivitasnya sebagai seorang anak, remaja dan pemuda. Terungkap juga keluarganya, perjuangannya sebagai seorang ASN dan pilihannya untuk kembali ke kampung halaman (back to home), Manggarai Barat.

Di bagian lain, buku ini adalah lembaran-lembaran historik karya seorang pemimpin, khususnya sebagai Bupati Manggarai Barat (2010-2021). Ia berpeluh menjalin benang-benang pembangunan untuk menenun lembaran-lembaran kain kemajuan di tanah ini sehingga terpilih menjadi sebuah destinasi pariwisata super premium.

Itulah konsep dirinya sebagai Homo Viator yang berjuang menemukan makna hidup, jabatan dan karyanya dalam konteks yang actual dan relevan pada satu locus tertentu, Manggarai Barat.

Kiblat buku ini pertama-tama adalah sebuah catatan dokumentatif atas perjalanan hidup seorang Gusty Ch. Dula, sebagai pribadi sekaligus sebagai tokoh publik. Metode historis- Kiblat buku ini pertama-tama adalah sebuah catatan dokumentatif atas perjalanan hidup seorang Gusty Ch. Dula, sebagai pribadi sekaligus sebagai tokoh publik.

Metode historis-kritis[14] membangun dialektika pembahasan di dalamnya. Ada persambungan yang lindang antara satu tahap dengan tahap lainnya membentuk sebuah narasi kehidupan yang utuh. Selain berorientasi pada dokumentasi kehidupan, pada aras berikutnya, buku ini dimaksudkan sebagai sebuah motivasi dan pembelajaran bagi siapa saja yang berkehendak baik membangun Kabupaten Manggarai Barat.

Kisahan yang terungkap dalam buku ini merupakan sebuah jalinan perjalanan bermakna yang  berniat menjadi panduan bagi orang lain, khususnya generasi muda. Pak Gusty sungguh yakin bahwa perjalanan hidupnya ada dalam tuntunan Tuhan.

Surat St. Paulus 2 Tim 3:16 mencatat: “Segala tulisan yang diilhamkan Allah untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan mendidik orang dalam kebenaran” adalah tujuan lain dari buku ini.

Kendati begitu, tidak semua hal dapat dicatat di sini. Sejalan dengan Injil Yohanes 21:25,[16] masih banyak hal lain yang diperbuat oleh tokoh dalam buku ini, tetapi jika semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya mustahil.

Serpihan-serpihan aktivitas, cerita hidup dan pengalaman yang sempat tersurat, kiranya dapat mewakili perjalanan hidup tokoh Gusty Ch. Dula. Fragmen-fragmen ini menjadi simpul-simpul penting kehidupan dan pengabdiannya.

Buku ini selesai karena bantuan banyak pihak. Karena itu kami ucapkan banyak terima kasih kepada para narasumber, peneliti-penulis buku referensi, pegiat media, para Kadis dari OPD-OPD. Terima kasih buat keluarga kecil di Jl. Robusta 46: Mom Efi, Star de Deki dan Atenzs de Deki. Kehangatan cinta mereka membuat buku ini selesai tepat waktu.

Terima kasih untuk kakak Yohanes Valbis di Bappeda Manggarai Barat dan semua pihak yang tak bisa kami sebutkan satu per satu. Daftar sumber kami nyatakan pada catatan kaki (footnote) setiap bab. Kami sadar, buku ini tentulah belum sempurna. Di sana-sini mungkin masih ada kekurangan. Catatan kritis-konstruktif pembaca membantu kami dalam memperbaiki edisi keduanya (second edition) nanti.

Labuan Bajo, 
Syukur untuk HUT ke-62 
Drs. Agustinus Ch. Dula, 19 Oktober 2020.

[1]Gabriel Marcel, Homo Viator: Introduction to a Metaphysic of Hope  (New York,Harper & Brothers, 1962).

