Sosok

Drs. Doroteus Hemo: Historia Magistra Vitae

Kanisiusdeki.com – Sosok Doroteus Hemo dikenal khalayak Manggarai sebagai pribadi yang banyak menghabiskan masa hidupnya sebagai peneliti dan penulis. Fokusnya pada sejarah dan budaya Manggarai. Sejauh telusuran referensi yang kami jumpai,[1] terlihat bahwa orang Manggarai pertama yang memunyai banyak karya tentang sejarah dan kebudayaan tentang daerahnya sendiri, Manggarai, adalah Doroteus![2]

“Bapa saban hari selalu meneliti dan menulis. Jika dia sudah selesai pekerjaannya di sekolah pun di kantor, selalu berkutat dengan tulisan. Ia rajin membaca, mewawancarai orang lalu menuangkan ide atau konsep-kosenpnya dalam bentuk tulisan”, kenang Mama Antonia Aqulina Apul.

Doroteus melihat bahwa ada banyak peneliti dan penulis dari luar yang membahas tentang Manggarai dan segala kekayaannya. “Saya ingin agar pihak kita sendiri membicarakan diri kita dari perspektif sendiri, bukan bergantung pada apa kata orang yang adalah outsider. Keberanian kita mengatakan diri kita pada orang lain memberi manfaat yang sangat besar untuk meluruskan perspektif yang keliru”, katanya suatu kali kepada salah seorang anaknya, Engelbertus G. Hemo.

“Ketika saya sedang kuliah di Universitas Indonesia Jakarta, ada peneliti dari Amerika mewawancarai Bapa dan berniat menerjemahkan karya-karyanya ke dalam bahasa Inggris. Waktu itu Bapa memberitahu orang itu untuk menghubungi saya. Saat itulah saya sadar bahwa apa yang Bapa lakukan melalui karya-karyanya sangatlah luar biasa. Saya memuji keberanian, keuletan, pilihan sikapnya untuk menarasikan kekayaan budaya Manggarai kepada dunia luar”, lanjut Engelbertus.

Baca Juga : Kampung Tenun Itu Bernama Gumbang
Baca Juga : Honeste Vivere-Selamat Jalan Viktor Daus!

Bapa Doroteus menjadi narasumber untuk berbagai kegiatan seminar ilmiah pun penelitian-penelitian yang dibuat oleh outsider. “Naskah-naskah seminarnya diketik rapih, dibuat sistematis, juga jawaban-jawaban untuk wawancara ditulis rapih. Bapa selalu mengerjakan sesuatu dengan serius hingga tuntas. Terbukti, dalam banyak tahun ia menghasilkan banyak karya, meskipun kala itu, peralatan seadanya namun ia tetap produktif”, jelas istrinya yang biasa disapa Mama Lin.

Doroteus Hemo memang konsisten. Ia bekerja melakukan penelitian dan menulis temuan-temuannya. Karya-karyanya yang sohor antara lain: Sejarah Perlawanan Keraeng Motang Rua Terhadap Belanda Di Benteng Wake dan Di Desa Copu (1975),  Analisa Sejarah Tentang Bentuk Rumah Adat Daerah Manggarai (1978), Sejarah Daerah Manggarai (1988), Pola Penguasaan Tanah Secara Tradisional Daerah Nusa Tenggara Timur (1990) dan Ungkapan Bahasa Daerah Manggarai (1990), Cerita Rakyat Daerah Manggarai (Terbit Februari 1994), Beberapa Kebiasaan Orang Manggarai Masa Lampau (1998, belum sempat terbit). Kajian-kajiannya memiki content yang mendalam dan detail sehingga masih relevan hingga saat ini.

Karya-karyanya banyak menjadi rujukan bagi penulis asal Manggarai selanjutnya seperti Robert M.Z. Lawang,[3] Dami N. Toda[4] dan Antony Bagul Dagur.[5] Sejak saat itu bermunculan publikasi-publikasi yang secara khusus membahas Manggarai. Doroteus terlihat seperti pioneer dalam studi-studi ini dari sisi tilik insider.[6]

1 2 3Laman berikutnya

Kanisius Deki

Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Artikel Terkait

18 Komentar

  1. selalu mencintai kebudayaan , kita patut bersyukur dan merawat melestarikan kebudayaan dengan sangat baik

  2. Go to this site to get some 1free diamonds cooking fever

    krtd23las
    The game is a whole lot more fun when you have as many diamonds as you want.If you like mobile games like this you ought to check out this guide

  3. What do you think of small petite babes?She gets on her back and spreads herself wide open to welcome Tony back into her tight little twat. <a href=https://carverbirthplaceassoc.org/>https://carverbirthplaceassoc.org/</a&gt; Her little tits are a delight that you’re going to want to lick right up, and her bare pussy easily takes two palms shoved deep inside her velvet glove.

  4. whoah this blog is wonderful i really like reading your articles. Keep up the great paintings! You realize, a lot of people are hunting round for this info, you could help them greatly.

  5. I have read so many posts about the blogger lovers howeverthis post is really a good piece of writing, keep it up.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button