[2]Tentang Gabriel Marcel bisa dibaca: Paul T. Brockelman, Existential Phenomenology and the World of Ordinary Experience: An Introduction, (University Press of America, 1980); A. Wadge, The Influence of Royce on the philosophy of Gabriel Marcel, (Durham University, 1972); Ballard, Edward G., "Gabriel Marcel: The Mystery of Being". In Schrader, George Alfred, Jr. (ed.). Existential Philosophers: Kierkegaard to Merleau-Ponty, (Toronto: McGraw-Hill, 1972).

[3]Pius Pandor, Ex Latina Claritas-Dari Bahasa Latin Muncul Kejernihan (Jakarta: Obor, 2010), hal. 28; Julia Boton Holoway, The Pilgrim and the Book: A Study of Dante, Langland, and Chaucer (New York: Peter Lang, 1992), hal. 138; David Eliat, Hope and Christian Ethics (London: Cambridge University Press, 2017), hal. 230.

[4]Pius Pandor, Ibid., hal. 29.

[5]PA van der Weij, Filsuf-Filsuf Besar tentang Manusia (Yogyakarta: Kanisius, 2000), hal. 159. Buku ini aslinya berjudul: Grote filosofen over de mens (Ultrecht: Erven J. Bijleveld, 1972), diterjemahkan oleh: Kees Bertens.

[6]Tema Gabriel Marcel, Homo Viator dekat dengan pusat semua keasyikan: pria dalam peziarahan. Dengan keahlian yang tinggi dalam menggunakan metode filosofisnya sendiri, dia menyelidiki hubungan antarpribadi dan ancaman terhadap nilai-nilai etika. Di sini Marcel unggul dalam analisis konkretnya tentang sikap pengharapan, komunitas keluarga dalam aspek duniawinya dan supratemporal, dan kebajikan yang terlupakan dari kesetiaan pribadi." Lihat: Gabriel Marcel,Being and Having-An Existencial Diary. Introduction by James Collins (New York: Harper Torchbooks, 1965), hal. 116-21,140.

[7] Kata “Aréte” (Yunani: ἀρετή), dalam pengertian dasarnya, berarti "keunggulan" dalam bentuk apapun, juga bisa berarti "kebajikan moral". Kajian yang bisa dibaca: Werner Jaeger, Paideia: The Ideals of Greek Culture, Volume I: Archaic Greece: The Mind of Athens, (New York: Oxford University Press, 1939); G.B. Kerferd, "Arete/Agathon/Kakon", in: Paul Edwards [eds.], The Encyclopedia of Philosophy, (New York, Macmillan & The Free Press 1967).

[8] Istilah “optio fundamental” digunakan untuk menunjuk pilihan dasar atau sikap dasar manusia yang diambil secara sadar dan bebas. Istilah ini dipakai juga oleh para teolog untuk melukiskan perwujudan kebebasan dalam proses menjadi manusia. Dalam istilah ini termaktub “actus humanus” yakni satu pilihan sikap manusia karena dia memilih secara rasional. Lawan dari actus humanus adalah “actus hominis” yakni manusia melakukan sesuatu karena dorongan kodrati.

[9] Teing Hang merupakan ritus tentang penghormatan terhadap leluhur melalui upacara “teing hang kolang” (persembahan makan). Kajian khusus tentang hal ini bisa dibaca pada: Kanisius Teobaldus Deki, Trandisi Lisan Orang Manggarai (Jakarta:  Parrhesia Institute, 2011), hal. 183-185.

[10] Pada saat itu tetamu (Manggarai: meka) dijemput dengan sapaan adat, disertai penyerahan ayam dan tuak sebagai tanda penerimaan yang meriah dan penghargaan yang besar.

[11] Ungkapan Homo Religiosus ditemukan dalam kajian-kajian Mircea Elliade dan para tokoh fenomologi agama lainnya. Karya-karyanya banyak membicarakan tema itu, misalnya:  Willard R. Trask (trans.), A History of Religious Ideas, Vol. 1 (Chicago: University of Chicago, 1978); The Sacred and the Profane: The Nature of Religion (New York,: Harper Torchbooks, 1961; Philip Mairet (trans.), Images and Symbols: Studies in Religious Symbolism (Princeton: Princeton Univeristy, 1991); George James, Interpreting Religion: The Phenomenological Approaches of Pierre Daniël Chantepie de la Saussaye, W. Brede Kristensen, and Gerardus van der Leeuw (Washington: Catholic University of America Press, 1995).

[12] Konsekuensi dari kodrat manusia sebagai Ens Rationale (makhluk rasional) adalah bahwa ia selalu ada dalam proses belajar dan dididik. Homo Educandum berposisi menempatkan manusia sebagai makhluk yang bisa belajar dan mendidik dirinya untuk bertumbuh secara wajar memenuhi kualitas-kualitas nilai. Ketika dia memiliki nilai, dia memiliki karakter.

[13] Perluasan bisa baca: Katharine Rose Hanley (trans.), Gabriel Marcel's Perspectives on The Broken World: The Broken World, a Four-Act Play, Followed by Concrete Approaches to Investigating the Ontological Mystery  (Milwaukee: Marquette University Press, 1998).

[14] Metode historis-kritis biasanya menjadi metode eksegese  yang umum digunakan dalam studi untuk mempelajari Kitab Suci. Dalam metode ini teks diperhadapkan dengan analisis yang terbagi menjadi: kritik teks, analisis bahasa, kritik jenis sastra, kritik tradisi, kritik redaksi. Metode ini dipakai sebagai cara untuk membaca jalinan peristiwa untuk menemukan maksud. Sumber yang bisa memperluas wawasan misalnya: Richard N. Soulen, Handbook of Biblical Criticism (New York: John Knox, 2001); Hahn Scott, Catholic Bible dictionary (New York: Doubleday, 2009).

[15] Paralelisme dengan Yesus lebih ada dalam kesamaan ungkapan, tidak bermaksud mensejajarkan kedua tokoh ini. Teks lengkap Injil Yohanes 21:25 sebagai berikut: “Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus dituliskan itu”.

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

304 Komentar

  1. Pak Gusti Dula adalah sosok yang bisa kita teladani akan karakternya. Beliau memiliki kepribadian yang sangat memperhatikan kemakmuran masyarakatnya. Disamping itu, Beliau juga sangat taat pada agama dan adat-istiadat Manggarai.
    Beliau memberikan contoh teladan yang baik bagi kita dalam mengimani Tuhan yang empunya kehidupan.
    Semoga Beliau tetap bersahaja di manapun dan kapanpun. Kesehatan dan rejeki pula dilimpahkan. Amin.

  2. Homo vituar pantaslah diselamatkan kepada Agustinus ch.Dula.karena kisah hidupnya sebagai seorang anak guru dan kultural agraris yang kental menenenun berbagai nilai positif yang dibutuhkan untuk membangun kehidupan masa depan.

  3. Di dalam dunia harus ada hubungan sosial antara satu orang dengan orang lain.oleh karena itu kita sebagai mahluk hidup harus saling membantu,membangun,mencintai,menolong,dan memiliki makna hidup.
    Sebagai ciptaan tuhan kitq tidak prnah lepas darinya karena Tuhan sebagai pribadi yang absolut dan mutlak sebab dengan dia,kita semua menjadi pun menjadi pribadi yang utuh dan lengkap .kita semua pun memilih tuhan sebagai penopang kehidupan,maka semua mendapatkan fundemen yang kokoh dan kuat untuk membangun kehidupan bersama yang bermutu.
    Saya juga memberi apresiasi kepada pak Agustinus Ch.Dula karena beliau seseorang jiwa mulia dan pantas sebgai pemimpin kerena banyak memberikan nilai positif untuk kehidupan masyarakat.

  4. Didalam dunia harus ada hubungan sosial antara satu orang dengan orang yang lain.oleh karena itu kita sebagai mahluk ciptaan Tuhan harus saling membantu,membangun,mencintai dan memiliki makna hidup.
    Sebagai ciptaan Tuhan kita tidak pernah lepas dan jauh darinya karena Tuhan sebagai pribadi yang absolut dan mutlak sebab dengan dia,kita menjadi pribadi yang utuh dan lengkap.kita semua pun memilih Tuhan sebagai penopang kehidupan ,maka semua mendapatkan fundamen yang kokoh dan kuat untuk membangun kehidupan bersama yang bermutu.
    Saya juga memberi apresiasi kepada pak Agustinus Ch.Dula karena beliau seseorang jiwa yang mulia dan pantas sebagai pemimpin karena banyak memberikan nilai positif untuk kehidupan masa depan

  5. Pak Gusti Dula adalah toko nasionalis dan tokoh sosialisasi yang patut di teladani oleh generasi penerus bangsa. Dalam hal ini yang patut ditiru dari beliau yakni karakternya dalam kehidupan bermasyarakat beliau bertindak dgn mengunakan hati nurani dan membangun komunikasi yang inten dengan sesama dan tuhan , ia tidak memiliki hati yang menendam mencintai dan mengasihi sepenuh hati karena sering membantu dan menolong sesama.

  6. pak Gusti dulang seseorang yang bisa mendirikan segala sesuatu,dan dia tidak memandang fisik orang lain.pak gusti dul,walaupun dia sudah berhenti jabatan tetapi dia masih bisa berkomunikasi dengan orang lain.

  7. Makna peziarah manusia di dunia yang dihayati dan dijalani oleh Pak Agustinus Ch. Dula patut kita teladani. Sebagai seorang pemimpin, beliau tidak hanya sebatas memerintah namun dengan renda hati dan tulus, beliau pun ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Pak Agustinus Ch. Dula juga memiliki sikap penghayatan iman yang mendalam pada Tuhan.

  8. Pak gusti dula adalah toko nasihat dan tokoh sosialisasi yang patut di teladani oleh generasi penerus bangsa. ia memiliki hati yang sangat mencintai dan mengahsihi sepenuh hati karena ia sering membantu dan menolong orang lain.

  9. Terimakasih kepada Penulis, berkat penulis Kami generasi muda menjadi termotivasi dan mendapat pembelajaran dari perjalan hidup dari Sang Tokoh “Bpk. Agustinus Ch. Dula”. Cerita hidup dan pengalamannya menjadi panutan bagi orang lain.

  10. disfungsi lembaga adat dalam sistem penguasaan dan pengolahan tamah d manggarai sangat penting ,karena manusia berlandasan etika dan nilai untuk membangun sebuah spiritual yg berpusat dan saling berinteraksi satu sama yg lain.

  11. Homo viator sangat pantas jika diberikan kepada Pa Gusti Dula,karena beliau memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.Dengan dibekali ilmu-ilmu yang beliau dapatkan beliau bisa memimpin rakyatnya dengan sangat baik.selain ilmu-ilmu yang dibekali,beliau juga bekerja dengan segenap hati dan penuh cinta.

  12. Thanks to the continuous training of our teams, we advise and guide you in the health circuit cialis for sale That also includes the recreational drug poppers, which are sometimes used to relax the muscles around the anus and facilitate anal sex

  13. Nature`s Bounty – Пищевые добавки для поддержания вашего здоровья и красоты Зарегистрированные покупатели получат Карту постоянного клиента Деошоп.ру. Революционная формула усилителя ресниц Revitalash гарантированно борется с проявлениями сухости, ломкости и выпадением ресниц. Увлажняет, смягчает, питает, восстанавливает, укрепляет. Максимально улучшает внешний вид ресниц, делает их густыми и красивыми. Первые результаты видны уже через 2-4 недели ежедневного применения! Благодаря составу, содержащему пептиды и минералы, средство способно разбудить даже спящие луковицы ваших ресниц. Розовый жемчуг и коралл восстанавливают поврежденные ресницы, кардамон усиливает кровообращение и ускоряет рост, а экстракт листьев алоэ защищает от вредного влияния окружающей среды. Революционная формула усилителя ресниц Revitalash гарантированно борется с проявлениями сухости, ломкости и выпадением ресниц. Увлажняет, смягчает, питает, восстанавливает, укрепляет. Максимально улучшает внешний вид ресниц, делает их густыми и красивыми. Первые результаты видны уже через 2-4 недели ежедневного применения! https://episkopio-androu.gr/community/profile/gladysgni68966/ Теперь вы знакомы с самыми популярными брендами и ориентировочными ценами на их продукцию. Имея всю необходимую информацию, выбор геля не станет для вас проблемой. Ухаживайте за своими бровями и украшайте их с помощью гелей для бровей. Подойдет метод девушкам с нормальными бровями, не требующими жесткой фиксации. Аппликатор или кисточка? Первый пригодится, если у тебя редкие брови асимметричной формы, а второй – если волоскам нужна “дисциплина”. Кисточкой удобнее фиксировать и вытягивать волоски. Еще один формат — гель для бровей и ресниц, который придает завершенность макияжу, не утяжеляя его, он также способствует росту волосков. Что же за средство такое этот гель для бровей. Давайте разбираться вместе. На рынке косметических товаров сейчас столько всего, что глаза разбегаются. А для бровей придумывают очень много товаров для ухода, фиксации, окрашивания и т.п.

  14. is doxycycline We found that azithromycin did not substantially improve time to recovery and found little evidence of an effect on admissions to hospital, when used in the community to treat COVID- 19.

  15. Besuchen Sie zeit.de wie gewohnt mit Werbung und Tracking. Details zum Tracking finden Sie in der Datenschutzerklärung und im Privacy Center. Spielteilnahme ab 18 Jahren. Glücksspiel kann süchtig machen. Mehr Infos dazu finden Sie hier. Nur weil das Gewinnen nicht garantiert werden kann, bedeutet dies nicht, dass es keine Möglichkeiten gibt, Ihre Chancen auf das gewünschte Ergebnis zu verbessern. In diesem Artikel werden nur einige einfache Tipps erläutert, die Ihnen dabei helfen sollen, Ihre Gewinnchancen bei Euromillions zu erhöhen. 6 aus 45 ist hingegen auf Österreich beschränkt und so ausbalanciert dass das Mindestmaß des Hauptgewinns immer eine Million beträgt. Auch hier kann sich einiges an Geld aufsummieren. Der bisher höchste Jackpot lag bei 14 Millionen. Da ist sogar der Mindest-Hauptgewinn bei EuroMillionen noch höher. Es ist also einfach zu erkennen, welche der beiden Lotterien die gewaltigeren Gewinne bietet. Auch wenn die Gewinnchancen bei höheren Gewinnen natürlich umso geringer sein müssen ist das trotzdem beachtlich. Dazu kommen wir nun im Folgenden. https://pocudesa.ro/community/profile/consuelosellars/ Sie haben schlechte Erfahrungen mit diesem Wettanbieter gemacht? Zum SlotsMillion Bonus Leider gibt es nicht nur gute Online Casino Erfahrungen. Es gibt auch einige Seiten da draußen, bei denen Sie eine schlechte Online Casino Erfahrung haben könnten. Um Sie vor diesen zu schützen, haben wir hier einige Anzeigen zusammengefasst, die auf ein schlechtes Online Casino deuten: Wir können Ihnen nur empfehlen sich bei Slotsmillion anzumelden, Ihre Freispiele und den Bonus zu holen und daraufhin Ihre eigenen Slotsmillion Erfahrungen zu sammeln! Unsere SlotsMillion Erfahrungen im Sektor edler Casinospiele beginnen wir bei Roulette mit Live Croupier. Das Live Sortiment stammt aus der Playtech Werkstatt und ermöglicht Online Playern das authentisch niveauvolle Spielerlebnis an rund 40 realen Roulettetischen. Die vielfältige Spielauswahl umspannt alle typisch klassischen Roulettevarianten, elektronisches Auto Roulette bis hin zu einzigartigen Kombi Versionen.

  16. 23 The AUA suggests varicocele repair be offered to the male partner of a couple attempting to conceive when the varicocele is palpable, the couple has documented infertility, the female is fertile, and the male partner has one or more abnormal semen or sperm parameters lasix side effects Chen et al Saccharomyces boulardii inhibits EGF receptor signaling and intestinal tumor growth in Apc min mice

  17. clomid At present, the author s opinion is that the strength of evidence does not support the use of tamoxifen in combination with cisplatin containing chemotherapy for the treatment of metastatic melanoma

  18. Australia is one of the most popular countries to gamble online with pokie machines. There are so many different versions and variations of pokies that we have, they are simply a part of Australian culture. It’s not unlikely you’ll see an Australian drinking beer at a pub and someone nearby is playing online pokies on the TV screen. There’s a lot of money to be made from gambling online, especially if you go for a bigger jackpot, so it makes sense to learn how to play responsibly.
    https://www.universityrankings.com.au/uncategorized/what-are-the-best-online-pokies-in-australia/

  19. Полезный веб-сайт https://alekon-mebel.ru, представляющий обширный каталог анкет проституток, предлагает максимальные удобства для поисков женщины для встречи. Если у вас есть желание внедрить больше разнообразия в свою личную жизнь, вам однозначно следует зайти на данный портал и найти полезную информацию о будущей партнерше.

  20. Отправьтесь на сайт https://termomur.ru, если вам бы хотелось выбрать шлюху для приватной встречи. Внушительный ассортимент сексуальных услуг – основное достоинство красоток, имеющихся в опубликованном списке. Любая из них владеет серьезными умениями в сфере обслуживания клиентов, и вы имеете великолепный шанс отыскать достойную партнершу при помощи поисковой системы!

  21. Все знают, что многогранный и качественный секс – залог счастливой жизни. Если вам бы не хотелось находить девушек в рамках социальных сетей, при этом вас способны привлечь исключительно самые обученные индивидуалки, советуем зайти на онлайн-ресурс https://armada-coons.ru! Каталог женщин отличается наиболее роскошными и в то же время доступными вариантами, и мы обещаем, что вы сможете подобрать подходящую спутницу!

  22. Распространенный онлайн-ресурс https://termomur.ru сумеет сильно облегчить выбор спутницы для совместного свидания. Если вы не имеете постоянную партнершу, воспользуйтесь возможностью ознакомиться с масштабной подборкой анкет и приметить ухоженную проститутку, опираясь на личные предпочтения. Интерфейс этого сайта оснащен универсальной поисковой системой, которая позволяет выбирать девушек по любым необходимым показателям тела.

  23. Абсолютно любой, кто желает увидеться с симпатичной шлюхой и побаловать себя шикарным интимом, может посетить ресурс https://gidrogel-newel.ru, чтобы ознакомиться с обширным каталогом анкет. Интерфейс ресурса, в который встроена система быстрого выбора индивидуалок, непременно окажет помощь с выбором потенциальной красотки!

  24. Напряженный рабочий график не позволяет вам расслабиться и заняться интимным досугом? Не считаете нужным тратить время на развлечения со среднестатистическими дамами, потому что вас могут заинтересовать только обученные шлюхи? Значит, непременно зайдите на онлайн-портал https://beyondcomparison.ru и изучить анкеты потенциальных партнерш!

  25. ABG欧博官网 最新知识NEW COPYRIGHT 2017 – 2020 欧博官方登录入口. ALL RIGHTS RESERVED. 渝公网安备 50023402000378号 联系我们 乐天堂娱乐城(FUN88) 由Welton Holdings LTD.于2008年6月正式注册成立并运营,并获得拥有菲律宾最具权威的First Cagayan博彩运营牌照。乐天堂娱乐城(FUN88) 现支持中文、英文、泰文、越南文、印尼文和韩文服务;也提供最优惠的促销和奖励计划。… Repeat your search with another keyword x本站是欧博allbet官方代理的直营平台,用户在这里可以享受到7×24小时全方位客服对接服务,如需了解更多详情,请与在线客服取得联系。欧博ios下载_欧博官网手机版_欧博… 欧博abg官网登录入口ALLblt客服中心在線咨詢,欧搏平台登录全天候24小时为您提供欧博管理平台登录欧博abg官网登录入口Array驻希腊大使馆提醒旅希中国公民提前预约… https://www.yadavam.com/community/profile/jaunita10c7172/ 上海麻将连连看 人气:22074 二人麻将胡牌牌型图解-凤凰棋牌游戏 享受二人麻将世界吧! 当有人打出一张牌,有两个人同时要,碰杠优先。比如你手中有23条,你的上家打了4条,你想吃,但是别家要碰4条,你就不能吃了。啥?你问你要碰别人要杠?你数数一共几张牌_(:з」∠)_ 四人益智扑克 下一篇:四川四人麻将小游戏 四人打麻将 普法小达人 2022-09-14 14:03:17 用微信扫码二维码 麻将大师2 实战台湾麻将 麻将大师2 实战台湾麻将 冒险模式尾声剧情+…;麻将大师2 实战台湾麻将 麻将大师2 实战台湾麻将 冒险模式尾声剧情 …;麻将大师2 实战… 大小:56.50MB 大小:40.10M 用微信扫码二维码 以麻将设计的拉霸机游戏,喜欢麻将与拉霸的人不要错过!

  26. Best Bitcoin Casino is a casino that allows players to deposit and withdraw with Bitcoin. BestBitcoinCasino has a number of different games and also features various promotions and bonuses. This bitcoin casino offers the players with many different games like slots, blackjack, poker, roulette etc. All of this makes it one of the leading online casinos in terms of offering amazing games and promotions.

    https://bestbitcoincasino.review/wolfy-casino-review

  27. Johnny Cash Online Casino is one of the most trustworthy online casinos for US players. If you are looking for an online casino that accepts US players and offers a great range of games, then Johnny Cash Casino is the perfect choice for you!
    kings casino login

  28. No matter what type of player you are, our casino bonus codes are designed to fit your needs. If it’s the high rollers you’re after, then look no further than our $1,000 and $2,000 casino bonus offers. Or if you need a little more flexibility in your bonus amount, check out our high roller jackpots to increase your chances of winning big!
    $6000 no deposit

  29. Оставьте свой отзыв! Мы рекомендуем ознакомиться с отзывами о “Подводка-фломастер для глаз Million Pauline” перед тем как сделать заказ. После постарайтесь написать комментарий к товару. Нам важно знать ваше мнение. Вам необходимо подтвердить подписку. Проверьте, пожалуйста, почту Подпишись на рассылку M·A·C Cosmetics и будь всегда в курсе новинок, специальных предложений, услуг и мероприятий, ранних поступлений коллекций в онлайн-магазин. Подводка-фломастер для глаз “Long Lasting Liquid Liner Intense” тон: 01 Ваша корзина пуста! Продавец: Beloris Напоминает маркер. Наконечником в форме плоских песочных часовых удобнее всего рисовать кошачьи стрелки. Дает насыщенный черный пигмент, который не тускнеет в течение 5-6 часов. Смело выбирайте ее для образа на праздник и запаситесь средством для водостойкой косметики на вечер, чтобы потом быстро стереть макияж глаз.   Лайнер не растекается и не раздражает глаза, оставаясь ярким в течение всего дня. Подводка-маркер от Lancome реализуется в черном оттенке и подходит для ежедневных и вечерних макияжей. https://isildo.com/community/profile/suen49782376547/ Читать больше Цены, товары, скидки, все интернет-магазины Москвы на Price.ru Товаров 10 © 2014 Салон красоты Могли бы вы порекомендовать услуги Toplash своим друзьям? ❤️ Сыворотка для роста ресниц и бровей. ⭐ Первый результат уже через 3 недели. ⭐ Купить Сыворотка для ресниц с доставкой по Москве, СПБ и регионам. Форум на Спонжик.ру → Косметика Из 11 источников мы собрали 48 отрицательных, негативных и положительных отзывов. Европейский бренд Toplash Cosmetics создает продукцию, в которой гармонично сочетаются уникальные природные компоненты и инновационные технологии. Подчеркнуть густоту ресниц поможет тушь Топлаш. Наносите только у основания ресниц или на кончиках для естественного эффекта. Для выразительного взгляда выбирайте двустороннею подводку. Тонкий аппликатор обеспечит симметричные стрелки, а штамп – аккуратный кончик. IP: 176.114.9.174 Доставляем во все населенные пункты России, Казахстана и Белоруссии.

  30. King Johnnie Kash is a top-rated online casino dealing with slot machines, video poker and other gaming devices. King Johnnie Kash Casino’s offers the chance to play slot machine games using money that you can hit an unlimited number of spins. All the games are licensed and it has been recognized as a top rated online gambling site in Belgium by players from around the world.
    http://www.kingjhonnievip

  31. Play online slot games, video poker, and other casino games for real money with Johnnie’s Kansas City. The online casino has the best deals in gambling on blackjack, baccarat, and poker! You can enjoy all these exciting games from any location you prefer.
    johnny kash kings vip login

  32. King Johnnie Casino has got you covered when it comes to making your holidays unforgettable. With a wide range of casinos and games, including the most popular slots and table games, King Johnnie Casino offers plenty of fun-packed possibilities
    king johnnie no dep

  33. With love and sympathy, Don, Wanda, Alex and Riley Don, Wanda, Alex and Riley Moses Fairmont, NE 68354 3 9 2006 generic cialis cost At department store chain El Corte Ingles the cheapest 4G enabled smartphone is a Blackberry for 389 euros, though most 4G handsets sell for between 500 and 800 euros

  34. cheapest cialis In fact, based on new government guidelines in which your doc is paid less by insurance companies for failing to reach certain clinical goals like getting your blood pressure down to a designated low number, she may be encouraged to prescribe more meds for your potentially non existent elevated blood pressure

  35. Brendan SGVmvlVMSB 6 18 2022 stromectol 3mg for sale These include the renin angiotensin and sympathetic systems alpha 1 agonists are generally seen to be stimulatory and beta agonists inhibitory, endothelin 1, cytokines and growth factors, thyroid hormone, arginine vasopressin, thrombin, glucocorticoids, prostaglandins, and hypoxia ischaemia 1

  36. С използването на нашия сайт, Вие се съгласявате с нашата политика за „Бисквитките“ – разберете повече тук При него се използват карти, които се генерират на случаен принцип. Доста сайтове за залагания, които позволяват на играчите да пробват безплатни ротативки включват и блекджек игрите към този списък. Тези 11 съвета по-горе сигурно ви се струват някак общи или неясни, но ще ви ги обясня с примери и подробности, за да видите, че работят, един от тях е система Мартингейл. https://cedinitiative.org/community/profile/refugiowhitmore/ Същността на всички онлайн казина е една и съща, а именно да предлага удобно място за забавление и игри на потребителите. Въпреки това обаче, всяко едно онлайн казино си има особени и отличителни характеристики. Предимства и недостатъци има и казиното на Bwin, а в следващите редове ще посочим точно кои са те според нашия опит с платформата. Има казино сайтове в Интернет, които предлага бинго игра на живо с истински крупиета. Все пак, това не е сред най-популярните казино игри, които се играят с реални дилъри, така че не може да очаквате да я срещнете във всички сайтове. Правилата на играта остават същите. Единствената разлика е, че ще имате на разположение истинско крупие на живо, което ще води играта.

  37. Recommended TUDCA Plus Liver Support throughout your cycle Recommended Regen T Total PCT alongside a SERM for 4 weeks after your cycle buy cialis cheap Indeed, 3TPLux, which combines portions of PAI 1 promoter with three TPA responsive elements, is highly responsive to active TGF ОІ 25

  38. Everything what you want to know about pills. Best and news about drug.
    stromectol price us
    Prescription Drug Information, Interactions & Side. Everything information about medication.

  39. Самогон – это прозрачный не выдержанный виски (вид дистиллированных спиртных напитков), получаемый путем брожения сусла по крайней мере одного сахарного или сахаристого фрукта. Его производят в горшках. В большинстве стран самогон запрещен.

    обзор самогонных аппаратов и отзывы

  40. Best and news about drug. Definitive journal of drugs and therapeutics.
    stromectol xr
    Learn about the side effects, dosages, and interactions. Best and news about drug.

  41. Some are medicines that help people when doctors prescribe. Prescription Drug Information, Interactions & Side.
    https://stromectolst.com/# stromectol for humans
    Read now. Some are medicines that help people when doctors prescribe.

  42. Definitive journal of drugs and therapeutics. Everything information about medication.
    https://nexium.top/# can you buy generic nexium without dr prescription
    Generic Name. Everything information about medication.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button